Lidah buaya sering disebut juga Aloe vera. Merupakan sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam. Biasanya sering digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit.

Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri. Misalnya dalam industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.

Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia. Tanaman ini mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. Berdasarkan hasil penelitian, lidah buaya kaya akan kandungan zat-zat yang bagus untuk kesehatan. Seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Selain itu, menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002). Tanaman lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Selain menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes. Mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS.

Kandungan Dalam Lidah Buaya.

Salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon. Fungsinya untuk mengaktivasi jenjang sinyal insulin. Seperti pencerap insulin-beta dan -substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta. Sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.

Sama seperti negara-negara Amerika, Australia, dan Eropa. Saat ini lidah buaya juga telah dimanfaatkan sebagai bahan baku industri, makanan dan minuman kesehatan. Aloe vera/lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D. Juga tidak mengandung mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim.

Baca juga  Waspadai! Penyakit Lupus Pada Wanita Usia Produktif

Penggunaan Lidah Buaya Untuk Perawatan Kulit.

Aloe vera juga dapat menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan, peremajaan kulit. Aloe vera juga mengandung asam folik yang melindungi sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tubuh yang seringkali terefleksi pada kulit.

Dengan beragam manfaat yang terkandung dalam lidah buaya, pemanfaatannya kurang optimal oleh masyarakat yang hanya memanfaatkannya sebagai penyubur rambut. Di India lidah buaya banyak dikonsumsi masyarakat sebagai makanan ringan harian dan sebagai kosmetik alami.

Salah satu masalah rutin yang kerap menimpa manusia seperti komedo bisa diatasi oleh lidah buaya. Caranya pun cukup sederhana hanya dengan mengupas lidah buaya dan ambil intinya yang berupa lendir tersebut. Caranya dengan membasuhkan lendir lidah buaya ke area komedo. Lidah buaya berkhasiat menghaluskan dan mempercepat proses penyembuhan kulit.

Selain untuk penyembuhan, lidah buaya juga dapat memberikan kesegaran pada wajah. Sudah sejak lama lidah buaya memang dikenal oleh masyarakat karena memiliki banyak khasiat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Juga untuk kecantikan, wajah, rambut, dan bibir.

Kita sering mendapatkan adanya produk kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar atau bahan campuran. Jadi tidak diragukan lagi khasiat yang luar biasa pada lidah buaya.

Mungkin Anda sudah biasa dan sering menggunakan produk yang menggunakan olahan lidah buaya? Tentu Anda sudah tahu bagaimana bentuk dari lidah buaya itu bukan? Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman yang termasuk dalam famili xanthorrhoeaceae dan termasuk genus aloe.

Tanaman ini banyak ditemukan pada kawasan kering di Afrika. Bentuk tanamannya mirip seperti kaktus, tapi isi daunnya sangat berlendir. Lidah buaya terkenal karena memiliki banyak manfaat. Didalam lidah buaya terdapat kandungan: protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

Baca juga  Fakta Menarik Manfaat Cuka Apel dan Cara Membuatnya

Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut Sebagai Berikut:

1. Lidah buaya bisa untuk menghitamkan rambut.

2. Untuk menguatkan akar rambut.

3. Bermanfaat untuk menghilangkan ketombe.

4. Membuat rambut berkilau

5. Mencegah rambut rontok.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan :

1.Asupan vitamin dan mineral.

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian pembukaan, banyak sekali kandungan lidah buaya yang berguna bagi tubuh kita. Maka dari itu dengan mengkonsumsi lidah buaya, maka kebutuhan vitamin dan mineral kita akan terpenuhi.

2. Sebagai sumber asam amino.

Minuman jus lidah buaya mengandung 7 asam amino dari 8 asam amino yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh secara mandiri. Karena itu, lidah buaya dapat memenuhi kebutuhan asam amino Anda.

3. Menjaga kesehatan kardiovaskular.

Lidah buaya akan membantu meningkatkan kemampuan difusi sel darah merah serta transportasi oksigen sehingga masalah kesehatan kardiovaskular seperti jantung dapat diminimalisir.

4. Mengurangi berat badan.

Seperti yang telah dibahas pada poin 6, bahwa lidah buaya akan sangat membantu proses detoksifikasi, maka secara langsung juha akan membuat proses metabolisme dalam tubuh meningkat sehingga tidak akan ada timbunan lemak dalam tubuh serta pencernaan akan terjaga kesehatannya.

5. Dipercaya membantu proses detoksifikasi.

Tubuh terkadang membutuhkan waktu untuk mengeluarkan semua racun dalam tubuh atau lebih dikenal dengan proses detoksifikasi. Dengan rajin mengkonsumsi lidah buaya, proses detoksifikasi dalam tubuh akan lebih cepat karena dibantu oleh manfaat lidah buaya itu sendiri.

6. Berguna untuk menjaga kadar asam tubuh.

Dengan meminum jus lidah buaya secara rutin, sifat alkalinya akan membantu menjaga kadar asam dalam tubuh atau menyeimbangkan keasaman tubuh.

7. Berfungsi untuk membasmi plak gigi.

Lidah buaya yang digunakan sebagai obat kumur untuk mengurangi dan membasmi plak di gigi memiliki efek yang hampir sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba.

Baca juga  Cara Merawat Payudara Secara Alami

8. Bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Lidah buaya akan membantu penyerapan vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh secara maksimal sehingga kekebalan tubuh akan meningkat. Anda bisa mengkonsumsi lidah buaya dalam bentuk minuman yaitu jus atau suplemen lidah buaya.

9. Lidah buaya untuk mengatasi iritasi.

Kadang tanpa ada sebabnya kulit mengalami iritasi atau radang seperti eksim, psoriasis, atau rosacea. Untuk mengatasi iritasi dan radang tersebut tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengobati dengan menggunakan lidah buaya.

10. Dapat mempercepat penyembuhan luka luar.

Aloe vera atau lidah buaya mengandung zat anti-inflamasi yang berguna untuk menyembuhkan luka luar. Dan juga kandungan anti bakteri di dalamnya efektif melawan infeksi yang disebakan oleh bakteri sehingga mempercepat pemulihan luka.

Untuk Wajah :

Lidah buaya untuk menghaluskan wajah, menghilangkan komedo, mengecilkan pori-pori wajah, membasmi jerawat, mencerahkan kulit wajah, menghilangkan bekas jerawat

Untuk Kulit Tubuh :

Melembapkan kulit, menghilangkan bekas luka di kulit, sebagai tabir surya alami, mencerahkan kulit, mengobati sengatan matahari pada kulit

Untuk Bibir :

Melembapkan bibir, Menghaluskan bibir, Membuat bibir merah alami, untuk kulit bibir pecah-pecah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here