terakurat.comskincare– Skincare adalah kebutuhan wajib bagi sebagian besar perempuan, untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Setiap perempuan tentu menginginkan penampilan terbaiknya agar bisa lebih percaya diri dalam menjalani hidup, baik itu dalam keseharian maupun dalam lingkungan pekerjaan. Perempuan biasanya merasa tidak percaya diri saat penampilan mereka kurang maksimal, Oleh sebab itu banyak perempuan yang menggunakan skincare untuk merawat kulit mereka agar tetap cantik dan sehat.

Jangan salah menilai ya guys, skincare itu bukan hanya paketan perawatan wajah yang isinya day cream, night cream, serum, dan toner saja lho. Perawatan kulit lainnya seperti pembersih wajah juga termasuk skincare. Sesuai dengan namanya, skincare berfungsi untuk merawat kulit wajah dan tubuh agar terlihat bersih, sehat dan awet muda. Produk-produk skincare ini mengandung bahan-bahan yang memiliki manfaat beragam sesuai dengan jenis dan kondisi kulitnya.

Berikut ini beberapa kandungan yang biasanya digunakan dalam produk skincare.

Alpha-Lipoic Acid.

Kandungan ini merupakan salah satu antioksidan yang diproduksi secara alami di dalam tubuh. Selain diproduksi tubuh, Alpha-lipoic acid juga terkandung dalam jenis-jenis makanan seperti ragi, jeroan, wortel, tomat, bayam, brokoli, dan buah bit. Alpha-lipoic acid bisa dengan mudah masuk ke dalam bagian sel kulit dan berfungsi untuk mengurangi garis-garis halus, seperti kulit lebih cerah, dan meningkatkan kadar antioksidan lainnya seperti vitamin C.

Ekstrak Teh Hijau.

Teh Hujau diperkaya akan nutrisi yang disebut Polifenol dan terbukti bisa melawan radikal bebas. Bahan yang terkandung dalam teh juga dapat meringankan kerusakan kulit akibat sinar matahari serta dapat melindungi dari kanker kulit. Polifenol dan krim dalam lotion juga bisa memperlambat tanda-tanda penuaan termasuk mengurangi kulit kendur dan keriput.

Baca juga  Rekomendasi Skincare Korea Terbaik!

Retinol.

Retinol terbuat dari vitamin A, biasanya digunakan sebagai bahan tambahan untuk krim wajah. Bahan yang satu ini bisa meningkatkan jumlah kolagen dalam tubuh, membuat kulit kenyal, mengurangi garis halus dan kerutan. Selain itu, retiol juga bisa mencerahkan warna kulit dan mengurangi bercak-bercak.

Namun jangan lupa menggunakan pelembab di malam ataupun siang hari, karena kandungan ini bisa membuat lapisan atas kulit menjadi kering.

Vitamin C.

Antioksidan yang terkandung dalam vitamin C bisa meningkatkan kolagen dan meminimalkan garis-garis halus, kerutan, dan bekas luka. Kandungan vitamin C biasanya terdapat dalam beberapa produk skincare seperti lotion dan krim wajah.

Kafein.

Kandungan ini juga merupakan antioksidan yang dapat membantu mencegah pertumbuhan kanker kulit. Kafein juga bisa mengurangi kererutan, terutama di sekitar mata.

Alpha-hydroxy Acids (AHA).

Kandungan ini bisa membantu mengelupaskan kulit, mengurangi garis-garis halus, bintik-bintik penuaan, bekas jerawat dan meratakan warna kulit. Produk dengan konsentrasi AHA kitsaran 5%-10% biasanya terdapat dalam krim atau lotion yang bisa digunakan setiap hari. Namun jika kamu menginginkan konsentrasi yang lebih tinggi kamu bisa mendapatkannya dari spesialis kecantikan atau dokter kulit.

Namun untuk mencegah terjadinya iritasi kulit, disarankan agar menggunakan produk dengan AHA yang lebih rendah dahulu. Sebaiknya gunakan juga pelembab.

Salicylic Acid.

Kandungan ini sering digunakan untuk mengobati jerawat, Salicylic dapat menembus pori-pori dan mengurangi komedo dengan lebih sedikit iritasi dibandingkan AHA. Namun ingat, jangan gunakan Salicylic Acid jika kamu memiliki alergi terhadap aspirin. Ibu hamil dan menyusui juga tiak boleh menggunakan kandungan ini.

Hyaluronic Acid.

Kandungan ini dapat dibuat oleh tubuh kita sendiri, zat ini terdapat di kulit, cairan sendi, dan jaringan ikat. Merokok, usia, dan pola makan yang tidak sehat akan membuat Hyaluronic Acid yang dihasilkan lebih sedikit. Kandungan ini dapat membantu melembabkan dan menghaluskan kulit. Zat ini akan bekerja sangat baik jika  digunakan bersamaan dengan produk vitamin C.

Baca juga  Manfaat Bayam Untuk Kesehatan dan Kecantikan!

Nah itulah beberapa pengertian dan manfaat kandungan yang sering digunakan dalam skincare. Sebaiknya, kamu teliti dulu sebelum membeli dan menggunakan sebuah produk ya guys.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here