terakurat.comramuan– Kamu pasti sudah mengetahui bumbu dapur dan rempah-rempah sangat banyak ditemukan di Indonesia. Misalnya saja jahe dan serai yang mempunyai aroma khas dan sering dijadikan sebagai bumbu dapur.

Selain untuk memasak, jahe yang memiliki nama latin Zingiber officane sudah terkenal sejak dulu sebagai obat herbal untuk menyembuhkan penyakit, dan berkhasiat untuk menghangatkan tubuh. Jahe memiliki rasa yang khas, yaitu rasa pedas yang berasal dari senyawa keton bernama zingeron.

Kombinasi jahe dicampur dengan serai atau sereh akan lebih efektif mengatasi berbagai masalah kesehatan loh. Bagian batang tanaman serai ini sering dimanfaatkan untuk penyedap atau pengharum masakan. Tapi di balik manfaat serai sebagai bumbu penyedap, ternyata tanaman ini mempunyai manfaat untuk tubuh.

Serai yang memiliki nama latin Cymbopogon citratus. Memiliki kandungan yang sangat beragam. Adapun kandungan dalam serai di antaranya asam folat, riboflavin, vitamin A, vitamin C, kalium, besi, mangan, dan lain-lain. Serai memiliki berbagai sifat seperti antijamur, antipereretik, analgesik, serta antioksidan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh.

Ramuan Jahe kunyit memiliki sejumlah kualitas antimikroba, antibakteri, anti-jamur, dan antiseptik. Hal ini membuatnya menjadi bantuan sistem kekebalan tubuh yang sangat baik.

Jika kamu menderita kekebalan tubuh yang lemah dan sering pilek, teh herbal ini dapat dijadikan solusi. Kombinasi dari bahan-bahan ini akan mempercepat penyembuhan dan menghilangkan infeksi.

Curcumin dan gingerol juga merupakan dua bahan aktif yang paling penting dan memiliki sifat analgesik. Dan dapat menghilangkan rasa sakit di seluruh tubuh.

Juga merupakan tambahan dari sifat anti-inflamasi, yang bisa membantu untuk meredakan nyeri sendi serta ketidaknyamanan lain di otot dan jaringan tubuh lainnya.

Baca juga  3 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

Perawatan Kulit.

Kunyit sering digunakan untuk mengobati kondisi kulit, terutama jerawat dan masalah peradangan seperti psoriasis dan eksim.

Kandungan gingerol dalamnya juga menjadi senyawa antibakteri dan antioksidan yang sangat baik untuk melindungi kulit dari infeksi.

Tidah hanya itu, ramuan ini juga akan merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan mencegah tanda-tanda penuaan, seperti keriput maupun flek.

Menjaga Kesehatan Jantung.

Sejumlah penelitian menemukan bahwa ekstrak jahe dan kunyit bisa menurunkan kadar kolesterol. Terutama kolesterol LDL, yang bertanggung jawab terhadap risiko terbentuknya plak di arteri dan pembuluh darah.

Mengatasi Diabetes.

Dengan menjaga kadar glukosa dan insulin seimbang, ramuan jahe, kunyit, dan serai juga bisa mencegah lonjakan berbahaya dan penurunan gula darah.

Menurunkan berat badan.

Efek ramuan jahe dan serai juga sudah terbukti bisa mengurangi nafsu makan sehingga berperan penting untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Meringankan Peradangan.

Kombinasi dari jahe dan serai ini dapat efektif mengatasi peradangan pada otot, radang sendi dan juga bisa mempercepat penyembuhan. Senyawa antiinflamasi, gingerol pada jahe yang nantinya mengurangi peradangan dan memperluas pembuluh darah sekaligus mengatasi rasa sakit.

Ditambah kandungan senyawa citral dalam sereh dapat menghambat pembentukan asam yang menyebabkan peradangan. Karena itu, mengkonsumsi jahe dan sereh untuk diminum dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan dalam jangka pendek.

Melegakan Tenggorokan.

Meskipun rasanya agak aneh, namun kamu akan cukup banyak merasakan manfaatnya. Saat menelan segelas air rebusan jahe dan serai hangat tenggorokan akan jadi terasa lega dan terasa nyaman. Pernapasan juga akan terasa lebih plong dan segar.

Tidur Jadi Lebih Nyenyak.

Jika kamu meminumnya sesaat sebelum tidur. Segelas ramuan ini ternyata akan membuat tidurmu jadi lebih nyenyak dan berkualitas. Aroma khas serai berfungsi meregangkan otot dan saraf yang tegang, sehingga membuatmu relaks dan tidur dengan lelap.

Baca juga  Langkah-langkah Melakukan Social Distancing.

Mengurangi Rasa Perih di Perut.

Sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang ada pada kunyit mampu mengobati masalah di perut serta pencernaan. Begitu juga dengan jahe sehingga ramuan ini akan membantu masalah pencernaan, mengurangi mual, hingga melawan flu atau pilek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here