Inilah Kampung Pelangi Semarang yang Inovatif dan Unik, Patut untuk Dikunjungi!

Mendengar nama Kampung Pelangi Semarang, pasti yang terbesit di benak kamu adalah sebuah kawasan perkampungan dengan hiasan warna warni seperti pelangi yang berada di Semarang.

Di wilayah ini semua rumah penduduk dicat dengan warna-warna cerah dan keren yang pastinya mengundang kekaguman. Sungguh indah!

Siapa sangka jika dulunya Kampung Pelangi Semarang merupakan kawasan kumuh yang bernama asli Kampung Gunung Brintik. Siapa pun yang pernah mengenal dan melihat kampung ini beberapa tahun yang lalu dan datang ke sini saat ini pasti pangling.

Pasti banyak yang tak mengira jika kampung tersebut bisa menjadi sebegini indah dan uniknya. Bahkan, kekaguman tidak hanya datang dari warga sekitar saja, tapi juga masyarakat dunia Internasional!

Jika dilihat dari wujud luar yang menyuguhkan rumah-rumah warga yang berwarna warni mencolok, Kampung Pelangi Semarang ternyata juga memiliki kisah dan perjalanan yang menarik untuk disimak. Apakah itu? Temukan jawabannya di bawah ini!

kampung pelangi semarang

Perjalanan Kampung Pelangi Semarang

 

  • Dulunya bernama Kampung Gunung Brintik, terkenal dengan kawasan semrawut dan kumuh.
  • Dalam waktu sekitar sebulan dua bulan, kampong tersebut dirubah menjadi sebuah kampong dengan wajah baru yang khas dengan cat warna deretan bangunan-bangunannya yang mencolok melalui dua tahap. Ada total 325 rumah yang dicat oleh Pemerintah Kota (Pemkot).

 

Daya Tarik Kampung Pelangi Semarang Beserta Fasilitasnya

 

Daya tarik dari Kampung Pelangi Semarang tentu berasal dari kawasan kampong dengan suguhan deretan rumah yang menampilkan pesona warna yang beragam.

Tidak hanya itu, untuk menjadikannya sebagai kampong wisata, maka haruslah memiliki fasilitas yang memadai.

Di Kampung Pelangi Semarang sendiri telah dibangun beberapa fasilitas yang akan mendukung kemajuan kampong ini menjadi kampong wisata, diantaranya yaitu;

Baca juga  Taman Wisata Sipinsur Yang Mempesona

1. Wisata Air

Kampong Pelangi Semarang yang beralamat di Wonosari Kelurahan Randusari, Semarang ini memiliki sebuah sungai yang berada tepat di depan areal perkampungan.

Dulunya sungai ini juga kumuh, tapi kini telah disulap menjadi wahana wisata air yang menarik untuk dikunjungi. Di spot ini pengunjung bisa melakukan aktivitas liburan yang menyenangkan seperti naik perahu dan berselfie tentunya.

2. Foodcourt atau Pusat Kuliner

Berwisata rasanya tidak lengkap tanpa berkuliner ria. Di Kampung Pelangi Semarang sebentar lagi akan dibangun pusat kuliner, sehingga akan menambah daya tarik dan kenyamanan bagi pengunjung.

Selain kedua fasilitas tersebut, Pemerintah Kota Semarang dalam waktu dekat ini juga berencana untuk menyempurnakan Kampung Pelangi Semarang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan dengan menambah beberapa fasilitas, seperti pedestrian, lapangan parkir resmi, dan penggung selfie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *