Terakurat.com – Misteri Laut di Seluruh Dunia – 70% dari planet bumi yang kita tinggali adalah lautan. Maka tak heran saja apabila laut menyimpan misteri yang menarik, mulai dari kapal hilang hingga monster yang menakutkan.

Berikut ini adalah misteri laut di seluruh dunia yang sebagian diantaranya masih diteliti oleh para ilmuan, namun sebagian besar lainnya masih menjadi Misteri.

Misteri Mary Caleste

Tepat pada tanggal 5 Desember 1872, aak kapal Inggri Dei Gratia melihat sebuah kapal yang terombang ambing sekitar 400 mil dari lepas pantai Azores. Mereka mendekati Mary Caleste untuk menawarkan bantuan, akan tetapi setelah naik ke kapal para awak kapal tersebut terkejut karena kapal tersebut benar-benar tanpa awak. Para anak buah kapal seperti menghilang tanpa jejak.

Padahal barang-barang mereka masih tersimpan di kamar mereka. Begitu juga dengan makanan dan minuman selama enam bulan tidak tersentuh, dan sebagian besar muatan kapal masih berada di tempatnya. Satu-satunya petunjuk adalah kebocoran palka, sekoci yang hilang dan pompa yang rusak.

Sejumlah teori yang dikemukakan termasuk penulis topik kejahatan, Arthur Conan Dolye. Ia menulis sebuah cerita pendek pada tahun 1884 yang meduga anak buah kapal menjadi  korban para perompak yang membalas dendam di kapal tersebut.

Ada lagi yang menduga bahwa pecahnya pompa kapal membuat nahkoda menyuruh anak buah kapal untuk meninggalkan kapal. Masalahnya hingga saat ini nahkoda dan anakbuah kapal tersebut tidak pernah dapat dilacak lagi sehingga masih tetap menjadi misteri.

Segitiga Bermuda

Segitiga bermuda mungki hingga saat ini telah melahirkan lebih banyak teori liar dan diskusi yang menarik dibandingkan dengan misteri samudera lainnya. Bayangkan saja lebih dari 50 kapal dan 20 kapal dikatakan telah menghilang disana. Meskipun segitiga tersebut tidak pernah secara resmi ditetapkan oleh beberapa akun itu mencakup setidaknya 500.000 mil persegi dan terletak antara benua Florida dan Puerto Rico.

Baca juga  Kisah Seram Rumah Sakit Tua di Berbagai Negara!

Misteri pertama kali muncul dalam imajinasi publik pada bulan Desember 1945 ketika 18 muatan penerbangan yang terdiri dari llima pembom torpedo Avenger TBM serta 14 awaknya hilang tanpa jejak selama operasi rutin tersebut.

Selanjutnya dilaporkan pula bahwa salah satu pesawat pencarian dan penyelamatan yang dikirim untuk menemukan tim yang hilang juga ikutan menghilang.

Buku-buku serta artikel yang berjudul Bermuda Triagle karya Charles Berlitz pertama kali diterbitkan pada tahun 1974 telah terjual hingga 30 juta copy dalam 30 bahasa.

Seolah berfungsi menjaga agar misteri tersebut tetaplah hidup, Memberikan teori potensial baik alam maupun supranatural. Cerita tentang segitiga bermuda menjadi kisah yang sepertinya akan terus mempesona.

Kraken

Selama ratusan tahun para pelaut selalu menceritakan kisah tentang makhluk laut besar dengan tentakel yang biasa dikenal sebagai Kraken. Kisah-kisah seputar kraken mistis awal kal dimulai di Scandinavia pada abad ke 12. Kartografer Swedia Olaus Magnus memberikan laporan tentang makhluk laut dengan Tanduk yang panjang dan tajam disekelilingnya.

Kisah tersebut bertahan sering menyebut-nyebut bahwa makhluk yang begitu besar hingga menyerupai sebuah pulau. Dalam bukunya yang berjudul The Natural History of Norway, sejarahwan asal Denmark Erik Ludvigsen Pontoppidan menggambarkan kraken sebgai “monster laut terbesar didunia”.

Para ilmuan telah mengusulkan bahwa kisah-kisah sepereti ini mungkin berasal dari penampakan cumi raksasa yang ditemukan di bagian terdalam samudera selatan disekitar Antartika dan diperkirakan panjangnya 46 kaki.

Masalahnya adalah bahwa hewan tersebut sangatlah langka, sangat sedikit spesimen yang ditemukan utuh dan tidak ada spesimen hidup yang perna diamati, yang berarti membayangkan ukuran pastinya sangatlah sulit. 

Para peneliti juga telah menemukan seekor paus raksasa yang memiliki bekas luka besar dan menyimpulkan ini dampak dari perkelahian antara cumi-cumi raksasa dan paus yang diketahui memiliki kuku yang panjang di ujung tentakel mereka.

Baca juga  Misteri Taured, Negara Misterius Penjelajah Waktu

Monumen Yonaguni

Pada tahun 1986 seorang penyelam yang mencari tempat yang cukup bagus untuk menyaksikan komunitas hiu di lepas pantai kepulauan Ryuku di Jepang menemukan sebuah pemandangan laut yang luar biasa. Daerah tersebut dilaporkan tampak seperti desa kuno yang tenggelan dan sebuah segitiga yang tampaknya terukir dari bebatuan.

Sejumlah peneliti salah satunya ahli geologi kelautan Massaki Kimura berpendapat bahwa tempat itu adalah lingkungan buatan manusia yang jelas. “mungkin sebuah kota yang tenggelam akibat peristiwa gempa bumi yang terjadi di wilayah tersebut” katanya.

Area ini terbuka untuk penyelam Scuba, jadi jika benar-benar penasaran dapat mengikat tangki udara dan memutuskan sendiri.

Baca juga : Misteri Cenote Angelita, yang Menundang Decak Kagum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here