terakurat.comcovid-19– Kita sepertinya harus belajar dari cina dalam menghadapi serangan wabah. yang besar seperti Corona. Pengalaman yang dimiliki Cina patut dibagikan, karena mereka tahu apa yang harus dilakukan. Mulai dari cara melindungi diri mereka sendiri, bagaimana mereka melindungi keluarga mereka, dan hal-hal perlu mereka lakukan secara kolektif untuk mengendalikan musibah ini.

Sekarang ini dunia sedang berperang melawan wabah COVID-19. Dan Cina Memiliki pengetahuan dan pengalaman paling banyak tentang virus yang mewabah di negaranya itu. Jumlah kasus di dunia, berdasarkan data terkini 135.836 orang yang terpapar virus corona. Dari jumlah tersebut, 4.990 (7%) orang dilaporkan meninggal, namun 70.427 (93%) orang dinyatakan sembuh.

Akan tetapi, di seluruh dunia virus baru ini masih menyebabkan kepanikan. Apa yang telah dilakukan Cina dalam menghadapi hari-hari awal wabah yang kritis sepertinya ampuh. Berikut ini lima hal yang dilakukan Cina hingga berhasil menurunkan tingkat penyebaran COVID-19 dan membalikkan situasi.

1. Lockdown atau Isolasi Wilayah Dalam Tiga Hari.

Pemerintah Cina memerintahkan orang-orang di Wuhan, tempat virus korona pertama kali ditemukan agar tidak meninggalkan kota. Itu merupakan keputusan yang sulit untuk dibuat, dan Cina mengambil keputusan tersebut dalam waktu kurang dari tiga hari setelah terbukti bahwa penularan dari manusia ke manusia telah terjadi.

2. Rumah Sakit Darurat Dibuat Dalam Sepuluh Hari.

Membangun rumah sakit dalam sepuluh hari dari awal bukanlah hal yang mudah. Namun, hampir setiap rumah sakit di wuhan kebanjiran pasien dan jumlah pasien yang terinfeksi baru, hanya ada satu pilihan yang tersedia. Yaitu adalah membangun lebih banyak rumah sakit. Normalnya diperlukan 6 hingga 8 bulan untuk membangun sebuah rumah sakit baru.

Baca juga  Rekomendasi Obat Asam Urat Alami Paling Ampuh

Fasilitas pertama Cina yang dibangun di wuhan ini memiliki 1.000 tempat tidur dan 30 unit perawatan intensif. Cina mengerahkan staf militer dan medis dari seluruh negeri untuk membantu membangun dan mengoperasikan rumah sakit. Jadi sekali lagi, pelajaran yang dipetik di sini adalah kecepatan adalah prioritas utama.

3. Karantina Diri Sendiri Selama 14 Hari.

Jika kamu berhubungan dengan orang-orang yang bepergian dari provinsi Hubei, berbagi kamar dengan orang-orang yang telah bepergian ke luar kota, suhu tubuh di atas 37,3 derajat celcius, dan jika kamu memiliki orang-orang terdekat yang terinfeksi COVID-19 maka kamu harus dikaratina selama 14 hari, mengapa? karena itulah masa inkubasi COVID-19, menurut para ilmuwan.

4. Kontrol Kegiatan Sehari-hari.

Bagi mereka yang memutuskan untuk tidak bepergian dan tinggal di tempat mereka sekarang, tidak cukup mudah. Bioskop, taman, museum dan galeri seni semuanya ditutup dan hanya segelintir restoran saja yang tetap buka pada minggu-minggu pertama wabah ini merebak.

Bisnis hanya beroperasi di toko-toko dan supermarket itupun harus menggunakan masker. Kamu juga harus mengukur suhu tubuh di pintu saat masuk ke suatu tempat tertentu. Bahkan di lingkungan tertentu, penduduk harus mengisi formulir dengan informasi tentang tempat-tempat yang telah mereka kunjungi, transportasi umum yang telah mereka gunakan dan orang-orang yang pernah berhubungan dengannya.

5. Kerja Dari Rumah.

Wabah yang belum pernah terjadi sebelumnya ini cukup memberikan pukulan berat bagi perekonomian Cina. jadi untuk menghentikan hal itu kita tidak bisa hanya tinggal di rumah dan tidak melakukan apa-apa. Orang-orang tidak hanya sekedar duduk di rumah, mereka bekerja dari rumah. Mereka juga tidak cuma menyelesaikan pekerjaan mereka secara online, berbelanja, memesan makanan, dan bersosialisasi tanpa menjejakkan kaki di luar.

Baca juga  Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan & Kesehatan Kulit

Virus Corona merupakan ancaman global bagi semua manusia, dan pada tahap ini kecepatan adalah hal terpenting dalam pencegahan. Kita harus tahu tindakan pencegahan apa yang harus diambil, karena hidup ini terlalu berharga untuk dilewatkan.

Itulah tadi langkah-langkah yang dilakukan Cina untuk menghentikan penyebaran COVID-19. Bagaimana dengan Indonesia?

Selain berdoa, kita juga wajib menjaga kebersihan dan daya tahan tubuh. Mencuci tangan dengan benar, jangan sembarangan menyentuh area wajah, gunakan masker diluar rumah jika kamu dalam keadaan sakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here