Manfaat Cuka Sari Apel – Meskipun popularitasnya baru-baru ini meningkat, manfaat cuka sari apel telah dikenal selama berabad-abad. Cuka sari apel terbuat dari sari apel yang telah difermentasi untuk membentuk probiotik dan enzim yang meningkatkan kesehatan, sehingga lebih rendah gula dan kalori daripada sari apel atau jus apel.

Hanya dengan satu sendok makan cuka sari apel, Anda sudah bisa merasakan khasiat cuka sari apel dan setiap sendok makan hanya mengandung 3-5 kalori.

Kandungan Cuka Sari Apel

Tidak perlu mengkonsumsi dalam jumlah banyak, hanya perlu sekitar satu sendok makan untuk merasakan manfaatnya. Berikut adalah nutrisi dalam cuka sari apel:

  • Magnesium
  • Besi
  • Fosfor
  • mangan
  • Asam amino
  • antioksidan
  • Kalori (3 kalori per sendok)

Manfaat Kesehatan dari Cuka Sari Apel

Dengan kandungannya, cuka sari apel telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan mencegah beberapa penyakit berbahaya, serta program diet untuk menurunkan berat badan. Berikut daftar manfaat cuka sari apel yang bisa kita cicipi:

1. Penurunan berat badan

Pakar kesehatan merekomendasikan cuka sari apel untuk membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat. Tetapi apakah cuka sari apel benar-benar baik untuk menurunkan berat badan? Ada banyak penelitian yang membuktikan manfaat cuka sari apel untuk menurunkan berat badan.

Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi hanya dua sendok makan cuka sari apel selama 12 minggu menghasilkan hampir 2 kilogram (kg) penurunan berat badan dibandingkan makanan diet dan gaya hidup lainnya. Studi menunjukkan bahwa cuka sari apel juga dapat meningkatkan rasa kenyang, yang dapat membantu mengurangi asupan dan meningkatkan penurunan berat badan.

Faktanya, satu penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi cuka sari apel mengurangi asupan kalori sebesar 275 kalori sepanjang hari.

Baca juga  Caleg Artis PDIP di Pemilu Legislatif 2019

Namun, hanya karena cuka sari apel bermanfaat untuk menurunkan berat badan tidak berarti harus digunakan sendiri sebagai solusi penurunan berat badan yang cepat.

Untuk benar-benar melihat hasilnya, pastikan untuk mengonsumsinya dan memadukannya dengan pola makan dan gaya hidup sehat.

2. Membunuh Bakteri

Cuka sari apel dapat digunakan untuk mendisinfeksi luka dan mencegah infeksi. Cuka sari apel juga dapat menghambat pertumbuhan dan membunuh kuman seperti Escherichia coli (E. coli) penyebab diare.

Anda juga bisa menggunakan cuka sari apel untuk mengawetkan makanan dengan cara alami agar tahan lebih lama.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali dan kerusakan sel jaringan yang sehat.

Cuka sari apel mengandung beta-karoten dan antioksidan yang bekerja untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas ditemukan dalam polusi kendaraan, radiasi ultraviolet dan asap rokok.

4. Mencegah Masalah Kesehatan Kulit

Jika Anda menderita jerawat atau eksim, cobalah menggunakan apel untuk mengobati berbagai kondisi kulit.

Sifat antibakterinya dapat digunakan untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat dan mencegah munculnya bintik-bintik yang disebabkan oleh bakteri. Cuka sari apel juga dapat mengembalikan pH kulit, sehingga ideal untuk meredakan gejala eksim.

5. Mengatur kadar gula darah

Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi cuka ternyata dapat menurunkan kadar gula darah rata-rata, dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa memberikan cuka sari apel pada tikus diabetes selama empat minggu secara signifikan menurunkan kadar gula darah mereka.

Cuka sari apel juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Insulin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengangkut gula dari darah ke jaringan di mana ia dapat digunakan sebagai bahan bakar.

Baca juga  Lembaga Survei Charta Politik Merilis Hasil Survei Caleg DKI 1

Tingkat insulin yang tinggi dapat menyebabkan resistensi insulin, yang mengurangi efektivitasnya dan menyebabkan gula darah tinggi dan diabetes.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Diabetes Care menunjukkan bahwa mengkonsumsi cuka membantu secara signifikan meningkatkan sensitivitas insulin hingga 34% pada diabetes tipe 2 atau resistensi insulin.

Untuk menjaga gula darah tetap stabil, coba campurkan satu hingga dua sendok makan cuka sari apel dalam 200 mililiter (ml) air dan konsumsi sebelum makan.

Juga, pastikan untuk mengatur asupan karbohidrat Anda, tingkatkan asupan serat dan makanan berprotein, dan lakukan banyak aktivitas fisik secara teratur untuk menurunkan gula darah Anda lebih jauh.

6. Mengatasi Sembelit

Jika Anda memiliki masalah pencernaan seperti sembelit atau perut kembung, cobalah pengobatan alternatif cuka sari apel.

Cuka sari apel mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan usus dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Asam juga membantu proses penyerapan nutrisi dari makanan. Menggunakan cuka sari apel sesuai aturan dapat membantu mengatasi sembelit.

7. Meningkatkan Stamina

Mengkonsumsi cuka sari apel setiap pagi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah perkembangan bakteri dan kuman penyebab penyakit.

Ini akan membantu meredakan gejala pilek seperti sakit tenggorokan dan meredakan gejala sinus.

8. Mencegah Kolesterol

Penumpukan kolesterol jahat merupakan sumber penyakit jantung dan stroke.

Manfaat cuka sari apel antara lain kaya akan antioksidan alami untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL) tubuh.

Konsumsi ini juga dapat mengendurkan pembuluh darah, sehingga mengontrol tekanan agar tidak meningkat dengan cepat.

9. Mengobati bau kaki

Bau badan yang tidak sedap bisa membuat seseorang kurang percaya diri. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti sepatu kotor, produksi keringat tubuh yang berlebihan, bakteri atau jamur.

Baca juga  Fakta Mengerikan Tragedi Ledakan Di Libanon!

Untuk mengatasi bau badan akibat jamur dan bakteri, Anda bisa merendam kaki dalam campuran air hangat dan secangkir cuka sari apel.

10. Mengatasi Infeksi Jamur

Antiseptik dalam cuka sari apel dapat digunakan untuk mengobati penyakit jamur yang menyebabkan keputihan.

Penggunaannya sangat mudah, Anda hanya perlu menambahkan 1 cangkir cuka sari apel ke dalam bak mandi selama 3 hari.

Cara Mengkonsumsi Cuka Sari Apel

Selain digunakan sebagai bahan pelengkap dalam masakan. Cuka sari apel juga bisa dikonsumsi langsung dengan mencampurkannya ke dalam segelas air hangat.

Meskipun cuka sari apel sehat dan aman bagi kebanyakan orang, mengonsumsinya dalam jumlah besar dapat memiliki efek kesehatan yang negatif. Efek samping cuka sari apel termasuk erosi email gigi, rasa terbakar pada tenggorokan atau kulit, dan penurunan kadar kalium. Pastikan Anda selalu melarutkan cuka sari apel dalam air dan tidak langsung meminumnya, agar tidak menimbulkan efek samping negatif. Anda juga harus mulai dengan dosis rendah untuk dapat mengukur sensitivitas tubuh atau kulit Anda.

Pastikan Anda mengonsumsi makanan bergizi dan gaya hidup sehat untuk benar-benar melihat hasilnya. Yuk, coba dan rasakan manfaat cuka sari apel untuk kesehatan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here