Terakurat.com – Masjid Tertua di Indonesia – Agama islam masuk ke tanah air Indonesia di awali sekitar abad ke-11 dan di bawakan oleh para pedagang dari Gujarat, India. Sejak saat itulah agama islam mulai berkembang di tanah air Indonesia ini.

Nah, salah satu berkembangnya agama islam adalah dengan banyaknya jumlah masjid yang tersebar di Indonesia. Pada bulan Ramadhan seperti ini, tentu sangatlah menarik apabila membahas tentang masjid tertua di Indonesia.

Karena, seluruh umat muslim akan melakukan ibadah Puasa dan salah Tarawih di bulan suci Ramadhan ini. Lantas apa sajakah yang merupakan masjid tertua di Indonesia? Simak ulasannya berikut ini.

Masjid Tertua di Indonesia yang Harus Kamu Tahu!

Masjid Tua Palopo

Masjid Tua Palolo merupakan masjid yang didirikan oleh Raja Luwu yang bernama Sultan Abdullah Matinroe pada tahun 1604. Sehingga menjadikannya sebagai salah satu masjid tertua dan bersejarah di Indonesia.

Kata Palopo sendiri diambil dari kata dalam bahasa Bugis dan Luwu yang memiliki hubungan dengan proses pembangunan Masjid Tua Palopo ini. Bangunan masjid ini memiliki luas sebesar 15 meter persegi dan letaknya berada di Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

Masjid tua Al Hilal Katangka

Masjid tua Al Hilal Katangka merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. Masjid ini di bangun pada tahun 1603 pada masa pemerintahan Raja Gowa XIV.

Katangka merupakan salah satu jenis pohon yang dulunya banyak tumbuh di sekitar lingkungan masjid tua Al Hilal. Masjid ini terletak di Jalan Katangka, Katangka, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dan salah satu masjid tertua dan bersejarah.

Masjid Mantingan

Masjid tertua dan sejarah berikutnya di Indonesia adalah Masjid Mantingan. Ini didirikan oleh Kesultanan Demak pada tahun 1559. Masjid ini dikenal sebagai masjid yang unik karena memiliki arsitektur khas Cina. Masjid ini terletak di desa Mantingan Kecamatan tahunan ,Jepara ,Jawa Tengah.

Baca juga  Kuliner Khas di Bangka Belitung.

Masjid Agung Banten

Buat kamu orang asli Banten tentunya sudah tidak asing lagi dengan artis yang satu ini. Karena Masjid Agung Banten yang satu ini merupakan masjid yang bersejarah di Indonesia. Masjid ini dibangun pada tahun 1552 pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin.

Salah satu ciri khas dari bangunan masjid yang satu ini adalah atap bangunan utama yang bertumpuk 5 seperti pagoda China. Masjid ini berada di Kompleks bangunan masjid tertua di Desa Banten lama sekitar 10 km sebelah utara Kota Serang.

Masjid Menara Kudus

Salah satu masjid tertua dan bersejarah yang populer di Indonesia salah satunya adalah Masjid Menara Kudus. Masjid yang satu ini dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549. Masjid ini terbilang sangat unik karena memiliki bentuk menara seperti candi.

Candi yang bentuknya seperti menara tersebut menggambarkan perpaduan budaya Islam dan Hindu. Sejarah ini terletak di Desa Kauman, Kecamatan Kota, kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Masjid Sultan Suriansyah

Masjid tertua dan bersejarah di Indonesia selanjutnya adalah Masjid Sultan Suriansyah. Masjid ini dibangun pada tahun 1526 oleh raja Banjar pertama di Kalimantan Selatan. Masjid ini memiliki arsitektur bergaya tradisional khas Banjar.

Letak masjid ini berada di utara Kecamatan kesehatan, Banjarmasin Utara, Banjarmasin.

Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak termasuk ke dalam salah satu masjid tertua dan juga bersejarah terpopuler di Indonesia. Masjid Agung Demak merupakan salah satu tempat berkumpulnya para Wali Songo untuk menyebarkan agama Islam.

Masjid yang bersejarah ini didirikan oleh Raden Fatah dari Kesultanan Demak sekitar pada tahun 1474. Masjid Agung Demak tepatnya berada di Desa Kauman, Demak, Jawa Tengah.

Baca juga  Tempat Wisata di Sukabumi, Yang Suka Air Terjun, Curug Mania Masuk!

Masjid Ampel

Masjid yang terletak di bagian Surabaya, kota Jawa Timur ini merupakan masjid tertua di Indonesia. Masjid Ampel arsitektur khas Tionghoa dan juga Arab. Masjid Ampel didirikan pada 421 oleh Sunan Ampel dan merupakan salah satu masjid tertua dan juga bersejarah.

Masjid Wapauwe

Masjid Wapauwe adalah masjid tertua dan bersejarah yang terletak di wilayah bagian barat Indonesia. Masjid ini berdiri sejak tahun 1414 di Maluku serta dikenal sebagai pusat penyebaran agama Islam di Maluku pada masa lalu. Pada dahulu Masjid ini bernama masjid wawane karena dibangun di lereng gunung wawane oleh kesultanan Islam jailolo dari Moloku kie Raha.

Itulah beberapa masjid tertua dan bersejarah yang berada di Indonesia. Apakah kamu pernah mengunjungi salah satu masjid tersebut atau berkeinginan untuk mengunjungi salah satu masjid tertua bersejarah yang berada di Indonesia.

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here