Film Indonesia Yang Bekerjasama Dengan Korea.

Kunjungan Presiden Korea Selatan ke Indonesia baru-baru ini semakin memperkuat hubungan kerja sama kedua negara. Investasi dan kerja sama Korea Selatan di Indonesia pun sudah merambah berbagai industri. Salah satunya industri perfilman yang saat ini semakin berkembang.

Berikut ini adalah 5 film layar lebar hasil kerja sama sineas Indonesia dengan rumah produksi asal negeri ginseng.

1. A Copy of My Mind.

Beralih ke genre drama, film karya Joko Anwar ini mendapatkan bantuan dana produksi sebesar $10 ribu dari CJ Entertainment Award dalam Asian Project Market di Busan International Film Festival 2014. “A Copy of My Mind” pun sukses menembus pasar internasional.

Film yang dibintangi Chicco Jerikho dan Tara Basro ini tampil di festival film ternama dunia, seperti Venice Film Festival 2015 dan Toronto International Film Festival 2015 sebelum tayang di Indonesia pada Februari 2016.

2. Catatan Dodol Calon Dokter.

Film yang diangkat dari novel karangan Ferdiriva Hamzah ini digarap oleh Ifa Isfansyah dan dibintangi pemeran ternama, seperti Adipati Dolken, Tika Bravani, dan Aurelie Moeremans.

Film yang rilis Oktober 2016 ini diproduksi oleh rumah produksi Radikal Films dari Indonesia bersama CJ Entertainment dari Korea Selatan. Film bergenre komedi ini juga sempat tampil di Tokyo International Film Festival 2016.

3. Pengabdi Setan.

Selain Rapi Films dari Indonesia, reboot film Pengabdi Setan yang dirilis September 2017 lalu juga turut melibatkan rumah produksi Korea Selatan, CJ Entertainment. Kerja sama ini menjadikan Pengabdi Setan sebagai film Indonesia pertama yang menggunakan teknologi 4DX dari Korea.

Dengan teknologi ini, penonton bisa merasakan sensasi gerak, hembusan angin, cipratan air, asap, dan wewangian sehingga pengalaman menonton menjadi lebih nyata. Film ini pun dinobatkan sebagai film horor terlaris sepanjang masa dan peringkat pertama film terlaris tahun 2017.

Tidak sampai di situ, film garapan Joko Anwar ini juga berhasil meraih 13 nominasi FFI 2017, termasuk untuk kategori film terbaik.

Baca juga  Whey Protein Terbaik

4. Sweet 20.

Film bergenre komedi ini merupakan adaptasi resmi dari film Korea berjudul “Miss Granny” yang disutradarai Ody C. Harahap. Tak mengherankan apabila produksi film ini melibatkan rumah produksi dari dua negara, yaitu Starvision Plus dari Indonesia dan CJ Entertainment dari Korea Selatan.

Film yang menampilkan Tatjana Saphira berhasil meraup lebih dari 1 juta penonton dan mendapatkan 9 nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2017.

5. Swordsman.

Film laga sejarah Korea Selatan yang kolaborasi dengan salah satu aktor asal Tanah Air, Joe Taslim. Di film ini Joe beradu akting dengan aktor Korea yang aktingnya sudah tak diragukan lagi yaitu Jang Hyuk.

Selain itu Swordsman juga didukung oleh Choi Jin Ho, Jung Man Shik, Kim Hyun Soo, Jang Hyun Sung, dan Minhyuk BTOB. Beberapa nama ini wajahnya sudah sering muncul di drama-drama. Menampilkan kisah tentang para jagoan pedang di era Joseon, peralihan masa Dinasti Qing ke Ming.

Jang Hyuk akan memerankan karakter Tae Yool, seorang jagoan pedang yang menyimpan rahasia dari masa lalu. Sedangkan Joe Taslim sendiri akan memerankan komandan Dinasti Qing berhati dingin. Rencananya film ini akan dirilis pada akhir tahun 2018 nanti.

6. Forever Holiday in Bali.

Film komedi romantis ini merupakan kerja sama antara sineas Indonesia dengan Korea Selatan. Tidak tanggung-tanggung, penulis naskahnya pun gabungan antara penulis Indonesia dan Korea Selatan, Keen Kim dan Wattimena.

Dibintangi oleh mantan anggota boyband MBLAQ, Thunder sebagai Kay. Menceritakan tentang kehidupan idol K-Pop yang bernama Kay, merasa jenuh dengan rutinitasnya sebagai idol dan memutuskan untuk liburan ke pulau Dewata, Bali. Saat berada di Bali itulah Kay bertemu dengan Putri yang diperankan oleh Caitlin Halderman.

7. Love Distance.

Drama ini mengisahkan tentang percintaan 3 pasangan yang beda negara, yaitu Indonesia dan Korea. Web drama ini diproduksi atas kerja sama Blend Company dan Pass Indonesia. Kedua perusahaan entertainment tersebut memproduksi Love Distance untuk mempertemukan seni budaya antara Korea dan Indonesia.

Baca juga  Highlighter Terbaik

Brandon Salim mendapatkan kesempatan bermain di drama ini berpasangan dengan aktris Han Da Eun dari Korea Selatan. Sebelumnya, Han Da Eun pernah bermain dalam drama Good Wife di channel tvN. Tak hanya Brandon, artis Tanah Air Nimaz Dewantary juga akan mengambil peran dalam drama ini.

8. Lunch Box.

Mini Drama Lunch Box merupakan serangkaian promosi makanan halal dari K-Food FAIR 2015. Sebagai bentuk keseriusan Korea dalam menyediakan produk halal bersertifikat untuk menggaet pasar Muslim.

Pada drama ini menceritakan tentang pemuda Korea bernama Yong I yang ternyata diam-diam menyukai seorang mahasiswi asal Indonesia yang bernama Amelia. Ia pun mencoba menunjukkan perhatiannya lewat masakan yang dibuatnya.

Namun Lia, menolak pemberian Yong I, harus hati-hati untuk menghindari makanan yang tidak halal. Yong I pun membeli bahan makanan berlabel halal dan mencari tahu masakan-masakan Indonesia. Yong I sendiri diperankan oleh aktor Ji Soo yang pernah bermain di beberapa drama kenamaan Korea Selatan.

Sedangkan Amelia diperankan oleh Amalia Tantono, perempuan asal Indonesia yang berhasil meraih beasiswa kuliah di Korea Selatan lewat program Korean Government Scholarship Program (KGSP).

9. From Seoul to Jakarta.

Film kolaborasi tiga negara Indonesia, Korea Selatan dan Amerika Serikat ini akan lebih dulu tayang di beberapa negara seperti Korea Selatan, Jepang, Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa sebelum tayang di Indonesia.

Disutradarai oleh Damien Dematra, dibintangi oleh Roman Dman, Natasha Dematra, Erna Santoso, Ressa Herlambang, Andreano Philip, Yan Widjaya, Cindy Nirmala, Vion Vinata, Camelia Gomez, Novita Sari, Ageng Kiwi, dan Lia Emelia.

Film ini telah banyak meraih penghargaan bergengsi salah satunya sebagai nominasi film terbaik dari St. Tropez International Film Festival.

Baca juga  Cara Merawat Kuas Make Up.

10. Saranghae, I Love You.

Merupakan sebuah sinetron Indosiar yang tayang dari 16 Juli 2012 hingga 24 Agustus 2012. Pemainnya antara lain ialah Tim Hwang, Revalina S Temat, Kim Eung Joo, Rini Yulianti dan Deva Mahenra. Sinetron ini diproduksi oleh Digital Network Aestheic, kolaborasi antara Indonesia dan Korea Selatan.

11. Sunny.

Film Box Office di Korea Selatan, Sunny akan diadaptasi di Indonesia dengan judul Bebas. Film tersebut pun akan diproduksi oleh Miles Films dengan melibatkan Riri Riza sebagai sutradara. Film tersebut akan diperankan beberapa aktor dan aktris junior hingga senior, seperti Indy Barends, Marsha Timothy, Widy Mulia, Baim Wong, Amanda Rawless, Sheryl Sheinafia, Syifa Hadju, Brandon Salim dan masih banyak lainnya.

Namun sayangnya para pemain belum bisa menjelaskan perannya tersebut. Film yang diproduksi pada tahun 2011 lalu bercerita tentang lima cewek dan seorang cowok yang menjadi teman baik di masa SMA. Namun sebuah peristiwa membuat mereka terpaksa berpisah.

12. Cinta itu Buta.

DeskripsiDiah (Shandy Aulia) adalah seorang pemandu wisata asal Indonesia yang Tinggal di Desa Gamcheon, Busan, Korea Selatan yang bertunangan dengan Jun-Ho (Chae In Woo), seorang fotografer tampan Korea.

Suatu malam, setelah menerima surat untuk bertemu dengan seseorang di sebuah restoram mewah, ia menemukan tunangannya berselingkuh dengan Sandra (Gemilang Shinatria), sesama pengembara Indonesia yang tinggal bersama Diah.

Saat ia berjalan keluar, kebutaan yang disebabkan oleh stress terjadi dan ia pun pingsan. Diah berujung menyesuaikan diri dengan kehidupan dengan kebutaan sementara. Beberapa waktu kemudian ia bertemu dengan Nik (Dodit Mulyanto), tetangga sebelah Diah yang juga orang Indonesia. Dari saat ini lah muncul rasa antara Diah dengan Nik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: