obat luka bakar

Obat luka bakar sangat mudah ditemukan di apotek atau pun di toko obat. Luka bakar sering dialami oleh banyak orang karena berbagai macam sebab. Untuk luka bakar yang ringan, maka luka tersebut dapat kering dengan sendirinya. Namun bagaimana jika luka bakar yang dialami cenderung besar dan berat?

Tips Menggunakan Obat Luka Bakar

Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan untuk melakukan pertolongan pertama pada orang yang mengalami luka bakar ringan. Hal ini penting untuk kamu ketahui sehingga tidak melakukan pertolongan yang salah. Jika salah, kerusakan kulit akibat luka bakar yang dialami bukannya semakin membaik dan malah justru semakin buruk.

Pertama-tama, hentikanlah proses terbakar dengan secepat mungkin. Setelah itu, carilah air dingin untuk mendinginkan luka bakar dalam waktu kuran lebih setengah jam. Jangan lupa untuk mengangkat pakaian atau pun aksesoris yang menutupi kulit dengan luka terbakar tersebut. Barulah kamu bisa memulai membersihkan luka bakar dan menutupnya dengan menggunakan perban.

Untuk meringankan gejala nyeri akibat luka bakar yang terjadi, paracetamol bisa menjadi pilihan obat pereda nyeri yang digunakan. Istirahatlah sejenak dari aktivitas yang padat untuk bisa menjauhkan luka bakar dari paparan sinar matahari. Dengan demikian, luka bakar ringan yang dialami akan segera sembuh.

Untuk beberapa jenis luka bakar yang serius bisa langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut. Luka bakar yang dianggap serius adalah luka yang terjadi dengan dalam serta luka bakar yang diakibatkan karena sengatan listrik dan juga bahan-bahan chemical yang berbahaya. Luka bakar yang dalam dan terjadi pada wajah, lengan, ataupun bagian lainnya juga harus mendapatkan perawatan intensif dari dokter.

Baca juga  4 Tanda-Tanda Terinfeksinya Kelenjar Getah Bening

Dengan dibawa ke rumah sakit, nantinya penderita akan mendapatkan obat penghilang rasa sakit dan perawatan berbasis air dari dokter. Ada pula dokter yang menggunakan terapi kabut air yang bisa bermanfaat untuk membersihkan jaringan yang rusak serta merangsang pertumbuhan jaringan yang rusak tersebut.

Ingat, setelah mendapatkan perawatan luka bakar dan terlebih lagi luka bakar yang dalam, kamu tidak boleh terkena paparan sinar matahari secara langsung. Jika terkena, kulit yang terkena luka bakar akan melepuh dan menjadi semakin parah.

 

Baca Juga : Inilah 2 Ulasan Penting Tentang Ketombe Yang Kamu Harus Tahu

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *