Terakurat.com – Mengatasi dinding kamar lembab – Apakah kamu pernah mengalami keluhan seputar dinding kamar kamu yang tiba-tiba menjadi lembab dan berjamur. Jika pernah memiliki keluhan seperti ini dan kamu ingin mengantisipasi agar tidak terjadi lagi pada dinding kamar kamu maka simak berikut ini cara mengatasinya. Beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk mengatasi Dinding Lembab dan Berjamur

Mengatasi Dinding Lembab dan Berjamur

Membuka tirai secara rutin

Cara yang pertama adalah dengan membuka tirai jendela secara rutin. Sebab ternyata hal tersebut sangatlah berfungsi untuk membuat sinar matahari masuk melalui jendela ke dalam ruangan. Jika tirai kamar kamu jarang dibuka, maka bisa saja ruangan menjadi lembab dan membuat dinding menjadi semakin berjamur.

Menggunakan cairan anti jamur/fungisida

Cara efektif selanjutnya adalah menggunakan cairan anti jamur. Bisa dibilang cara yang satu ini adalah langkah yang paling tepat dan juga praktis untuk menghilangkan jamur di dinding kamarmu.

Caranya cukuplah mudah yakni kamu hanya perlu untuk menyemprotkan cairan fungisida tersebut ke dinding kamarmu yang berjamu. Terlebih cairan antijamur tersebu juga mudah untuk kamu dapatkan sebab terdapat banyak dijual bebas di pasaran.

Menggunakan campuran cuka dan air

Apabila kamu ingin menggunakan bahan yang berada di dapur kamu, maka cobalah membuat campuran cairan cuka dan air.

Hal ini bisa kamu lakukan apabla kamu sudah menggunajan cairan anti jamur akan tetapi masih saja belum mempan, maka kamu bisa menggunakan campuran tersebut.

Cat ulang dinding kamar

Langkah efektif berikutnya untuk mengatasi dinding kamar yang lembab dan berjamur adalah dengan cara mengecat ulang dinding kamar mu.

Meskipun kamu sudah menggunakan cat yang memiliki kualitas bagus, namun hal tersebut tidak menjamin bahwa cat dinding yang kamu gunakan tidak akan terkelupas jika termakan usia.

Baca juga  Tips Cek RAM Laptop Paling Mudah Tanpa Harus Lihat Box Terlebih Dahulu!

Jadi jika kamu sudah mengalami dinding kamar menjadi lembab bahkan berjamur, maka mengecat ulang dinding kamar tentu saja dapat menjadi solusi yang bisa kamu pilih.

Sebab selain dapat membersihkan jamur, mengecat dinding kamar juga bisa mempercantik kondisi kamar kamu sekarang. Alangkah baiknya kamu menggunakan cat tahan air sehingga lebih dapat dibersihkan dengan mudah ketika terdapat kotoran yang menempel di dinding tersebut.

Selalu menjaga suhu dalam kamar

Hal selanjutnya dari rangkaian cara mengatasi dinding kamar yang lembab dan berjamur adalah dengan tetap menjaga suhu di dalam ruangan atau kamar agar tetap hangat.

Kamu perlu menghindari pemngembunan atau kondensasi terjadi di dalam kama, karena hal tersebut dapat membuat dinding kamar menjadi mudah lembab. Apabila dibiarkan secara terus menerus maka lama kelamaan dinding kamar kamu pun akan menjadi berjamur.

Jika ventilasi kamar kamu kurang baik, maka opsi lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan membuka jendela dija memungkinkan. Sebab ada beberapa bingkai jendela yang sudah dilengkapi dengan fitur pengunci sehingga kamu dapat membuka jendela tanpa khawatir jendela pecah karena bingkai terus-terusan bergerak oleh angin.

Hal tersebut juga penting dilakukan apalagi jika setelah musim hujan. Pada umumnya jarang membuka jendela agar udara dingin dari luar tidka masuk kedalam rumah.

Menghindari hal yang bisa membuat kamar menjadi lembab

Agar kondensasi di dalam kamar kamu tetap dapat ditekan maka sebaiknya jangan membuat kelembaban-kelembaban lainnya. Contohnya saja mengeringkan pakaian di dalam ruangan atau kamar.

Jadi cobalah untuk menghindari pekerjaan perbaikan dan pembersihan rumah yang menghasilkan banyak kelembaban saat cuaca dingin atau basah dan membuat permukaan mengering lebih lambat.

Baca juga  Hilangkan Iklan Miui Dengan Tips Berikut Ini!

Berhati-hati ketika sedang memasak

Tahukah kamu bahwa panci atau ceret yang telah kamu gunakan apabila dibiarkan di atas kompor dapat menghasilkan kelembaban dan uap air dalam jumlah yang besar. Maka dari itu, untuk meminimalkan kondensasi pada jendela dan dinding dapur maka tutuplah panci atau wajan dengan tutupnya masing-masing. Manfaat lain dari hal ini adalah mampu mencegah binatang-binatang kecil masuk kedalamnya.

Kemudian jangan lupa juga untuk menyalakan tudung kompor pada saat kamu sedang memasak dan diamkan selama kurang lebih lima menit setelahnya agar udara kembali tetap bersih.

Jadi demikianlah ulasan mengenai cara efektif mengatasi dinding kamar lembab dan berjamur yang bisa kamu coba langsung di beberapa bagian rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here