Koi merupakan jenis ikan hias air tawar yang banyak di gemari oleh pecinta ikan. Untuk mengetahui jenis koi terbaik, kita perlu mengenal masing-masing ikan koi dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini karena keanekaragaman ikan ini kadang membuat bingung para pecinta ikan, terutama untuk pemula yang baru saja memutuskan untuk memelihara koi di kolamnya.

Menurut kepercayaan masyarakat Jepang, koi merupakan simbol persahabatan dan simbol cinta. Hal ini karena kata koi tersebut homofon dengan kata lain yang menjadi simbol cinta. Ikan yang berasal dari negeri Sakura / Jepang ini juga dipercayai memberi keuntungan bagi pemiliknya. Sehingga banyak para pemilik yang mempersiapkan kolam terbaik untuk ditempati ikan ini.

Koi termasuk dalam jenis ikan Karper Cyprinuscarpio. Ikan ini merupakan hewan peliharaan yang sangat lucu dan indah untuk dipandang. Corak warna dan motif yang dimiliki koi hamper sama dengan ikan mas, namun lebih mencolok dan beranekaragam. Tak heran jika ikan koi juga dibedakan berdasarkan pola, bentuk tubuh dan corak warna yang dimilikinya.

Berikut ini beberapa jenis ikan koi unggulan :

1. Kohaku.

Kohaku adalah jenis koi yang tertua jika dibandingkan dengan koi lainnya. Jenis Kohaku ini biasanya mempunyai warna dasar putih dengan corak warna merah diatasnya. Sebagian besar kohaku memiliki pola dasar warna putih dengan corak warna merah yang memiliki kualitas terbaik. Ada beberapa jenis yang termasuk dalam spesies kohaku, antara lain : Tancho Kohaku, Maruten Kohaku dan Gin RIn Kohaku.

2. Taisho Sanke.

Sama-sama memiliki warna dasar putih solid Taisho Sanke terlihat hamper mirip dengan kohaku. Perbedaannya jenis koi sanke terletak pada pola warna merah yang dikombinasi dengan warna hitam. Taisho Sanke lebih sering disebut dengan sanke agar para pecinta ikan mudah mengucapkannya.

Baca juga  Mengenal Lebih Dekat Budaya Politik di Indonesia

3. Asagi.

Asagi adalah jenis ikan koi asli jepang yang memiliki pola biru pada bagian belakang tubuh dan kombinasi merah-oranye pada bagian perut dan sirip. Jenis koi terbaik pada spesies asagi adalah koi yang memiliki pola merah diatas garis lateral, pola merah tersebut tidak memanjang.

4. Shusui.

Shusui adalah keturunan dari spesies Asagi yang tentu saja bisa dibedakan dari sedikit perbedaan yang ada. Perbedaan tersebut ada pada warna sisik dorsal yang membedakan warna jaring biru pada koi Asagi. Sebagai ikan keturunan maka Anda perlu mencermatinya agar tidak salah dengan koi jenis Asagi.

5. Showa Sanshoku.

Showa Sanshoku atau yang ebih akrab dipanggil showa sebenarnya agak mirip dengan sanke. Perbedaan utama antara kedua jenis koi ini terdapat pada pola hitam yang ada pada ikan ini. Pola hitam pada showa menyebar di seluruh tubuh sedangkan sanke hanya pada bagian atas saja. Pola hitam pada showa juga terdapat pada bagian kepalanya, sedangkan tidak untuk sanke.

6. Shiro Utsuri.

Ikan Shiro utsuri memiliki perbedaan yang mencolok dibandingkan keenam ikan diatas. Koi ini mempunyai warna dasar hitam dengan corak warna putih. Jenis koi terbaik pada spesies shiro utsuri memiliki ciri khas perpaduan warna hitam dan putih di bagian kepala.

7. Tancho.

Tancho adalah jenis ikan koi yang tergolong dalam spesies kohaku. Ikan ini sangat popular pada kelompok spesies tersebut. Ada banyak cerita legenda yang membuat koi tancho begitu di hormati oleh masyarakat Jepang.Ciri-ciri koi tancho bisa Anda temui pada bagian kepalanya, yaitu ada titik merah / mirip gambar bendera Jepang yang tidak ditemui pada jenis koi lainnya.

Baca juga  Rekomendasi Tempat Jajanan Enak Di Bandung!

8. Ki Utsuri.

Ki utsuri adalah jenis koi termahal karena jumlahnya yang sedikit. Ikan ini tergolong spesies langka yang sulit untuk ditemui. Tubuhnya memiliki warna dasar hitam dan ditambah dengan corak warna kuning. Berhubung harganya yang cukup mahal, Anda harus berhati-hati ketika ingin membeli koi ini, jangan sampai salah dengan jenis utsuri lain.

9. Matsuba.

Matsuba adalah ikan koi yang memiliki bermacam-macam warna dasar ditubuhnya. Ikan ini disebut ikan koi yang beragam, mulai dari gin matsuba yang berwarna putih, ki matsuba yang berwarna kuning dan aka matsuba yang berwarna dasar merah. Secara umum matsuba berwarna logam dan dilengkapi dengan pola jaring hitam.

10. Kumonryu.

Jika ingin memiliki koi yang bisa bergonta-ganti warna maka pilihan Anda akan jatuh pada kumonryu. Jenis koi ini benar-benar membuat Anda tidak bosan dengan penampilan koi yang itu-itu saja. Kemampuan mengubah pola warna dari putih ke hitam atau kombinasi keduanya menjadi daya tarik tersendiri.

Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak di cari kerena memiliki warna yang cantik. Selain itu banyak orang mempercayai jika memelihara ikan koi dirumah maka akan memberikan keberuntungan atau hoki bagi pemiliknya.

Hal inilah yang membuat harga ikan koi sekarang ini menjadi mahal. Ada puluhan jenis ikan koi di Indonesia, salah satu jenis ikan koi yang banyak dicari adalah ikan koi kohaku. Ikan koi kohaku banyak dicari karena memiliki corka warna yang cantik dan sangat eksotis. Untuk harga ikan koi kohaku juga sangat mahal.

Harga ikan koi kohaku kecil bisa dijual ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Ini tergantung corak warna dan berasal dari indukan apa ikan koi di dapatkan. Harga ikan koi ini memang terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan harga ikan hias lainnya. Oleh sebab itu banyak orang yang sangat berhati-hati dalam merawatnya.

Baca juga  Keuntungan Investasi Berlian, Investor Pemula Masuk

Berikut ini daftar harga yang dibandrol pada ikan hias koi ini :

Koi Kohaku.

  • 8-12 cm Rp 40.000
  • 12-15 cm Rp 50.000
  • 15-18 cm Rp 75.000
  • 20 up cm Rp 150.000

Ikan Koi Sanke.

  • 8-12 cm Rp 45.000
  • 12-15 cm Rp 60.000
  • 15-20 cm Rp 150.000
  • 25 up cm Rp 200.000

Ikan Koi Sohwa.

  • 8-12 cm Rp 45.000
  • 12-15 cm Rp 60.000
  • 15-20 cm Rp 150.000
  • 25 up cm Rp 200.000.

Daftar Harga Ikan Koi Berbagai Jenis Ukuran 10 Cm.

  • Asagi Rp 35.000
  • Tancho Rp 50.000
  • Shiro Utsuri Rp 30.000
  • Hi Utsuri Rp 25.000
  • Ki Utsuri Rp 25.000
  • Shusui Rp 40.000
  • Beko Rp 45.000
  • Matsuba Rp 35.000
  • Orgon Platinum Rp 40.000
  • Kujaku Rp 35.000
  • Soragoi Rp 50.000
  • Goromo Rp 55.000

Itulah daftar harga ikan koi kecil semua jenis dari yang termurah hingga termahal. Bagaimana, tertarikkah anda membeli salah satu jenis ikan koi anakan diatas?. Harga ikan koi kecil disetiap daerah di Indonesia berbeda-beda, dan dipengaruhi juga oleh hasil panen para pembudidaya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat membantu anda dalam mencari ikan koi kecil dan mungkin ingin membelinya. Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here