terakurat.commencuci-tangan– Penyebaran virus corona bisa melalui kontak langsung, percikan air yang keluar dari mulut seseorang saat bersin dan batuk, atau melalui benda-benda yang terdapat di tempat umum seperti pegangan kereta, pegangan tangga, tombol lift, dan bisa juga pada lapisan luar masker.

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, sebaiknya jaga jarak setengah sampai dua meter dari orang yang terlihat sakit. Agar terhindar dari percikan air yang keluar dari mulutnya. Atau kamu bisa memberinya masker saat bersin dan batuk. Selain itu, kamu juga bisa menjaga diri dari penyebaran virus corona. Dengan tidak menyentuh wajah dan mengucek-ngucek mata setelah memegang benda-benda yang menjadi media penyebaran virus corona.

Mengonsumsi makan yang sehat dan bergizi pun bisa menjadi salah satu tindakan untuk menjaga tubuh dari penyebaran virus. Tentu hal yang wajib dilakukan adalah mencuci tangan sebelum dan setelah melakukan kegiatan, karena bisa saja kamu menyentuh benda yang ada ditempat umum namun tidak kamu ketahui.

Berikut ini langkah-langkah mencuci tangan yang benar:

1. Area Telapak Tangan.

sos-antibacterial.com

Pertama, basahi tanganmu dan tuangkan sabun ke telapak tangan. Gosok-gosok sampai berbusa.

2. Area Punggung Tangan.

sos-antibacterial.com

Lanjutkan dengan menggosok bagian punggung tangan hingga sela-sela jari dari sisi luar. Pastikan seluruh bagian tangan terkena sabun secara menyeluruh.

3. Sela-sela Jari Tangan.

sos-antibacterial.com

Jangan lupa menggosok bagian sela-sela jari. Bagian ini kadang sering terlupakan, padahal bisa saja kuman-kuman menempel di bagian tersebut dan tidak terjangkau oleh sabun pembersih.

4. Gerakan Mengunci Jari.

sos-antibacterial.com

Kaitkan jari-jari sisi dalam dari kedua tangan saling mengunci, kemudian gosok perlahan. Ini berguna agar bisa membersihkan kotoran yang berada di dalam sela-sela kuku jari tangan.

Baca juga  Difteri Adalah Penyakit Apa? Penangananya Bagaimana

5. Gerakan Memutar-mutar Ibu Jari.

sos-antibacterial.com

Genggam salah satu ibu jari dengan tangan kamu yang lain, lalu lakukan gerakan memutar-mutar ibu jari. Ulangi gerakan ini pada ibu jari tangan yang satu lagi.

6. Gerakan Memutar Telapak Tangan.

sos-antibacterial.com

Sebagai langkah akhir, putar-putar jari Anda di bagian tengah telapak tangan untuk membersihkannya. Kemudian bilas dengan air mengalir. Matikan kran air dengan siku atau tisu yang Anda gunakan untuk mengeringkan tangan. Jangan gunakan telapak tangan atau jari Anda yang sudah bersih untuk memutar kran air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *