Pandemi COVID-19 memang belum berakhir, terbukti masih banyak terjadi penambahan kasus di berbagai daerah. Namun, kita tidak bisa juga melumpuhkan kehidupan dengan hanya berdiam diri sampai virus benar-benar hilang.

Faktanya setiap masyarakat butuh penghidupan untuk menjalankan keseharian, salah satunya dengan tetap menjalankan aktivitas seperti biasa namun disertai dengan protokol kesehatan atau normal baru (new normal). Menggunakan masker, menjaga jarak sosial ( special Distancing ), sering mencuci tangan dengan sabun merupakan cara menjaga diri agar tidak terpapar virus.

Agar perekonomian tetap berjalan, pemerintah juga mulai membuka beberapa tempat pariwisata yang ada di Indonesia, tentu disertai dengan protokol kesehatan new normal.

Berikut tempat wisata di Indonesia yang sudah dibuka:

TMII.

Taman Mini Indonesia Indah berdiri di atas lahan seluas 130 hektare, tempat wisata yang berada di timur Jakarta itu sempat ditutup selama masa PSBB akhir April 2020. Memasuki normal baru ini, pengelola TMII akhirnya membatasi jumlah pengunjung pada dua pintu masuk kawasan.

Sekarang Taman Mini Indonesia Indah sudah kembali dibuka, namun jam operasioanl TMII mengalami perubahan. Jika biasanya sebelum pandemi virus Covid-19, waktu operasional TMII sampai pukul 22.00 WIB. Sekarang, untuk operasional TMII buka pelayanan penjualan tiket pukul 08.00-16.00 WIB. Tutup operasional sore pukul 18.00 WIB.

Pihak manajemen taman mini juga akan memberlakukan sejumlah langkah pencegahan pandemi. Langkah pencegahan yang dimaksud di antaranya pembatasan jumlah wisatawan sebanyak 50 persen dari total kapasitas tampung wisatawan pada hari biasanya, sekitar 60 ribu orang.

Taman Margasatwa Ragunan.

Pihak manajemen Taman Margasatwa Ragunan juga menerapkan waktu operasional mulai pukul 08.00-13.00 WIB.

Selain itu mereka juga menetapkan pembatasan pengunjung dengan maksimal 1.000 pengunjung. Biasanya kebun binatang yang memiliki luas 140 hektare itu bisa menampung 15 juta pengunjung dalam setahun.

Baca juga  Inovasi Tenun Garut yang Memukau

Selain itu, masyarakat juga dihimbau agar mendaftarkan diri melalui daring dan mengisi form data diri yang terlampir. Kemudian disertakan foto identitas diri berdasarkan KTP.

Jika pemesanan berhasil, calon pengunjung bisa menunjukkan bukti pendaftaran kepada petugas loket agar dapat dilakukan verifikasi data.

Hal tersebut dilakukan agar dapat mengawasi setiap pengunjung yang datang. Kemudian ada juga sejumlah persyaratan yang harus diketahui oleh pengunjung. Salah satunya yakni melarang ibu hamil, anak-anak usia di bawah 9 tahun dan lansia usia 60 tahun untuk masuk.

Selama berwisata di Ragunan pada pembukaan fase pertama, pengunjung juga wajib mengikuti sejumlah aturan yang diberlakukan di antaranya protokol kesehatan.

Pengujung harus menggunakan dan membawa masker serta hand sanitizer sendiri, suhu tubuh juga tidak boleh lebih dari 37,5 derajat celcius, serta tidak sedang batuk dan flu.

Pengunjung tidak boleh bergerombol lebih dari lima orang pada satu titik, para pengunjung juga diimbau untuk menjaga jarak fisik, tetap menggunakan masker selama berada di dalam kawasan Ragunan.

Akses masuk pengunjung dapat melalui Pintu Utara di jalan Harsono RM dan pintu barat di jalan Kavling Polri Cilandak KKO.

Taman Impian Jaya Ancol.

Mengikuti tempat wisata lainnya, Ancol juga sudah kembali dibuka. Sama seperti yang lainnya pelaksanaanya akan tetap berpatokan pada protokol kesehatan selama PSBB masa transisi.

Salah satunya yaitu jumlah pengunjung akan dibatasi sebanyak 50 persen dari kapasitas normal. Selain itu, tidak memperbolehkan anak dibawah 5 tahun, ibu hamil, dan lansia (usia 50 tahun dan di atasnya) rekreasi di Ancol.

Pembayaran juga dilakukan secara non tunai dalam bertransaksi serta penjualan tiket hanya dilakukan secara online. Pengunjung juga diwajibkan melakukan reservasi sebelum melakukan kunjungan.

Baca juga  Keindahan Alam Yang Mempesona di Desa Tongging

Sementara itu, untuk rekreasi lainnya juga akan dilakukan pembukaan secara bertahap mulai dari kawasan Pantai, Allianz Ecopark, Pasar Seni, Dunia Fantasi (Dufan),Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol, serta restoran yang berada di dalam kawasan tersebut.

Berikut jam operasional unit rekreasi kawasan Ancol:

Pantai dibuka mulai pukul 06.00 – 20.00 WIB. Dunia Fantasi dibuka mulai pukul 10.00 – 18.00 WIB.

Ocean Dream Samudra dan Seaworld Ancol dibuka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Pangandaran Sunset.

Pangandaran Sunset menjadi destinasi yang cukup digemari oleh para wisatawan untuk menyaksikan sunset, seperti nama lokasinya.

Kawasan ini juga berdekatan dengan pantai dan taman yang sangat pas untuk bersantai saat liburan akhir pekan.

Curug Taringgul.

Curug Taringgul merupakan tempat wisata di Pangandaran yang populer di kalangan wisatawan.

Bagi yang ingin menikmati sejuknya air dari Curug Taringgul dapat bermain sambil berenang.

Situ Cisamping.

Masih dengan suasana alam, traveler juga bisa liburan akhir pekan ke Situ Cisamping.
Situ Cisamping sudah tak diragukan lagi pesonanya.

Goa Sutra Reregan.

Apabila ingin liburan akhir pekan di tempat wisata alam, traveler bisa datang ke Goa Sutra Reregan.
Goa Sutra Reregan tak hanya suguhkan pemandangan alam yang memukau, tapi juga memberikan pengalaman tak terlupakan.

Goa Panggung.

Masih dengan suasana gua, ada juga rekomendasi Gua Panggung yang bisa traveler kunjungi saat liburan akhir pekan.
Banyak spot alam yang instagramable dan bisa traveler gunakan untuk berburu foto.

Pantai Pasir Putih.

Jika ingin wisata pantai traveler bisa ke Pantai Pasir Putih.
Namun apabila ingin berjemur alangkah baiknya tetap melakukan social distancing di pantai.

Pantai Batu Hiu.

Rekomendasi berikutnya ada Pantai Batu Hiu yang tak kalah cantiknya dari Pantai Pasir Putih.
Ada juga patung hiu raksasa yang bisa digunakan untuk swafoto.

Baca juga  Tempat Wisata di Bekasi Paling Keren Bikin Minder Kota Lain

Nah, itulah tadi beberapa tempat wisata di Indonesia yang sudah mulai dibuka mengikuti prosedur New Normal, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, demi pencegahan virus Corona di tanah air. Bagaimana apakah kalian tertarik untuk mencoba liburan di akhir pekan ini? eits, jangan lupa selalu pakai masker dan mencuci tangan dengan sabun ya. Ingat, lebih baik menjaga daripada mengobati. Lindungi orang-orang tersayang dengan selalu hidup bersih dan menjaga kesehatan.

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here