Karang gigi merupakan plak gigi yang mengeras dan tumbuh sedikit demi sedikit. Seseorang akan mudah terkena Iritasi dan peradangan jika terus dibiarkan.

Munculnya Plak gigi akan membentuk bakteri dalam mulut bercampur dengan protein dan sisa-sisa makanan. Plak gigi yang jarang dibersihkan secara teratur, secara otomatis akan membentuk karang pada gigi.

Pergilah kedokter gigi untuk membersihkan karang gigi karena hanya dokter gigi yang mampu menghilangkannya dengan prosedur yang tepat.

 

Efek karang gigi

Proses menyikat gigi dan flossing menjadi tidak efektif lagi jika adanya karang pada gigi. Proses pemecahan enamel gigi yang diakibatkan oleh asam yang dikeluarkan oleh bakteri mulut bisa berakibat gangguan pada gigi.

Gigi berlubang atau kerusakan gigi akan muncul dengan mudah.

Hanya dokter saja yang bisa membersihkan karang yang sudah mengeras. Jangan menganggap remeh adanya plak yang berpotensi tumbuh menjadi karang walaupun itu hanya sedikit.

Efek yang akan timbulkan karena ada beberapa karang pada gigi kamu. Jika kamu penasaran, simak informasinya di bawah ini.

Radang Gusi

Radang Gigi
Radang Gigi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Efek yang paling ringan dan sering terjadi adalah terjadinya gingivitis dan radang gusi. Bakteri yang masuk kedalam gusi dan menyebabkan iritasi hingga infeksi itu bisa disebabkan oleh radang gusi

Bakteri yang masuk kedalam gusi tinggal menunggu waktu untuk terkena penyakit periodontitis.

Penyakit ini akan timbul di antara gusi dan gigi yang berbentuk kantong nanah. Infeksi yang dibiarkan ditimbulkan bisa semakin parah dan membahayakan kesehatan.

 

Resiko Serangan Jantung dan Stroke

 

serangan jantung dan stroke
serangan jantung

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Baca juga  Inilah Manfaat dan Efek Samping Obat Imunos Yang Wajib Kamu Tahu

 

 

 

 

 

Sakitnya radang pada gusi juga bisa memberikan efek yang berbahaya dan mengerikan seperti penyakit jantung dan stroke. Plak gigi bisa masuk ke dalam jaringan darah diguga karena bakteri dan mikroorganisme.

Kondisi tersebut bisa membuat arteri mengalami penyumbatan. Risiko mendapat penyakit jantung dan stroke diduga bisa lebih tinggi karena aliran darah tersumbat.

Risiko penderita kanker akan meninggal lebih cepat terkait dengan tingginya kadar plak di gigi.

Walau belum terbukti sepenuhnya dan masih perlu dipelajari secara lebih menyeluruh, menjaga kesehatan mulut sebaiknya tidak dianggap sepele.

 

Rusaknya Gigi

plak gigi dapat membuat gigi rusak
plak gigi dapat membuat gigi rusak

 

Karang yang ditimbulkan oleh plak pada gigi tidak hanya membuat gigi rusak, namun secara otomatis mampu menghancurkan gigi hingga keropos.

Kamu akan merasakan sakitnya kerusakan gigi yang akan menyiksa jika dibiarkan semakin lama.

Imunitas tubuh yang melawan bakteri dalam plak atau karang gigi semakin memperparah.

Cairan yang disebabkan bakteri akan keluar untuk mempertahankan diri, cairan itu justru bisa merusak gigi yang ada di sebelah karang gigi. Akibatnya gigi akan berlubang dan lama kelamaan akan habis (ompong).

Cara yang paling mudah ntuk mencegahnya kamu bisa dengan menggosok gigi minimal 2 kali sehari serta menjaga makanan yang kamu konsumsi.

Faktor utama terbentuknya plak dan karang pada gigi kamu karena adanya sisa makanan yang menempel pada gigi. Kunjungilah dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali untuk mengontrol keadaan karang gigi.

 

Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

Rajin Menggosok Gigi

Untuk menghilangkan karang gigi cara yang mudah bisa dengan cara gosok gigi secara benar dan teratur.

Sikatlah gigi anda minimal 2 kali setiap hari agar sisa makanan yang menempel pada gigi sedikit demi sedikit akan menghilang

Baca juga  Cara Mengatasi Demam Pada Anak

 

Menggunakan Pasta Gigi Khusus

pasta gigi merupakan faktor yang menentukan juga dalam membersihkan karang gigi. seperti pasta gigi yang mengandung fluroid atau tartar control.  Zat yang terkandung tersebut sangat ampuh untuk menghilangkan karang pada gigi anda.

 

Flossing

flossing merupakan salah satu cara alternatif untuk menghilangkan karang gigi anda. Bakteri akan timbul karena adanya karang gigi yang disebabkan karena sisa makanan pada mulut.

Sisa-sisa makanan pada mulut anda serta bakteri pun akan secara menyeluruh dihilangkan jika menggunakan flossing. Agar gigi anda bersih dari karang lakukan flossing 1 hari sekali.

 

Mengkonsumsi Buah Apel

Memakan apel merupakan cara yang simple dan mudah didapat untuk menghilangkan karang gigi.  kini Anda bisa memakannya untuk membersihkan karang gigi.

Zat-zat yang terkandung dalam buah apel dapat mengurangi karang gigi karena vitamin C yang terkandung ternyata dapat menumpas karang gigi. Konsumsi buah apel secara rutin agar karang gigi hilang

 

baca juga : cara mudah tes apakah kamu pengidap trypophobia?

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *