Terakurat.com – Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi – Bulan Suci Ramadan merupakan bulan dimana umat Islam berpuasa atau melawan hawa nafsu makan dan minum dimulai dari terbit matahari hingga terbenamnya matahari. Maka dari itu asupan penting saat sahur sangat dibutuhkan agar tetap sehat.

Salah satu cara agar mendapatkan asupan penting tersebut adalah dengan mengonsumsi buah-buahan segar. Namun, Kita juga harus memilih buah-buahan manakah yang tepat untuk mendukung kita beribadah puasa selama selama sebulan penuh.

Buah memiliki berbagai vitamin dan juga nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Lantas buah apa sajakah yang baik dikonsumsi selama bulan suci Ramadan. Simak ulasannya berikut ini!

Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi Selama Berpuasa

Buah kurma

Buah kurma sangat kaya akan kandungan glukosa dan juga fruktosa. Buah kurma juga bermanfaat untuk mengembalikan energi yang hilang dari tubuh setelah berpuasa seharian. Buah kurma termasuk ke dalam sunnah nabi untuk dikonsumsi terutama ketika berpuasa. Maka dari itu buah kurma merupakan buah yang baik dikonsumsi selama bulan Ramadan.

Buah semangka

Buah semangka mengandung likopen yang ampuh mampu menangkal serangan radikal bebas dan antikanker. Tak hanya itu saja buah semangka adalah sumber antioksidan serta vitamin C dan a yang melimpah. Buah semangka juga sudah lama dikenal sebagai pendingin tubuh maka dari itu buah semangka termasuk dalam buah yang baik dikonsumsi selama bulan Ramadan.

Buah apel

Buah apel sangat baik dikonsumsi selama bulan Ramadan. Karena buah apel mengandung vitamin, mineral dan kandungan gizi yang sangat tinggi. Selain itu buah apel juga dapat menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai penyakit. Tak hanya itu saja buah apa juga membuat kita agar merasa kenyang lebih lama jika kita mengonsumsinya saat sahur.

Baca juga  Rumah Minimalis

Buah jeruk

Kamu pastinya pernah memakan buah jeruk setelah makan besar ataupun Setelah berbuka puasa bukan. Buah jeruk ini memiliki kandungan seperti asam folat antioksidan yang mampu membantu melawan penyakit. Selain dapat dikonsumsi langsung buah jeruk juga dapat diolah menjadi jus yang menyegarkan dan dapat dikonsumsi selama bulan Ramadan.

Buah pisang

Pisang sendiri memiliki kandungan potasium yang tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Buah pisang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit seperti maag, diabetes, anemia dan masih banyak lagi.

Buah pisang juga dapat memberikan energi dalam waktu singkat sehingga cocok dikonsumsi saat bulan suci Ramadan. Buah pisang ini juga sangat cocok dikonsumsi pada saat sahur agar membantu tubuh tetap sehat.

Buah pepaya

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan buah pepaya. Karena buah pepaya ini sangat baik bagi pencernaan. Selain itu ternyata buah pepaya juga tak hanya berfungsi untuk melancarkan pencernaan namun buah pepaya mengandung beta karoten, beta cryptoxanthin, Lutein dan zeaxanthin. Buah pepaya juga memiliki banyak kandungan vitamin C yang tentunya sangat baik dikonsumsi.

Buah anggur                         

Anggur memiliki kandungan gizi penting seperti vitamin C, B 6, b 1, serta mineral seperti mangan dan kalium. Kandungan mangan yang diperlukan dalam sintesis energi sehingga dapat membantu menjaga kestabilan gula dalam darah. Tak hanya itu saja anggur juga mengandung melatonin, hormon yang membantu lagi tidur sehingga baik untuk dikonsumsi saat bulan Ramadan.

Buah strawberry

Tak banyak yang mengetahui bahwa strawberry memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Strawberry mengandung anti sianin yang mampu berperan sebagai agen antioksidan dalam tubuh. Buah strawberry juga sangat baik untuk pencernaan sehingga baik untuk dikonsumsi selepas berbuka.

Baca juga  Contoh Proposal Kegiatan Pengenalan Lapangan

Buah mangga

Buah mangga mengandung air, serat, karbohidrat, volatil, tanin dan juga mineral, seperti sukrosa, glukosa fruktosa, Pati dan selulosa. Kandungan vitamin yang terdapat di dalam buah mangga dan mineral tersebut sangat baik bagi kesehatan tubuh pada saat bulan Romadhan karena berguna untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Buah blewah

Buah blewah mengandung mineral kalium yang tinggi serta kerap kali dimanfaatkan penyakit darah tinggi. Kalium yang terdapat di dalam buah blewah mampu membersihkan kadar karbondioksida dalam darah serta mampu memicu kerja otot dan simpul saraf. Buah blewah sangat cocok untuk dikonsumsi pada saat bulan Ramadan karena mengandung sukrosa dan fruktosa, serta kandungan airnya untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah berpuasa seharian.

Buah belimbing

Buah belimbing sangat cocok sekali untuk dikonsumsi pada saat bulan Ramadan. Buah belimbing mengandung banyak vitamin C, vitamin B, antioksidan flavonoid dan juga tinggi serat. Buah belimbing juga memiliki manfaat mengurangi kadar kolesterol jahat, mencegah kanker, mengatasi gangguan pada ginjal, hingga mengatasi tekanan darah tinggi.

Buah pir

Di dalam buah pear mengandung asam klorogenat yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan air yang terdapat di dalam buah pir berguna untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah berpuasa seharian penuh. Maka dari itu buah pir sangat baik dikonsumsi pada saat bulan Ramadhan.

Nanas

Konsumsi buah nanas Sepertinya kamu akan merasakan kandungan air yang cukup melimpah pada saat kamu menggigitnya. Hal ini dikarenakan kandungan buah nanas yaitu sekitar 80%. Selain itu buah nanas juga mengandung vitamin C sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Buah nanas juga mampu menjaga kamu dari dehidrasi dan panas dalam. Tak hanya itu saja buah nanas juga mampu mengoptimalkan pencernaan kamu saat puasa tiba.

Baca juga  Tips Mengatasi Bosan Saat Belajar di Rumah

Melon

Tinggi ditemukan pada buah melon itu sekitar 90%. Buah melon ini sangat direkomendasikan untuk kamu konsumsi saat bulan puasa agar kamu tidak cepat dehidrasi. Buah melon ini adalah sumber yang sangat baik untuk vitamin A dan C karena mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Buah melon juga kerap kali ditemukan untuk es buah pada saat bulan puasa dan sangat nikmat jika dipadukan dengan buah-buahan lainnya.

Jeruk Bali

Jeruk bali jeruk bali menjadi gemas dan ingin cepat-cepat memakan jeruk yang satu ini. Buah yang dapat menurunkan berat badan ini sangat cocok sekali buat kamu yang sedang diet pada saat puasa. Dengan kandungan air di dalamnya yaitu sekitar 90% akan membuat kamu terjaga selama berpuasa

Sayangnya jeruk bali ini jarang sekali ditemukan di toko-toko buah. Namun kamu jangan khawatir karena kamu dapat di Swalayan Swalayan terdekat.

Beberapa jenis buah yang baik untuk dikonsumsi untuk berbuka puasa dan merupakan buah pasar Ramadan. Baik konsumsi buah-buahan agar tubuh selalu sehat selama menempuh ibadah puasa selama sebulan penuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here