Koper adalah benda paling utama yang kita butuhkan saat akan bepergian, baik dalam urusan bisnis maupun traveling. Karena itu memilih koper harus levih diperhatikan dari segi ketahanan hingga kapasitas muatannya.

Cara memilih koper.

Poin pertama yang harus diperhatikan dalam memilih koper adalah ukurannya. Berikut ini adalah beberapa kriteria dalam memilih ukuran koper yang sesuai dengan berapa lama Anda akan menginap.

Hitung ‘lama menginap × 10 liter’ sebagai patokan.

Koper yang digunakan untuk perjalanan biasanya dikategorikan berdasarkan dimensi dan kapasitasnya. Namun, idealnya untuk barang keperluan satu hari, Anda akan membutuhkan koper dengan kapasitas sekitar 10 liter. Jika Anda menginap selama beberapa hari, “lama menginap × 10 liter” bisa Anda dijadikan panduan untuk menerka ukuran koper yang Anda butuhkan.

Mungkin memang akan lebih aman jika Anda memilih ukuran koper yang sesuai dengan lama perjalanan. Namun, untuk Anda yang berencana membeli banyak suvenir, ada baiknya mempertimbangkan untuk memilih koper dengan kapasitas satu ukuran lebih besar.

Perhatikan Aturan ukuran koper yang bisa dibawa ke kabin pesawat.

Ukuran barang yang boleh dibawa ke dalam kabin pesawat biasanya ditentukan oleh jumlah kursinya. Untuk pesawat yang kursinya kurang dari 100, Anda akan diperbolehkan membawa barang berukuran 45 x 35 x 20 cm dengan jumlah ukuran tiga sisi kurang dari 100 cm.

Sedangkan pesawat terbang dengan 100 kursi atau lebih, biasanya peraturan untuk bagasinya adalah 55 x 40 x 25 cm dengan total kurang dari 115 cm. Perhatikan juga berat total bagasi, termasuk yang bisa dibawa ke dalam kabin adalah sekitar 10 kg. Oleh sebab itu, pastikan bagasi Anda mengikuti peraturan untuk dapat dibawa ke kabin.

Namun, masing-masing perusahaan penerbangan bisa jadi memiliki peraturan yang berbeda. Jadi, jangan lupa untuk terlebih dahulu mengecek keterangan maskapai penerbangan yang akan Anda gunakan.

Baca juga  Lampu Emergency Terbaik.

Perhatikan cara buka-tutup koper dengan pertimbangan keamanan dan kemudahan penggunaan.

Bagian pembuka dan penutup koper juga terdiri dari tipe yang menggunakan ritsleting atau tipe rangka yang keras. Jenis ritsleting tergolong lebih ringan dan memungkinkan Anda untuk mengeluarkan barang bawaan dari dalam koper dengan sangat mudah hanya di bagian ritsletingnya saja yang dibuka.

Jadi, Anda tidak perlu membuka tas secara keseluruhan ketika berada dalam perjalanan. Meskipun tipe rangka yang keras tergolong lebih berat, tetapi bahannya lebih kuat dan lebih terjamin keamanannya dibandingkan tipe ritsleting.

Meskipun ada beberapa resiko koper dengan tipe ini terbuka secara tidak sengaja saat dalam perjalanan, Anda juga bisa memasangkan sabuk khusus untuk mencegah agar hal tersebut tidak terjadi.

Perhatikan juga jumlah dan kestabilan roda.

Roda pada koper jumlahnya beragam, mulai dari 2 hingga 8 roda. Koper dengan jumlah roda yang sedikit akan lebih leluasa perputarannya, akan tetapi lebih menyulitkan untuk diangkat jika beban koper cukup berat. Namun sebaliknya, koper yang rodanya banyak biasanya membuat manuver dengan putaran yang kecil sehingga menjadi lebih sulit.

Namun, koper jenis ini akan memudahkan Anda menarik koper yang berat sekalipun. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk memilih jenis koper sesuai dengan berat bagasi yang harus diisi dan jarak yang Anda tempuh dengan berjalan kaki sambil membawa koper tersebut.

Selain itu, koper yang memiliki roda berukuran besar juga akan lebih stabil saat dibawa. Jangan pilih roda yang terlalu kecil. Memilih roda yang tidak mengeluarkan suara berisik ketika diseret sambil berjalan juga sangat penting untuk diperhatikan.

Anda tentu akan merasa sangat tidak nyaman jika dianggap terlalu berisik saat menyeret koper sambil berlari. Jadi, periksalah terlebih dahulu penjelasan atau review dari para pengguna terkait keterangan roda pada koper yang ingin Anda beli.

Baca juga  Speaker Bluetooth Terbaik

TSA locks, aman saat bepergian ke Amerika Serikat.

Di Amerika Serikat, sejak serangan teroris 9/11, pemeriksaan bagasi semakin diperketat. Jika koper Anda dipasangi kunci, ada kemungkinan koper tersebut akan diperiksa secara acak dengan cara merusak kuncinya. Dan sayangnya tidak ada jaminan untuk kunci yang sudah rusak.

Kunci yang memenuhi standar TSA (Transportation Security Administration) hadir untuk menghindari hal semacam itu. Sebagai tambahan informasi, kunci TSA lock adalah gembok yang bisa dibuka dan ditutup dengan menggunakan kunci khusus dari pegawai TSA yang berwenang di bandara tanpa merusak gemboknya.

Selain terjamin keamanannya, kunci TSA juga dibuat berdasarkan kerjasama antara TSA dengan beberapa perusahaan. Anda bisa membeli gembok ini di mana saja, tetapi jangan lupa untuk memperhatikan keasliannya.

Jadi, sangat dianjurkan untuk memilih koper dengan kunci yang memiliki logo TSA ini ketika Anda akan bepergian ke Amerika Serikat.

Berikut Ini Beberapa Pilihan Koper Terbaik :

1. President Luggage Travel Hardcase HEXA 5282.

Produk ini terbuat dari material bahan SPC (Smart Polycarbonate) yaitu polimer organik pembentuk plastik dengan kekuatan yang dapat menahan tekanan dalam skala tertentu. Untuk keamanan, koper ini dilengkapi dengan kunci TSA dan resleting anti pencuri.

Koper ini memiliki ukuran di atas rata-rata, yaitu 28 inch dengan dimensi 53 x 31 x 76 cm, sehingga cocok digunakan untuk membawa banyak barang bawaan saat travelling ke luar negeri.

2. Polo Fiber Hardcase.

Selain terbuat dari material ABS, tas ini juga dilengkapi dengan kunci kombinasi 3 angka untuk keamanan. Kelebihan lainnya adalah 4 roda yang dapat berputar 360 derajat sehingga mudah membawa koper dalam posisi apapun. Tas berukuran 35 X 25 X49 cm atau 20 inch ini memiliki desain yang praktis dan ergonomis, cocok digunakan untuk travelling.

Baca juga  Deterjen Terbaik

3. Elle-31199.

Koper sebesar 20 inch ini terbuat dari Polycarbonate berkualitas tinggi yang tahan terhadap goresan dan benturan. Koper metalik ini semakin mempertegas gaya fashion kamu saat bepergian. Fitur keamanannya adalah kunci kombinasi yang dapat kamu atur sendiri. 4 roda putar dengan rotasi 360 derajat semakin memudahkanmu membawa koper ini dalam medan halus maupun bergelombang.

4. President TSA 5259A.

Tas koper ini memiliki kapasitas yang besar, yaitu 20 inch. Terdapat kantong tambahan di bagian depan dengan ukuran cukup besar yang dilindungi oleh resleting, sehingga mudah diakses. Tas ini terbuat dari material ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) yang kuat dan elastis sehingga membuatnya lebih tahan air dan tahan debu. Barang-barang kamu dijamin aman deh dalam koper ini!

5. Ace. Japan Gralain.

Koper softcase trolley dari Jepang ini cocok untuk perjalanan singkat selama 1-2 hari. Meskipun sederhana dengan ukuran 17 inch, aksesorisnya memberikan kesan elegan. Koper ini jadi salah satu koper favorit anak muda maupun orang dewasa di Jepang.

Selain itu, juga dilengkapi dengan gembok TSA dengan 3 kombinasi angka. Jangan khawatir jika ada kerusakan, karena koper ini juga punya garansi 5 tahun untuk perbaikan spare part.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here