Terakurat.com – Manfaat susu kambing etawa – Terdapat beberapa susu yang memiliki beragam manfaat untuk tubuh, antara lain sapi, kambing dan susu nabati seperti halnya susu almond dan juga susu kedelai. Semua jenis susu memiliki beragam manfaatnya masing-masing, akan tetapi belakangan ini yang mulai di gemari oleh masyarakat adalah susu kambing.

Hal yang membedakan antara susu kambing dari susu lainnya adalah rasa serta kandungan yang dipercaya lebih berkhasiat untuk kesehatan dan berbagai macam hal lainnya.

Selain susu kambing biasa, ternyata terdapat juga susu kambing etawa. Susu kambing etawa diambil dari jenis kambing etawa yang merupakan persilangan antara kambing lokal Indonesia dan kambing Jamnapari dari India.

Di dunia peternakan kambing, etawa sudah sangat terkenal akan kualitasnya, bahkan jika dirawat dengan baik kambing ini dapat dijual hingga kisaran ratusan juta. Harga kambing etawa bisa mencapai ratusan juta bukan hanya karena kambing ini hasil persilangan saja, akan tetapi karena khasiatnya yang sangat melimpah untuk tubuh dan kesehatan. Nah simak berikut ini manfaat susu kambing etawa yang bisa kamu nikmati.

Manfaat dari Susu Kambing Etawa

Melancarkan Produksi ASI

Kandungan kalsiu yang terdapat didalam susu kambing etawa mencapai 6 kali lipat lebih banyak dibandingkan susu sapi biasa. Nah, kandungan kalsium ini merupakan asupan yang sangat penting bagi ibu hamil yang sedang menyusui. Pada saat masa pembentukan janin kalsium sangatlah dibutuhkan, apalagi jika usia kehamilan trimester ketiga. Selain itu, susu kambing etawa juga dapat dipercaya dapat melancarkan produksi asi susu ibu.

Untuk ibu hamil yang sedang dalam proses menyusui, susu kambing etawa bisa menjadi salah satu sumber nutrisi yang baik untuk ibu dan juga janin dalam kandungan.

Baca juga  Cara China Menekan Corona dan Membantu Italia

Mampu meningkatkan kecerdasan anak

Selain sangat baik untuk pembentukan tulang janin, susu kambing juga ternyata dapat membantu perkembangan kecerdasan anak serta daya ingat anak.

Pasalnya susu kambing etawa mengandung Riboflavin (Vitamin B2) dan Vitamin B3 yang dipercaya dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan sel otak serta saraf.

Tak hanya untuk anak-anak saja, kandungan dalam susu kambing etawa ini juga dapat meningkatkan pertumbuhan sel otak pada janin.

Mencegah dan mengatasi stress

Jika susu kambing etawa diminum dalam keadaan hangat, susu kambing etawa dapat menenangkan tubuh dan menghilangkan stress atau penat yang sedang dirasakan. Susu kambing etawa juga mengandung zinc dan magnesium yang dapat memperkuat jaringan saraf. Sehingga jika meminum susu ini secara rutin, kamu dapat terhindar dari penyakit yang berkaitan dengan saraf.

Baik untuk kesehatan Jantung

Kalium yang terkandung di dalam susu kambing etawa dapat menetralkan tensi darah, sehingga secara tidak langsung dapat menjaga kesehatan jantung. Jika sirkulasi darah lancar dan kesehatan darah dan kesehatan jantung terjaga, niscaya tubuh dapat terhindar dari potensi terkena penyakit stroke. Hal ini bisa dicapai jika diseimbangi dengan gaya hidup sehat.

Mampu mengobati penyakit pernapasan

Didalam dunia pengobatan Alternatif, susu kambing etawa juga dikenal akan kemampuannya untuk mengobati berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan saluran pernafasan seperti asma, tuberkulosis, bahkan flek paru-paru.

Hal ini dikarenakan kandungan flourin dan betakasein dalam susu kambing etawa merupakan zat-zat yang dapat membantu proses penyembuhan penyakit tersebut.

Perawatan Kulit

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, susu kambing etawa juga bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit. Susu kambing etawa termasuk kedalam bahan yang mudah diserap oleh kulit, sehingga banyak produk kecantikan yang menggunakan susu kambing sebagai bahan utamanya.

Baca juga  Artis dan Selebgram ini Galang Dana Bantu Lawan Corona

Susu kambing etawa sngat kaya akan kandungan yang dapat meyehatkan kulit, sepertihalnya asam laktat untuk meregenerasi kulit mati, vitamin V, Vitamin B, Niacin dan thiamin.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan flourin tak hanya dapat mengobati penyakit saluran pernapasan, ternyata zat flourin juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami.

Pada susu kambing etawa kandungan flourinnya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi biasa yang hanya bisa mencapai 10 kali lipatnya.

Dapat digunakan untuk diet

Karena sangat baik untuk pencernaan, menjadikan susu kambing etawa sangat cocok untuk dimasikan ke dalam daftar makanan atau minuman yang bisa kamu konsumsi ketika sedang diet. Kandungan lemak dan proteinnya dapat dicerna dilambung serta membakar lemak dengan cepat.

Selain itu, susu kambing etawa juga dapat memuaskan rasa lapar, sehingga dapat digunakan untuk memenuhi perut agar tidak sering-sering mengudap. Dianjurkan untuk meminum susu ini setelah selesai makan agar rasa kenyang dapat bertahan lebih lama.

Mampu menyehatkan Lambung

Susu kambing etawa dapat menetralkan asam lambung dan mencegah datangnya penyakit maag dan kandungan mineral alkaline di dalamnya. Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, susu kambing etawa ini dapat dicerna dengan mudah oleh lambung.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat dari susu kambing etawa yang bisa kamu dapatkan. Dari beberapa manfaat tersebut, dapat dilihat bahwa susu kambing etawa memanglah sangat bermanfaat perihal kesehatan tubuh dan juga kulit. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here