Inilah 2 Ulasan Penting Tentang Ketombe Yang Kamu Harus Tahu

ketombe

Salah satu jenis gangguan kulit kepala yang membuat orang tidak percaya diri adalah masalah ketombe atau yang juga disebut dandruff. Sebenarnya, apa itu dandruff? Dandruff ialah serpihan kulit kepala yang mengelupas, biasanya membuat kulit gatal. Jika kondisinya sedikit parah, maka serpihan berwarna putih tersebut akan jatuh dan terlihat baik di rambut Anda maupun di bahu Anda.

Selain itu, masalah ini biasanya menimbulkan rasa gatal. Hal ini dikarenakan dandruff adalah masalah pada kulit kepala, bukan pada rambut. Bagi kamu yang memiliki masalah ini, pasti kamu akan merasa malu jika terlihat oleh orang lain. Untuk itu, bahasan di bawah ini akan membantumu dalam memahami dandruff lebih jauh.

Faktor munculnya ketombe

Meskipun sebenarnya dandruff adalah hal normal akibat adanya pergantian kulit kepala, namun hal tersebut dipengaruhi beberapa faktor. Salah satunya adalah kulit kepala terlalu cepat dalam mengganti sel mati. Perlu kamu tahu bahwa kulit kepala yang tidak sehat memicu adanya dandruff juga.

Meskipun belum banyak penelitian mengenai faktor-faktor yang pasti, namun beberapa hal seperti minyak yang berlebih serta faktor gaya perawatan rambut bisa menjadi sebabnya. Menurut penelitian, wanita remaja lebih cenderung terkena ketombe dibandingkan kaum laki-laki.

Uniknya, diketahui masalah ini juga hanya dialami ketika mereka menginjak remaja dan mengalami masa pubertas.

Faktor internal yang mungkin mempengaruhi adalah shampoo dan rentang waktu membersihkan rambut, perawatan rambut serta mengalami stress.

Mengobati dan mencegah

Untuk mengobatinya, kamu bisa dengan menggunakan shapoo anti-dandruff. Jika perlu, gunakan shampoo anti-dandruff dari perusahaan shampoo yang sama dengan yang sedang kamu gunakan. Hal ini berguna untuk meminimalisir masalah rambut dan kulit kepala lainnya.

Baca juga  Pencegahan Preeklampsia Calon Ibu Wajib Tahu Ini!

Namun jika maslaah tersebut tidak kunjung hilang, kamu bisa meminta saran dokter. Ceritakan semua masalah yang lu punya dan yakinlah bahwa dokter akan memberikan solusi terbaik. perlu kamu tahu bahwa dandruff juga mungkin terjadi akibat adanya infeksi. Salah satunya mungkin dengan shampoo yang lebih ampuh untuk melawan ketombe.

Dengan memahami informasi mengenai ketombe diatas, kamu harus lebih menjaga diri agar tidak terkena masalah yang sama.

 

Baca Juga : Inilah Faktor Penyebab Dan Resiko Hamil Anggur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *