inovasi finansial

Apa Yang di Maksud Fintech?

Fintech adalah istilah yang dipakai untuk menyebut suatu inovasi finansial yang ada pada bidang jasa.

Kata Fintech itu sendiri berasal dari financial dan technology yang membentuk kepada inovasi finansial dengan teknologi yang modern.

Finacial technology dengan perkembangan teknologi yang diganbungkan dengan finansial diharapkan dapat menciptakan suatu proses transaksi keuangan yang lebih praktis, aman dan juga modern.

Ada beberapa yang dikategorikan ke bidang Financial technology, diantaranya seperti proses pembayaran, mentransfer, jual beli, dan masih banyak yang lainnya.

Kenapa Fintech Bisa Merubah Gaya Hidup Masyarakat?

Ada banyak yang bisa membuat perkembangan inovasi Financial technology dapat mempengaruhi gaya hidup masyarakat dunia.

Nah dari situ lah yang buat bidang Fintech semakin berkembang menjadi suatu kebutuhan baru untuk masyarakat.

di bawah ini beberapa alasan yang buat Fintech menjadi bidang yang penting untuk gaya hidup dan keadaan keuangan antara lain adalah:

1. Membantu berkembangnya para startup baru

Sudah banyak sekali para startup baru yang berusaha menciptakan inovasi finansial yang baru di dalam bidang Fintech yang salah satu contoh nyatanya adalah Moneythor.

Moneythor adalah suatu startup baru yang mengerjakan produk baru demi memberikan pengalaman digital banking dengan analisisnya yang lebih detail.

2. Bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat

Bukan hanya fokus pada besarnya keuntungan yang diperoleh, Financial Technology nyatanya juga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Contohnya, Soft Space yang merupakan startup dari Malaysia yang memulai berinovasi dengan menghadirkan merchant yang menerima pembayaran kartu kredit dan debit serta biayanya yang rendah.

Hampir mirip seperti Soft Space, SmartPesa yang berbasis di Singapura juga dapat menghadirkan inovasi Finansial dan Teknology modern,

Baca juga  Cara Memperkuat Naluri Bisnis Untuk Seorang Pebisnis

Yang menciptakan infrastruktur perbankan sebagai solusi untuk menaikan daya beli masyarakat.

dengan adanya Fintech juga berperan mennuntaskan kemiskinan kurang lebih dari 600 juta jiwa.

3. Bertambah perkembangan bitcoin

Bitcoin di dalam dunia finansial juga ikut berkembang sebagai suatu dampak yang positif yang diberikan Fintech.

Sudah Lebih dari 2.5 milyar yang menggunakan bitcoin tidak memiliki akun bank tetap saja dapat melakukan pengiriman, transaksi pembayaran uang dan jenis transaksi lainnya dengan mudah.

Karena kuatnya bitcoin terletak pada fleksibilitas yang ditawarkan kepada semua penggunanya.

4. Mengurangi pinjaman dengan bunga yang tinggi

Menetapkan bunga pinjaman yang tinggi tentu saja menjadi salah satu permasalahan klasik yang belum bisa diatasi dengan maksimal.

Tetapi kehadiran Financial Technology, mengharapkan sistem peminjaman uang dapat dilaksanakan dengan cara yang lebih terbuka dan menjadi hak umum untuk semua masyarakat.

Dengan membentuk asosiasi Fintech di Indonesia akan bisa membuka era baru untuk di bidang ekonomi yang lebih modern dan praktis.

Baca juga Sosok Sandiaga Uno

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *