Terakurat.com – Jenis jamur – Berbagai macam cemilan tentunya dapat kamu nikmati selagi kamu sedang melakukan aktivitas, salah satunya yaitu jamur. Varian jamur yang tersedia di pasaran mulai dari jamu premium hingga jamur yang tergolong murah bisa kamu temukan di pasar maupun di pinggir jalan.

Tentunya kamu pasti sudah tahu bahwa jamur merupakan salah satu makanan yang enak untuk disantap, berbagai macam varian dari jamur pun banyak bermunculan untuk disajikan. Makanan yang satu ini tentunya memiliki jenis tersendiri dan mempunyai tekstur yang berbeda-beda. Selain karena lezat, jamurjuga diketahui mengandung protein yang tinggi.

Namun tak semua jamur dapat dikonsumsi, pasalnya terdapat juga jamur yang memiliki racun di dalamnya. Contoh jamur yang dapat kamu gunakan tersebar di dunia seperti, portobelo, shittake, hingga jamur kancing.

Maka dari itu, yuk simak berikut ini jenis-jenis jamur yang dapat kamu konsumsi dan kamu olah menjadi hidangan yang spesial.

Jamur kuping

Jamur ini memiliki beragam varian seperti jamur kuping putih, jamur kuping hitam dan jamur kuping merah merupakan salah satu jamur yang familiar. Jamur yang satu ini sangatlah cocok jika disajikan dengan sayur sop dengan kuah penuh rempah.

Rasanya yang lembut serta gurih di mulut pastinya akan menggugah selera makan. Jamur kuping juga memiliki khasiat yang dapat mengatasi panas dalam, menurunkan tekanan darah tinggi, dan penyumbatan pembuluh darah.

Jamur Tiram

Buat kamu penggila jamur crispy pastinya sudah tidak asing lagi dengan jamur yang satu ini. Jamur ini biasa disajikan dengan gorengan tepung, dan kerap dijadikan kudapan yang istimewa. Kamu dapat mengkombinasikannya dengan memberikan bumbu pedas ataupun manis sesuai selera.

Baca juga  Daftar Game Offline Terbaik Untuk PC, Gak Bikin Mudah Bosen!

Jamur ini mempunyai bentuk seperti kerang dengan ukiran di bawah kelopaknya dan memiliki warna putih kusam.

Jamur Enoki

Jamur premium yang satu ini biasanya banyak dikonsumsi dengan panasnya kuah gurih dengan taburan bawang putih. Jamur yang memiliki nama latin Flammulia velutipes ini hanya dapat tumbuh di tempat yang mempunyai iklim dingin saja.

Tapi kamu jangan khawatir, pasalnya jamur enoki sudah banyak dijual di pasaran. Jamur yang satu ini memiliki khasiat dapat melancarkan buang air besar dan membersihkan pencernaan.

Jamur Merang

Jamur yang satu ini kerap kali dijadikan sebagai tambahan dalam pembuatan cream soup, ataupun pasta lainnya karena teksturnya yang lembut. Manfaat dari jamur merang ini sangatlah banyak, yakni sebagai pencegah tumbuhnya kanker, memperkuat sistem tubuh sampai dapat mendukung program diet kamu.

Jamur lezat yang satu ini juga dapat dengan mudah ditemukan di pasaran, pasalnya dibudidaya di iklim tropis.

Jamur Kancing

Sama halnya seperti jamur merang, jamur yang satu ini sangatlah cocok untuk dihidangkan bersama pasta ataupun makanan western lainnya. Sedikit perbedaannya adalah jamur ini lebih cocok disajikan bersama tumisan sayur yang dapat kamu lihat di makanan khas Cina.

Nama ilmiah dari jamur ini adalah Agaricus Bisporus, yang dapat menurunkan kolestrol, menangkal radikal bebas dan menambah jumlah sel darah merah karena mengandung asam folat. Teksturnya yang sedikit besar, tentunya akan menambah citarasa gurih pada tumisan sayur yang kamu buat.

Jamur Shimeji

Macam-macam jamur memanglah beragam serta tersebar di seluruh dunia. Jenis jamur Shimeji yang memiliki batang tipis, ringan, dengan topi yang berwarna merah ini memanglah sedikit mirip dengan jamur enokitake. Tapi tangkainya pada kali ini lebih sedikit pendek.

Baca juga  Game Seru Buat Ngabuburit Nunggu Waktu Buka Puasa Tiba

Jamur ini cocok dicampurkan dengan nasi goreng, sup dan disiram saus. Untuk mengolahnya jamur yang satu ini wajib dimasak hingga matang. Jamur ini juga dapat mengatasi ulu hati, membantu massa otot, mengobati meriang dan masuk angin.

Jamur shittake

Jamur yang berasal dari jepang ini sangat dibudidayakan dengan serius di jepang. Di Tiongkok jamur ini dibudidaya secara turun temurun, tak heran apabila harga jamur ini sedikit lebih mahal.

Kamu dapat memasak jamur ini sebagai campuran sup miso atau gorengan pendamping tempura. Adapun manfaat yang bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi jamur shittake adalah melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan kekuatan tubuh serta memelihara kesehatan jantung.

Jamur Matsutake

Jamur Matsutake merupakan salah satu jamur premium yang tergolong mahal. Jamur yang satu ini hanya dapat dipanen pada saat musim gugur saja. Aroma wangi yang keluar dari jamur ini juga sangatlah menggugah selera kamu untuk memakannya.

Jamur ini dapat kamu makan dengan cara dipanggang sebentar ataupun diolah sebentar hingga terasa segar saat makan.

Jammur Truffle

Berikut ini adalah jamur premium yang banyak dikonsumsi di eropa. Jamur ekslusif yang satu ini hanyalah tumbuh di akar pohon saja. Penyebaran spora jamu ini diperoleh melalui fungivora, hewan yang mengonsumsi jamur-jamuran.

Karena mendapatkannya terbilang sangatlah sulit, maka jamur ini terbilang sangat langka. Oleh karena itu, jamur ini harganya cukup mahal. Mungkin kamu hanya dapat menemukan jamur ini di hotel-hotel bintang lima yang menyajikan sup atau pasta.

Jamur Lingzi

Jamur yang satu ini dahulunya disebut sebagai jamurnya para raja, karena pada saat itu hanyalah para raja saja yang dapat memakannya. Jamur yang satu ini dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa, salah satunya yakni mengandung zat anti HIV dan anti alergi alami.

Baca juga  Aplikasi Desain Rumah Terbaik Untuk Ponsel Android

Jamur yang berasal dari cina ini dapat kamu temukan di pasaran, meski harganya cukup mahal.

Jamur Mataike

Jamur yang satu ini terbilang langka, dan harganya juga cukup mahal. Jamur Mitake dapat disajikan dengan nasi panas dengan campuran sushi dan kecap asin ala Jepang. Meskipun bukan termasuk obat herbal tetapi jamur maitake memiliki khasiat yang sangat luar biasa.

Didedikasi sebagai salah satu jamur untuk melawan kanker, jamur yang satu ini menjadi jamur yang sangat dicari. Selain itu jamur ini juga dapat menurunkan tekanan darah serta mengendalikan kolestrol tinggi dan penyakit jantung, tak heran saja jika jamur ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Itulah tadi jenis-jenis jamur yang kaya akan protein serta berkhasiat tinggi bagi kesehatan tubuh yang aman untuk kamu konsmsi. Jamur bisa menjadi pengganti daging, sehingga sangat cocok buat kamu para vegetarian yang ingin tetap mendapat asupan nutrisi tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here