Gejala dan Pengobatan Kista Ovarium

kista ovarium

Kista ovarium merupakan salah satu jenis penyakit yang ditakuti oleh para wanita. Banyak wanita yang sangat takut akan penyakit ini. Kista ovarium cukup diderita oleh banyak wanita. Hal ini menyebabkan tingkat stress dan ketakutan tersendiri. Namun, kamu tidak perlu merasakan demikian. Coba konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan seberapa parah kista yang kamu derita.

Apa Gejala Kista Ovarium?

Pada hakikatnya, kista ovarium merupakan salah satu jenis kista yang tidak berbahaya. Kista ini akan hilang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu. Namun, ada pula wanita yang menderita kista yang cukup besar sehingga harus dilakukan tindakan operasi untuk mengobatinya.

Ada beberapa gejala yang timbul pada penderita kista ovarium. Berikut beberapa diantaranya.

  1. Perdarahan pada saat menstruasi
  2. Nyeri pada saat berhubungan seksual
  3. Rasa nyeri pada saat buang air kecil
  4. Siklus menstruasi yang tidak normal
  5. Rasa nyeri pada panggul

Ketika kamu sudah mengalami gejala seperti itu, maka kamu tidak perlu menunggu waktu lagi untuk segera berkonsultasi ke dokter. Kamu bisa langsung pergi ke dokter kandungan untuk segera dilakukan USG ataupun dilakukan tes darah. Dengan demikian, dokter bisa memberikan penjelasan tentang tindakan yang selanjutnya harus dilakukan.

Lalu, bagaimana cara pengobatan kista ini? Pengobatan kista dapat dilakukan sesuai dengan besar dan gejala kista yang dialami.

  1. Jika telah dipastikan adanya kista baik itu dengan disertai gejala atau tidak disertai gejala, maka dokter akan menganjurkan untuk melakukan pengangkatan terhadap kista tersebut.
  2. Jika kista telah berada dalam ukuran yang cukup besar, hal ini mengindikasikan bahwa operasi harus dilakukan. Jika dibiarkan lebih lanjut, perkembangan kista yang besar dapat mengganggu organ lain.
  3. Jika kista terjadi pada wanita yang sudah menjelang masa menopause, maka operasi pengangkatan kista tetap dapat dilakukan. Kista ovarium memang lebih tinggi resikonya diderita oleh wanita menjelang masa menopause.
Baca juga  Segala Hal Tentang Lansoprazole, Cara Kerja, dan Cara Mengonsumsinya Dengan Besar

Bagaimanapun juga, kista ovarium tidak akan mengganggu kesuburan. Jangan pernah putus asa karena mengidap kista. Dengarkan apa kata dokter agar kamu segera terbebas dari kista. Rasa sakit dan nyeri yang biasa diderita pun akan hilang.

 

Baca Juga : Varikokel Adalah Penyakit Apa? Apakah Pembengkakan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *