Liburan, merupakan momen yang paling ditunggu bagi sebagian orang. Meskipun demikian, ada juga yang sepertinya kurang antusias menyambutnya mungkin karena sudah terbiasan beraktivitas. Alasannya beragam, ada yang merasa tidak memiliki cukup uang untuk berlibur, lebih senang bekerja atau karena tak punya teman liburan. Sedangkan begitu banyak orang yang sibuk memposting perjalanan liburan mereka di media sosial.

Raut wajah mereka mungkin tampak bahagia karena berlibur bersama teman dan keluarga, entah akan tetap bahagia atau tidak setelah menyadari biaya yang sudah mereka habiskan untuk menikmati liburan yang menyenangkan itu. Biaya hotel, biaya makan, transportasi, dan belanja oleh-oleh.

Sementara berlibur sendirian mungkin akan membuat kita terasa menyedihkan. Namun, akan menghemat pengeluaran bukan?

1. Backpacker.

Backpacker sendirian akan membuat kita lebih menikmati perjalanan loh, Fokus kita tidak akan terpecah dengan obrolan sana-sini yang dapat membuat kita melewatkan moment-moment penting.

2. Dekatkan Diri dengan Sesuatu yang Menyenangkan.

Liburan sendirian juga bukan berarti kita jadi merana dan bergalau ria di media sosial. Di zaman sekarang ini, banyak hiburan yang bisa kita nikmati sendirian. contohnya menonton film. Tentu dengan genre yang sesuai selera kita. Memanfaatkan waktu libur untuk menikmati apa yang jarang ditemui, atau dilakukan ketika sibuk bekerja juga bisa dicoba.

3. Merapat dengan Orang yang Senasib.

Bertemu dan berbagi dengan orang yang bernasib sama memang akan menjadi sangat menyenangkan. Selain bisa bertukar cerita, kamu juga bisa saling berbagi.

4. Mencoba Hal-hal Baru.

Hal-hal yang baru atau asing memang kadang terasa mengganggu, atau membuat kita tidak nyaman. Tapi di sisi lain, sesuatu yang baru itu dapat membuat kita menjadi lebih fresh. Kita bisa ingat-ingat lagi, apa yang mayoritas dilakukan orang ketika liburan tiba.

Baca juga  Kebiasaan Telat 'Jam Karet' Mempengaruhi Reputasi Anda

Misalnya saja saat orang berdatangan hingga memadati waterboom, taman hiburan atau objek wisata lainnya, mungkin kita bisa mencoba hal lain seperti menjadi sukarelawan sementara di panti asuhan, panti jompo atau pergi ke desa-desa terpencil yang belum terjamah teknologi. Hal-hal ini bisa dianggap unik atau anti-mainstream ya…

5. Hubungi Teman dan Keluarga.

Di zaman media sosial seperti ini, komunikasi akan semakin mudah dilakukan, selain itu praktis dan juga murah. Saat sendirian, bukan berarti jalan interaksi tertutup dan bikin kita jadi ‘garing’. Kita dapat menghubungi orang-orang yang kita cintai. Melalui teks, suara atau video.

Paling tidak, kita dapat memasang senyum manis sejenak saat membaca chat, mendengar suara atau melihat mereka meskipun hanya lewat telepon, jauh di mata dekat di hati guys. Ide ini khusus bagi mereka yang bermental kuat, dan nggak gampang baper.

6. Buat Daftar Rencana atau “Misi” dan Mulai Laksanakan Satu Per Satu.

Hari libur bukanlah jadi alasan utama untuk bermalas-malasan. Apalagi jika kita memang bukan type orang yang senang berdiam diri, tidur-tiduran, ngemil dan nonton tv. Kita bisa membuat list target yang akan dilakukan ketika hari libur, sehingga liburan pun menjadi lebih produktif dan bermanfaat.

Agendanya bisa apa saja sesuai yang kita inginkan. Boleh seperti menulis cerpen/ novel, menata/ mendekor kamar, membuat kue atau mencoba resep baru, dsb.

7. Gunakan Kesempatan untuk memanjakan Hobi.

Kamu hobi atau senang menyendiri? Pas banget guys. Kamu bisa memanjakan hal yang kamu sukai seperti menulis, membaca, memancing, menari tanpa ingin ditonton orang, dsb. Jika kita melakukannya dengan rasa suka, waktu pun akan terasa cepat berlalu.

