Apa Itu Infomania ?

Infomania adalah suatu dorongan untuk memeriksa informasi di Internet sehingga sering mengganggu aktivitas sehari – hari kamu,

Istilah ‘Infomania’ dipakai kepada seseorang yang memiliki kebiasaan untuk selalu mengecek email, Facebook, Whatsaap dan media sosial lainnya.

Infomania adalah Penyakit Manusia Modern

Kemajuan teknologi merupakan hal yang sangat berguna dalam meringankan pekerjaan seseorang,

Manusia modern saat ini hidup serba instan, apa – apa mudah, sangat praktis, tingkat mobilitias tinggi. Kita bisa memperoleh informasi apa saja yang kita cari hanya dengan hitungan detik.

Kemajuan teknologi tentunya sangat bermanfaat terutama dalam bidang komunikasi, kita bisa tetap terhubung dengan banyak orang hanya dalam sebuah genggaman.

Ya, memang benar apabila dinilai dari sudut kegunaan dan manfaat yang diperoleh dari kemajuan teknologi saat ini sangatlah besar pengaruhnya.

Namun ternyata teknologi yang kita gunakan melalu smartphone, laptop, tablet dan gadget apa saja yang berhubungan dengan internet bisa menyebabkan seseorang menjadi Infomania.

Infomania adalah jelas merupakan sebuah perilaku yang tidak bisa lepas dari kecanduan seseorang untuk mengecek informasi pada gadgetnya.

Pengaruh Infomania dalam kehidupan sehari – hari

Infomania dikenal juga sebagai penyakit internet, dan mungkin kamu adalah salah satu orang yang sudah mengidap Infomania.

Setiap orang pada saat ini sangat sulit untuk lepas dari Smartphonenya, kita bisa melihat seseorang ketika di kereta atau di bus.

Ketika  mereka datang kemudian duduk dalam hitungan detik akan langsung mengeluarkan smartphone dan langsung memencet – mencetnya.

Atau pada saat kamu bangun dari tidurmu dan segera mengecek pesan pembaruan dalam smartphonemu.

Sangking asyiknya menerima informasi tidak terasa sudah hampir satu jam kamu bermain di depan layar smartphone, dan akhirnya datang terlambat ke kantor atau ketika kamu sedang menghadiri suatu acara bersama teman – teman diluar, atau sedang makan malam dengan mereka kamu akan mengamati setiap orang di sekitar mu akan terus memeriksa smartphonenya.

Baca juga  Kisah Sukses Pendiri McDonald, Restoran Terbesar di Dunia

Seperti kutipan kalimat ‘menjauhkan yang dekat mendekatkan yang jauh’,  ini lah sebuah fenomena yang sudah terjadi dalam era kemajuan teknologi saat ini.

Dampak buruk dari Infomania

Berikut beberapa dampak buruk dari penyakit ini.

Dapat Menurunkan Produktivitas

Dampak buruk pertama dari infomania adalah, dapat menurunkan produktivitas. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Basex Inc. pada tahun 2005 mengemukakan bahwa perusahaan AS kehilangan sekitar $588 Miliar setiap tahunnya karena kebiasaan perilaku ini.

Para pekerja akan teralihkan fokusnya seketika karena dorongan dalam mengecek informasi pada gadgetnya.

Penyakit ini juga dapat merusak karir dan studi kamu terlebih jika kamu tidak menyadarinya, infomania akan membuat kamu kehilangan banyak waktu, dan menurunkan produktivitasmu.

Dapat Merusak Kehidupan Sosial

Karena Infomania juga akan mempengaruhi kehidupan sosial kamu, bayangkan saja apabila kamu sedang berbicara serius dengan seseorang, tiba – tiba kamu teralihkan dengan sebuah email yang masuk, tentunya lawan bicara mu akan merasa tersinggung dan berpikir bahwa kamu tidak tertarik untuk mendengarnya.

Wah jangan sampai deh hanya Karena gadget kamu jadi lebih tertarik dengan dunia maya dibandingkan dunia nyata.

Mulailah dengan menyadari bahwa infomania merupakan sebuah masalah, dan harus segera di atasi dengan baik, namun, apabila kamu menganggap ini adalah hal yang normal, maka masalahnya tidak bisa di perbaiki.

Oleh sebab itu pentingnya kesadaran dari diri sendiri dan mulai memperbaiki prilaku ini mulai dengan membatasi waktu, atau bisa juga dengan men-nonaktifkan pemberitahuannya.

Dan kapanpun ketika kamu merasa terdorong untuk memeriksa pesan pembaruannya, alihkan pikiran kamu dan jaga agar kamu tetap sibuk dengan hal lain.

Baca juga artikel Cemburu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here