Terakurat.com – Flashdisk Write Protected bukanlah suatu masalah besar namun kerap kali masalah tersebut menjengkelkan dan cukup menyita waktu untuk mengatasinya.

Flashdisk Write Protected adalah sebuah kondisi dimana flashdisk yang kita miliki terkunci, sehingga pengguna tidak dapat memformat, menambah data atau bahkan menghapus data.

Hal ini dapat terjadi karena banyak hal, mulai dari asal cabut flashdisk dari komuter, terkena virus, dan lain sebagainya.

Cara mengatasi masalah seperti ini kamu dapat melakukan beberapa hal seperti dengan menggunakan Command Prompt, Regedit atau bantuan aplikasi pihak ketiga lainnya.

Cara yang paling sederhana disarankan untuk mengatasi hal ini adalah menggunakan perintah dalam Command Promt.

Cara ini terbilang cara yang cukup mudah karena komputer yang bersistem operasi windows pasti memilikinya secara default.

Cara mengatasi Flashdisk Write Protected dengan Command Promt

  • Hubungkan flashdisk terlebih dahulu dengan komputer.
  • Buka command prompt sebagai Administrator.
  • Lalu ketik perintah diskpart.
  • Kemudian perintah list disk dan select disk dengannomor untuk flashdisk.
  • Lalu ketik attributes disk clear readonly, setelah selesai kemudian ketik perintah clean.
  • Jika sudah lalu ketikan format fs=fat32 atau bisa juga dengan format fs=ntfs sesuai dengan dormat disk yang di inginkan.
  • Setelah itu exit.

Hal yang perlu kamu ingat setiap mengetikan perintah di Command prompt adalah pengguna juga harus menekan tombol enter untuk mengaktifkan perintah tersebut.

Cara mengatasi dengan Registery Editor

Jika menggunakan CMD masih belum berhasil kamu juga dapat mengatasi masalah tersbut menggunakan Registery Editor (Regedit).

Hal yang perlu kamu lakukan diantaranya

  • Buka Registery editor dengan cara menekan tombol Windows+R dan ketikan Regedit setelah itu Enter
  • Lalu masuk ke bagian KEY_LOCAL_MACHINE kemudian SYSTEM setelah itu CurrentControlSet cari Control dan masuk ke StorageDevicePolicies.
  • Jika sudah Lalu ubah value data ke angka 0, dan klik OK
  • Setelah itu cabut flashdisk, restart komputer, dan tancapkan kembali flashdisk untuk memformatnya.
Baca juga  Tak Perlu Kasar-kasar, Berikut Ini cara Mengusir Kucing Liar Dengan Baik

Jika cara kedua diatas masih saja gagal, maka alternatif lainya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Terdapat banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah ini. Salah satunya adalah Fat32 Format Tool GUI.

Cara menggunakannya pada tiap masing-masing aplikasi tentu saja berbeda beda. Maka dari itu pengguna harus mengikuti dokumentasi yang ada di website resmi aplikasi atau mencarinya melalui mesin pencari.

Baca juga : Rekomendasi Charger Fast Charging Terbaik Tahun 2020!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here