Siapapun pasti bermimpi mempunyai kendaraan pribadi. Terutama memiliki mobil sebagai kendaraan serbaguna yang bisa kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan mobilisasi kemana saja. Saat ini, membeli sebuah mobil tidak hanya anda bisa lakukan dengan pembayaran tunai, namun juga kredit. Agar lebih memudahkan calon pembeli, kredit mobil bekas juga banyak tersedia dengan berbagai macam pilihan mobil.

Ya, kredit mobil bekas bisa menjadi pilihan untuk anda yang ingin memiliki mobil dengan harga murah. Asal cermat memilih mobil dan mengecek kelayakannya, mobil berkualitas bisa anda bawa pulang dengan biaya angsuran yang ringan. Penyedia kredit mobil bekas memang mudah ditemukan, tapi anda tak boleh sembarangan memilih. Oleh karena itu, anda harus tahu terlebih dulu mengenai tahap pengajuan dan persyaratan kredit mobil bekas. Berikut kami berikan infonya untuk anda:

Beli Dari Perorangan Atau Dealer

Kredit mobil bekas bisa anda dapatkan tergantung dari siapa penjualnya. Jika anda membelinya langsung dari sang pemilik mobil sebelumnya, maka pastikan anda kenal betul dengannya. Hal ini merupakan persyaratan wajib, agar kredit mobil bekas berlangsung lancar tanpa masalah.

Kemudian, anda juga bisa memperoleh kredit mobil bekas dari dealer atau leasing mobil bekas terdekat di lokasi anda. Untuk proses kredit lewat dealer, biasanya membutuhkan dokumen-dokumen yang harus dipenuhi si pengaju kredit. Jangan lupa untuk memilih dealer atau leasing terpercaya yang sudah memiliki reputasi bagus dan testimoni pelanggan yang terpercaya. Sebab jika tidak teliti memilih, maka bisa saja anda malah membeli mobil ilegal yang malah akan menimbulkan masalah nantinya.

Sepakati Besaran Angsuran dan Masa Kredit

Setelah cocok dengan pihak penjual, maka tentu anda memilih mobil bekas mana yang akan anda beli. Pemilihan mobil harus dilihat dari segi tampilan luar dan dalam mobil, serta kualitas dan kelayakan mesin. Agar makin mantap memilih, anda juga bisa melakukan test drive (uji coba). Selanjutnya, sepakati besaran uang muka, angsuran, dan masa kredit atau masa tenor. Pastikan biaya angsuran sesuai dengan kemampuan anda membayar.

Baca juga  Mental Bisnis, Membangun Pola Pikir Berbisnis yang Baik

Bayar Uang Muka

Jika kesepakatan sudah tercapai, penjual akan meminta pembayaran uang muka. Besaran uang muka ini beragam, tergantung dengan kesepakatan sebelumnya. Mulai dari 30 persen hingga 50 persen dari total harga jual. Perlu diketahui, bahwa pembayaran uang muka harus tercatat oleh kedua belah pihak. Mintalah bukti atau tanda terima pembayaran pada penjual.

Lengkapi Dokumen Pendukung

Untuk kredit mobil bekas di dealer atau leasing, anda akan diminta untuk memberikan beberapa dokumen untuk keabsahan pengajuan kredit mobil bekas. Dokumen-dokumen itu antara lain seperti fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotokopi Kartu Keluarga (KK), surat keterangan domisili, rekening listrik terakhir, slip gaji, dan lainnya.

Buat Surat Kesepakatan

Jika seluruh persyaratan sudah dipenuhi, maka harus lah ada surat kesepakatan atau perjanjian kredit mobil bekas. Surat ini harus dibuat baik untuk kredit mobil bekas oleh perorangan maupun lewat dealer dan leasing. Surat ini bertandatangan kedua belah pihak dan bermaterai, terdiri dari beberapa poin penjalasan mengenai jenis mobil yang dibeli, kondisi mesin, besaran uang muka yang te;ah dibayar beserta angsuran dan masa tenor. Selain itu, ada pula hak-hak dan kewajiban kedua belah pihak yang berlaku selama masa pelunasan kredit.

Itulah beberapa tahap pengajuan kredit mobil bekas beserta persyaratannya. Jika membutuhkan pinjaman untuk kredit kendaraan bermotor maupun pinjaman dana tunai, anda bisa mengajukannya lewat https://www.cekaja.com/.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here