Terakurat – Kota Terdingin di Indonesia – Indonesia merupakan negara yang berada di garis katulistiwa sehingga membuat negara kita ini memiliki iklim tropis. Berbeda dengan negara lainnya yang dalam waktu setahun saja memiliki empat musim, Indonesia sendiri hanya memiliki dua musim saat yaitu musim hujan dan kemarau. Hal ini menyebabkan perbedaan waktu antara malam dan siang terbagi rata, masing-masingnya 12 jam.

Salah satu hal yang membuat Indonesia spesial adalah selalu adanya Matahari di setiap hari. Keunikan ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari luar negeri yang udaranya tak sehangat di Indonesia.

Dibalik cuaca yang hangat tersebut, Indonesia memiliki sejumlah kota yang diketegorikan sebagai kota terdingin. Berikut ini ulasan mengenai kota terdingin di Indonesia.

Mulia, Puncak Jaya, Papua

Mulia merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Puncak Jaya Wijaya, Provinsi Papua. Berada di ketinggian 2.448 mdpl dan luas 833 km2, Mulia menjadi kota paling dingin yang berada di Indonesia. Meski begitu, cukup banyak wilayah yang tinggal di kota tersebut. Bahkan jumlah penduduknya mencapai 24.649 jiwa.

Pada siang hari suhu normal di kota Mulia berkisar antara 15-200 sementara pada malam hari bisa mencapai hingga 100  celcius. Lokasinya yang berdekatan dengan Puncak Jaya Wijaya menjadikannya memiliki suhu udara yang dingin. Selain itu, berdasarkan data BMKG curah hujan terjadi sepanjang tahunnya sehingga membuatnya memiliki julukan sebagai kota terdingin di Indonesia.

Wonosobo, Jawa Tengah

Wonosobo merupakan kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Kota ini berada di ketinggian 2.000 mdpl. Salah satunya destinasi yang paling terkenal adalah Dataran Tinggi Dieng yang jaraknya kurang lebih tiga jam dari pusat kota yang banyak menyajikan objek wisata menarik untuk dikunjungi.

Baca juga  Group Band Guyon Waton, Berawal Dari Iseng Hingga Menjadi Terkenal

Pada saat siang hari, suhu di Wonosobo bisa mencapai 18, sementara pada malam hari bisa mencapai 18. Bahkan di Dataran Tinggi Dieng bisa jauh lebih dingin dengan suhu yang mencapai 15 pada siang hari dan pada malam hari mencapai 8.

Waghete, Deiyai, Papua

Wahete merupakan wilayah yang berada di Kabupaten Deiyai, Papua yang berada di ketinggian 2.200 mdpl. Untuk sampai di Waghete, masyarakatnya sendiri memilih untuk menggunakan jalur udara demi mempersingkat waktu. Terdapat bandara kecil yang digunakan sebagai lokasi pendaratan pesawat sipil dan militer.

Pada saat siang hari, suhu di Waghete berada di angkat 150 celcius. Sedangkan pada malam harinya akan turun di angka 100 celcius. Jika dibandingkan dengan kota-kota besar di pulau jawa yang berkisar antara 32-350 pada siang hari, disana rasanya akan tetap sejuk meskipun matahari sedang terik-teriknya.

Berastagi, Karo, Sumatera Utara

Berastagi merupakan salah satu wilayah yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Wilayah ini sudah terkenal dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Berada di ketinggian 1.300 mdpl dan diapit oleh Gunung Sibayah dan Gunung Sinabung, menjadikannya salah satu wilayah terdingin di Indonesia.

Suhu di Berastagi pada siang hari berkisar 25-28 sedangkan pada malam hari bisa mencapai 21. Sekilas perbedaannya dengan kota-kota besar memanglah tidak terlalu signifikan, akan tetapi lokasinya yang diapit gunung dan berada di tempat yang tinggi menjadikan udara terasa jauh lebih dingin di Berastagi.

Mamasa, Sulawesi Barat

Kabupaten mamasa merupakan sebuah daerah yang berada di wilayah Sulawesi Barat. Kota ini tepatnya berada di daerah dengan ketinggian rata-rata 1.200 mdpl dan puncaknya berada 1.900 mdpl. Untuk sampai ke Kabupaten Mamasa ini, dapat ditempuh perjalanan darat dari Makasar dan memakan waktu sekitar enam jam.

Baca juga  Game Android Terbaik Yang Wajib Kamu Mainkan di 2020!

Suhu di Kabupaten Mamasa pada siang hari berkisar antara 23-27 celcius. Sedangkan pada malam harinya bisa mencapai 160 celcius. Daerah ini merupakan kawasan pembangunan ekonomi terpadu di Sulawesi Barat.

Mamasa sendiri dikenal sebagai daerah penghasil sapi, kuda dan kerbai terbaik di sulawesi, selain itu daerah ini juga dikenal sebagai penghasil kopi dan kakao.

Nah, itulah beberapa kota terdingin di Indonesia yang mampu menarik turis asing karena dinginnya udara di beberapa kota tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here