Terakurat.com – Apa itu Ambroxol? Obat Ambroxol – Manfaat dan Kandungan Ambroxol – Dosis ambroxol

Pernahkah Anda mengalami batuk berdahak yang tidak kunjung sembuh? Jika demikian, Anda harus mencoba obat ambroxol, yang mana berfungsi untuk mengobati penyakit batuk berdahak.

Pada dasarnya obat ini adalah jenis obat keras yang hanya bisa digunakan dengan resep dokter.

Agar tidak salah aturan dalam dosis pemakaiannya, maka resep dokter ini sangat penting Anda perhatikan.

Obat khusus untuk batuk berdahak ini mengandung banyak kandungan zat yang berfungsi sebagai pengencer dahak.

Jadi, jika Anda sedang mengalami batuk berdahak yang berlangsung lama, obat ini akan secara efektif membantu Anda dalam mengatasi masalah tersebut.

Kegunaan Dari Obat Ambroxol

Biasanya obat ini digunakan untuk beberapa kondisi, seperti:

Bronkitis.

Bronkitis adalah radang pada lapisan saluran bronkial karena infeksi. Bronkus adalah saluran yang membiarkan udara masuk ke dalam dan keluar dari paru-paru. Orang yang memiliki penyakit bronkitis sering mengalami batuk lendir yang menebal, yang bisa berubah warna.

Bronkitis asmatik.

Kondisi ini adalah gabungan dari penyakit bronkitis akut dan asma, yang keduanya merupakan peradangan saluran napas. Ketika asma dan bronkitis akut terjadi bersamaan, kondisi ini disebut bronkitis asthmatik.

Emfisema.

Emfisema adalah salah satu bentuk paling umum dari penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Penyakit ini terjadi ketika paru-paru mengalami pelebaran saluran akibat sumbatan yang menahun. Penyakit ini berkaitan dengan bronkitis kronis.

Bronkiektasis.

Bronkiektasis adalah kerusakan yang membuat saluran udara (bronkus) melebar, melembek, dan menebal secara tidak normal sehingga paru-paru kesulitan untuk membersihkan lendir. Penyakit ini adalah kondisi langka penyebab batuk berdahak yang tidak sembuh-sembuh.

Baca juga  Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Puasa dan Penyebabnya

Tracheobronchitis.

Kondisi ini terjadi ketika saluran tenggorokan atau bronkus mengalami peradangan. Biasanya kondisi ini dapat disebabkan karena infeksi bakteri atau virus, akan tetapi bisa juga akibat dari beberapa jenis iritasi, seperti asap rokok.

Manfaat Dan Efek Samping Penggunaan Obat Ambroxol

Berikut ini manfaat ambroxol, dosis pemakaian ambroxol serta efek samping penggunaan obat Ambroxol.

Manfaat Obat Ambroxol

• Perlu Anda ketahui, bahwa obat ambroxol sangat efektif dapat menyembuhkan gejala sesak pada pernapasan.

Jadi, saat Anda sedang mengalami kesulitan dalam bernapas, maka obat ini bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan gejala tersebut.

Bagi Anda yang mempunyai riwayat penyakit bronkhitis, juga disarankan untuk mengkonsumsi obat ini untuk melegakan pernapasan Anda.

• Selain untuk mengencerkan dahak dan melegakan pernapasan, obat ini juga dipercaya sangat efektif untuk membunuh kuman dan bakteri jahat yang ada pada tubuh untuk mencegah terjadinya pilek dan batuk.

• Di samping itu, kandungan senyawa yang ada pada obat jenis ini juga bermanfaat untuk memperkuat rambut-rambut halus yang ada pada bronkus Anda.

Sehingga, rambut halus tersebut akan dengan mudah menyaring kotoran yang masuk lewat hidung agar bakteri tidak bisa masuk.

Dosis Ambroxol

Dosis ambroxol untuk dewasa berkisar dari 30 mg (1 ambroxol tablet) sampai 120 mg (4 ambroxol tablet) per hari yang terbagi dalam 2-3 dosis.

Pemberian dosis ambroxol sirup yang lazim digunakan untuk anak adalah:

  • Anak-anak usia kurang dari 2 tahun: 1/2 sendok teh (2.5 mL) ambroxol sirup yang dikonsumsi 2 kali sehari.
  • Anak-anak usia 2-5 tahun: 1/2 sendok teh (2.5 mL) ambroxol sirup yang dikonsumsi 3 kali sehari.
  • Anak-anak lebih dari 5 tahun: 1 sendok teh (5 mL) ambroxol sirup yang dikonsumsi 2-3 kali sehari.
Baca juga  Fakta Menarik Manfaat Cuka Apel dan Cara Membuatnya

Sama halnya orang dewasa, dosis ambroxol sirup untuk anak akan disesuaikan pada usia, kondisi kesehatan, tingkat keparahan penyakit, serta respon tubuhnya terhadap obat ini. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menentukan dosis ambroxol sirup yang sesuai dengan kebutuhan anak Anda.

Efek Samping Kandungan Ambroxol

Berikut ini beberapa orang yang tidak boleh mengkonsumsi obat untuk dahak ini, antara lain:

• Ibu menyusui

Obat dengan kandungan ambroxol ini tidak disarankan untuk ibu yang sedang menyusui karena mempunyai efek yang buruk bagi kandungan ASI yang akan diproduksi.

Untuk menghindari produksi ASI yang sangat buruk bagi bayi, maka hindarilah konsumsi obat ini.

• Wanita hamil

Sedangkan untuk wanita hamil, meskipun kandungan ambroxol efek sampingnya tidak begitu kelihatan, namun akan lebih baik jika Anda tidak mengkonsumsi obat ini selama masa kandungan agar janin dalam rahim Anda akan sehat dan aman.

Obat ambroxol memanglah obat yang mempunyai banyak manfaat untuk menyembuhkan suatu penyakit.

Namun, di samping itu kandungan ambroxol ini juga termasuk obat-obatan yang keras dan memiliki efek samping yang cukup berbahaya.

Jangan gunakan obat ini secara bersamaan dengan beberapa antibiotik seperti amoxicillin, cefuroxim, erythromycin, dan doxycycline.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi terjadinya hal yang buruk, Anda harus mendapat resep dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Baca juga artikel Masa Subur Wanita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here