Terakurat – Obyek wisata Jambi – Jambi merupakan salah satu wilayah di pulau Sumatera yang menawarkan berbagai destinasi wisata menarik untuk dijelajahi selama liburan Anda.

Tidak hanya wisata alam dan wisata buatan, Anda juga bisa menemukan wisata sejarah seperti Candi Tinggi dan Candi Muaro Jambi.

Banyaknya kunjungan sejarah tersebut tidak terlepas dari fakta bahwa Jambi pernah menjadi wilayah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya. Panorama alam yang tersaji di Jambi juga sangat eksotis dan megah.

Tidak heran banyak dari wisata bagus ini mampu menghasilkan warga negara dan orang asing. Nah, jika Kamu berencana mengunjungi Jambi, simak dulu rekomendasi obyek wisata Jambi di bawah ini!

Obyek wisata Jambi terkenal dan bagus

1. Taman Mini Jambi

Bagi Anda yang menyukai budaya, Taman Mini Jambi adalah pilihan objek wisata yang tepat untuk Anda!

Konsep wisata ini mirip dengan Taman Mini yang terletak di Jakarta. Bedanya, destinasi wisata ini menampilkan beragam rumah adat dan miniatur candi khas daerah Jambi.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati jembatan gantung yang sudah dibangun di tempat wisata ini. Wah, menarik bukan?

  • Lokasi: Sungai Lilin, Kec. Tanah Sepenggal Lintas, Kab. Bungo, Jambi.
  • Jam Operasional: Senin-Kamis 08:00-15:00 WIB, Jumat 07:15-11:00 WIB

2. Geopark Merangin

Pemandangan destinasi wisata ini akan membuat Anda terpesona. Lokasinya berada di daerah pegunungan, Desa Air Batu, Jambi.

Selain menyejukkan mata, tempat wisata ini juga sering dijadikan sebagai area arung jeram dan olahraga ekstrim, Kamu. Di sini Anda juga bisa melihat berbagai fosil hewan dan tumbuhan yang hidup selama 350 juta tahun.

Fasilitas dan akomodasi yang disediakan juga bisa dibilang cukup lengkap untuk kebutuhan transportasi dan akomodasi, lho.

  • Lokasi: Desa Air Batu, Kec. Renah Pembarap, Kab. Merangin, Jambi.
  • Jam buka: 24 jam
Baca juga  Profil Putra Nababan

3. Gentala Arasy

Gentala Arasy adalah museum budaya populer sebagai simbol Islam di kota Jambi. Wisata museum di Jambi ini menyimpan ratusan koleksi artefak sejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan Islam di Jambi. Koleksi tersebut diperoleh dari para ulama yang mendonasikan, membeli atau meminjamnya dari beberapa institusi.

Kamu bisa jalan-jalan sambil mengagumi pemandangan sore atau malam hari di atas jembatan yang dibangun di dekat tempat wisata di Jambi ini yaitu Jembatan Gentala Arasy.

Jembatan yang dibangun dengan anggaran delapan puluh delapan miliar rupee ini menawarkan pemandangan lampu yang sangat indah di malam hari.

  • Lokasi: Arab Melayu, Pelayan, Arab Melayu, Pelayan, Kota Jambi, Jambi
  • Jam buka: Senin sampai Jumat 8:00 sampai 16:00; Sabtu-Minggu 8.00-13.00

4. Tugu Juang

Indonesia merdeka secara de facto pada 17 Agustus 1945. Namun, pada saat itu Belanda masih berusaha menguasai Indonesia hingga agresi militer Belanda II yang terkenal muncul dalam sejarah pada tahun 1946.

Tugu Juang merupakan monumen yang menjadi daya tarik perjuangan rakyat Jambi pada masa agresi militer.

Di puncak tugu objek wisata di Jambi ini terdapat patung seorang pria memegang bambu runcing yang melambangkan perjuangan rakyat saat itu.

Kamu bisa melihat relief-relief sejarah perjuangan rakyat Jambi melawan Belanda pada masa agresi militer. Objek wisata Jambi merupakan tempat yang tepat untuk berfoto dan belajar tentang sejarah masyarakat Jambi.

  • Lokasi: Jalan HOS. Cokroaminoto, Selamat, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi
  • Jam buka: 24 jam

5. Tugu Pers

Pers merupakan bagian penting dari negara. Tanpa kebebasan pers, negara akan cenderung otoriter dan sewenang-wenang dalam pengelolaannya.

Selain itu, orang-orang yang bebas dan bertanggung jawab juga membantu mengedukasi masyarakat tentang isu-isu terkini dan isu-isu penting yang luput dari perhatian.

Baca juga  Berbagai Tradisi Imlek Di Indonesia.

Oleh karena itu, untuk kebebasan pers di kota Jambi, monumen pers yang terkenal itu dibangun pada Februari 2012. Kamu bisa berfoto dengan latar belakang destinasi wisata Jambi ini.

Di sekitar tempat wisata Tugu Press juga terdapat banyak kuliner yang bisa anda coba sambil mengagumi pemandangan kota.

  • Lokasi: Jl. Sultan Agung, Lb. Bandung, PS. Jambi, Kota Jambi, Jambi
  • Jam buka: 24 jam

6. Jambi Paradise

Jambi Paradise merupakan salah satu tempat wisata di Jambi berupa waterpark yang bisa anda kunjungi di kota Jambi. Tidak hanya menyediakan tempat bermain air, Anda juga bisa berjalan-jalan santai dengan pemandangan yang indah.

Jika Anda memilih untuk bersantai bersama keluarga, Jambi Paradise bisa menjadi salah satu tempat wisata di Jambi yang paling populer dan terkenal untuk Anda.

  • Lokasi : Desa Talang Belido, Kebon IX, Simpang Acai, Sungai Gelam, Mekar Jaya, Sungai Gelam, Kota Jambi, Jambi
  • Jam buka: 10:00 pagi – 6:00 sore

7. Pasar Keramik Sitiman

Keramik adalah kerajinan yang terbuat dari tanah liat melalui proses pembakaran setelah dibentuk oleh pengrajin. Biasanya keramik dibuat untuk digunakan sebagai vas, kendi atau hiasan lainnya.

Kamu bisa melihat keramik dengan desain dan ukiran yang indah di objek wisata belanja Jambi ini. Keramik-keramik tersebut sebagian besar diproduksi oleh tangan-tangan pengrajin lokal ternama di Jambi.

Jika Kamu sedang mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Jambi, datanglah ke tempat wisata Pasar Keramik Sitiman Jambi!

  • Lokasi: Jl. Dokter Wahidin, Ps. Jambi, Kota Jambi, Jambi
  • Jam buka: 24 jam

8. Air Terjun Sagerincing

Jika Kamu merindukan nuansa alam dan gemuruh air terjun yang menyaksikan, Air Terjun Sagerincing adalah jawabannya.

Baca juga  Pelabuhan Patimban Diresmikan Presiden Jokowi!

Objek wisata Jambi yang terkenal termasuk wisata alam ini memiliki suasana air terjun yang alami. Kamu bisa berenang atau sekedar bermain air bersama teman atau keluarga di tempat wisata ini.

  • Lokasi: Tuo, Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi
  • Jam buka: 24 jam

9. Museum Siginjei

Museum ini juga menjadi salah satu daftar tempat wisata populer di Jambi, terutama saat hari libur. Museum ini dibangun pada tahun 1981 oleh Masjchun Syofwan, SH yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Jambi.

Wisata museum di Jambi ini didirikan dengan semangat untuk menjaga budaya Jambi agar tidak luntur dari generasi ke generasi.

Ada banyak koleksi yang bisa Anda lihat dan pelajari di Museum Siginjei, mulai dari koleksi yang berkaitan dengan geologi Jambi hingga arkeologi.

  • Lokasi: Jl. Jenderal Urip Sumoharjo, Sungai Putri, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi
  • Jam Operasional: Hari kerja 07:30-16:00; Hari libur 07.30 – 12.00

10. Air Terjun Arai yang Indah

Tempat wisata air terjun di jambi yang terkenal dengan pemandangan yang sangat indah sebagai tempat wisata alam.

Anda bisa berlibur ke Air Terjun Aral Indah saat musim hujan karena debit air akan lebih tinggi dari biasanya. Namun usahakan datang saat cuaca cerah agar Anda bisa lebih jelas menikmati pemandangan alam sekitar, yaitu air terjun.

  • Lokasi: Mukai Pintu, Siulak, Kabupaten Kerinci, Jambi
  • Jam buka: 24 jam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here