Salah satu rekomendasi tempat wisata ketika kamu ingin mengunjungi lampung adalah Menara Siger. Meskipun belum setenar Way Kambas, namun semakin lama menara ini menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dicari oleh mereka yang akan berkunjung ke Lampung.

 

Menara tersebut berdiri dengan gagahnya di dekat Pelabuhan Bakauheni. Lebih tepatnya berada di bukit disekitar pelabuhan. Kamu sudah bisa melihat menaranya ketika kapal yang kamu tumpangi akan segera berlabuh ke Bakauheni. Nah, jika kamu transit di pelabuhan besar ini, kamu bisa sekalian berwisata untuk merasakan sensasi bangunan megah ini.

 

Rekomendasi ini bukan tanpa alasan. Ada banyak hal yang ternyata menakjubkan dibalik menara berwarna dasar kuning cerah ini. Untuk mengetahuinya, simak 3 daya tarik special dari bangunan tersebut.

 

Menara Siger sebagai Ikon Lampung

Menara tersebut diresmikan pada tahun 2008 dengan detail khas Lampung. Sebagai contoh, desainnya berbentuk mahkota khas Lampung bernama mahkota Siger. Inilah yang menjadi cikal bakal nama menara tersebut.

Selain desain mahkota yang mendominasi, hampir keseluruhan arsitekturnya memang menggunakan konsep yang terinspirasi oleh budaya tradisional Lampung.

Dengan desain tersebut, kini Menara Siger dijuluki sebagai ikon modern kota Lampung. Perlu kamu ketahui bahwa menara ini merupakan bangunan modern, bukan bangunan lama.

 

Menara Siger sebagai Pusat Seni Budaya

Jika kamu menyukai budaya dan kesenian asli Indonesia, kamu bisa menyaksikannya ketika mengunjungi menara ini. Ada banyak pertunjukan kesenian tradisional yang sering ditampilkan di halaman menara.

Bahkan setiap malam Minggu, terdapat pertunjukan seni budaya yang tidak hanya mewakili Lampung saja, namun kawasan lainnya. Contohnya adalah kesenian asli Jawa, Batak maupun Banten.

Dengan adanya pentas tersebut, tidak heran jika menara diatas bukti Bakauheni ini disebut sebagai pusat seni budaya.

Baca juga  8 Masjid di Korea Selatan yang Indah!

 

Menara Siger merupakan Simbol Masyarakat Lampung

Menara dengan tinggi 32 meter ini memiliki paying tiga warna pada puncaknya. Ketiga warna tersebut adalah putih, kuning dan merah. Ketiganya melambangkan tatanan sosial masyarakat Lampung.

Karena mengandung banyak unsure sejarah dan budaya, kamu yang menyukai seni sangat direkomendasikan untuk mengunjunginya. Terlebih, sekarang Menara Siger dikenal sebagai landmark Bakauheni.

 

Baca juga : Waterboom Jakarta , wisata air terbesar di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here