Baca juga  Bagaimana Jika Tidak ada Hari Esok - Motivasi Islami

8. Menjemur Bantal dan Kasur.

Bantal dan kasur merupakan benda-benda yang penting, setiap malam kita menghabiskan waktu bersama mereka. Namun terkadang kita sering lupa untuk menjemurnya, padahal di situ ada sisa liur, keringat, dan kotoran lainnya.

9. Mencuci Sepatu.

Ini berlaku buat kamu yang punya banyak banget sepatu, dan tertumpuk-tumpuk bersama debu. Mencuci semua sepatu bisa juga untuk mengisi waktu weekend dan liburmu.

10. Bersihkan dan Kuras Kamar Mandi.

Biasanya kita membersihkan kamar mandi hanya di bagian yang terlihat aja, padahal di sisi dinding kamar mandi juga sering terdapat banyak kotoran, di bak mandi juga, apalagi jika kamu tidak memakai penampungan air, wajib banget untuk sering dibersihkan. Nah kamu bisa gunain waktu untuk berlama-lama dikamar mandi sambil main air dongs.

11. Menyortir Pakaian yang Sudah Kekecilan atau Sudah Tidak Terpakai di Lemari.

Kadang lemari sering terlihat penuh, padahal pakaian yang sering kita pakai hanya beberapa saja. Hal ini mungkin dikarenakan kita masih saja menyimpan pakaian yang sudah tidak dipakai. Merapikan atau memisahkan pakaian yang sudah tidak terpakai lagi biasanya memakan waktu yang cukup lama karena terkadang sulit untuk membuangnya karena masih sayang, nah kamu bisa melakukan hal ini di hari liburmu.

12. Membersihkan Kaca Rumah.

Membersihkan kaca rumah terkadang menjadi hal yang sering terlewat, mungkin karna transparan sehinga tidak terliaht begitu kotor, padahal debu yang menempel luar biasa tebalnya. Biasanya kita bisa melihatnya dengan cara mencolekan ujung jari ke kaca, hasilnya bisa kita litar pada jari tersebut, jika kotor pasti akan berwarna hitam.

Hal ini yang membuat kita jarang membersihkannya karena takut bikin baju jadi kotor. Nah guys, waktu libur ini bisa kita gunakan untuk bersih-bersih, lakukanlah di pagi hari agar siang atau sorenya kita masih bisa menikmati kebersihannya.

Baca juga  Move On dari Mantan, Cara Paling Jitu !

13. Membersihkan Kipas atau AC.

Buat kamu yang paling nggak bisa kepanasan, ini wajib banget dilakukan. hawa yang tidak terasa dingin pada kipas atau AC, bisa jadi bukan karena Kipas atau AC nya yang rusak, tapi kemungkinan besar karena kotor sehingga menghambat kerja mereka. Nah waktu liburan bisa kamu gunakan untuk membersihkannya.

14. Menata Ulang Posisi Barang di Rumah.

Mengatur tata letak barang di rumah dapat memberikan kesegaran dan nuansa yang baru dalam rumah kita, walaupun barang yang ada tetap itu-itu saja. Kegiatan ini bisa kamu lakukan saat weekend atau hari libur, semuanya akan bermanfaat untuk diri kamu sendiri maupun bagi tempat tinggalmu.

15. Mengatur atau memperbarui rencana keuangan.

Salah satu cara produktif untuk mengisi waktu liburmu adalah mengatur rencana keuangan. Dengan begitu, kamu akan menemukan banyak hal-hal baru yang mungkin perlu diperbaiki dari perencanaan keuanganmu.

16. Membaca Buku.

Membaca sama dengan membuka jendela dunia, artinya dengan membaca kita kita akan mengetahui apa saja. karena wawasan yang luas akan mencetak pribadi yang cerdas dan mengetahui berbagai macam hal.

Novel, Biografi, Buku Edukasi, ataupun buku-buku resep memasak, kamu bisa membacanya sambil minum secangkir teh hangat di taman rumah, bersantai menikmati suasanya sore yang indah.

Demikianlah ulasan dari ide mengisi waktu liburmu, semoga dapat menginspirasi dan bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here