Terakurat – manfaat madu untuk kecantikan – manfaat madu terbaik – Madu adalah bahan manis alami yang yang dihasilkan oleh lebah. Namun tahukah kalian bahwa madu ternyata memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan? Sebenarnya madu memiliki komposisi utama yang terjadi dari air dan gula.

Akan tetapi, ternyata selain dua komposisi tersebut, madu juga memiliki beragam nutrisi lainnya. Madu juga memiliki kandungan asam amino, antioksidan, vitamin dan mineral. Selain itu, kandungan gula pada madu yang didominasi oleh jenis fruktosa (gula alami yang bisa temui pada buah-buahan) memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan pemanis buatan dan memberikan energi yang lebih banyak.

Terakurat - manfaat madu untuk kecantikan - manfaat madu terbaik - Madu adalah bahan manis alami yang yang dihasilkan oleh lebah. Namun tahukah kalian bahwa madu ternyata memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan? Sebenarnya madu memiliki komposisi utama yang terjadi dari air dan gula.

Manfaat Madu

Adanya radikal bebas yang mengancam dan bisa membuat terjadinya gangguan pada sel-sel tubuh dan mengakibatkan penuaan pada kulit. Kandungan antioksidan pada madu mampu menangkal radikal bebas tersebut dan mencegah berbagai gangguan yang disebabkan oleh radikal bebas termasuk penuaan dini.

Tinggi rendahnya kandungan antioksidan pada madu juga dapat kalian amati dari warna madu. Diyakini jika warna semakin gelap pada madu, maka semakin tinggi juga kandungan antioksidan yang ada didalamnya.

Mengenal Manfaat Madu untuk Menyembuhkan Luka

Ternyata madu dapat membantu penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan madu mengandung efek antibakteri dan antiseptik berkat kandungan hidrogen peroksida. Selain itu, pH madu yang bersifat asam (antara 3,2 – 4,5) dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

Manfaat madu juga karena kandungan anti radang dan kemampuan untuk menyamarkan bekas luka. Hal ini karena madu memiliki kemampuan untuk

  1. Mempercepat perbaikan pada pembuluh darah(kerusakan saat terjadinya luka),
  2. Membantu mempercepat pertumbuhan lapisan kulit,
  3. Meningkatkan kolagen untuk perbaikan kulit,
  4. Mencegah bekas luka dan keloid.
Baca juga  Tips Memilih Eyeliner yang Bagus!

Karena manfaat manfaat unik inilah madu seringkali digunakan sebagai salah satu terapi untuk membantu penyembuhan luka dan kerap terkandung dalam komposisi untuk mengatasi luka akibat terbakar atau pun akibat goresan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here