meninggalkan zona nyaman

Zona Nyaman dalam Diri

Meninggalkan zona nyaman atau berada dalam zona nyaman atau comfort zone dalam bahasa inggris adalah sebuah situasi dan kondisi dimana kamu tidak melakukan tindakan apa – apa untuk memperbaiki kondisi yang kamu jalani sekarang, atau kamu memang tidak mau bergerak dalam kondisi tersebut.

Mungkin diantara, kamu seringkali merasa ingin merubah sesuatu hal menjadi lebih baik, namun dalam memulai pergerakan tersebut terdapat kendala karena kamu bingung harus mulai dari mana, bagaimana dan dengan cara apa ?

Meninggalkan zona nyaman juga merupakan sebuah pilihan yang baik, dan artinya kamu sudah siap untuk memperbaiki diri.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dalam usaha memperbaiki diri, kesadaran untuk meninggalkan zona nyaman juga merupakan sebuah pilihan yang bijak karena dengan seiring perkembangan zaman dan perubahan yang terjadi di lingkungan mendorong pada tingkat persaingan yang tinggi.

Dan apabila kamu tidak segera meninggalkan zona nyamanmu maka banyak resiko yang akan terjadi, dan bisa jadi membuat kamu jauh tertinggal di belakang, karena kerasnya persaingan di lingkungan pekerjaan, pedidikan dan lainnya.

Atau mungkin kamu memang sudah sangat menikmati rasa nyaman dalam sebuah kondisi yang sangat kamu nikmati, namun, tidak membawa banyak perubahan dan perbaikan dalam hidup mu, sedangkan kamu sangat ingin sekali memperbaiki beberapa hal atau sangat menyukai tantangan.

Bagaimana Cara Meninggalkan Zona Nyaman ?

Berikut tips agar kamu bisa move on dari zona nyamanmu.

1. Mengambil keputusan

Pertimbangkan lah pilihan dalam pengambilan keputusan dalam hal apapun itu terutama dalam karir atau pendidikan mu.

Selanjutnya berkomitmenlah dengan keputusan yang kamu ambil dan tetap konsisten dalam menjalani keputusan tersebut, hal ini merupakan suatu hal yang penting dalam cara meninggalkan zona nyaman.

Baca juga  Waspada Penyakit Supir Karena Terlalu Lama Mengemudi

2. Mengerjakan sesuatu yang baru

Bagi sebagian orang yang sangat merasa bosan dengan rutinitasnya, apabila kamu sedang berada dalam sebuah kondisi jenuh dan merasa sangat bosan,

Cobalah mengerjakan sesuatu yang baru untuk memperbaiki mood mu dan aktivitas yang belum pernah kamu lakukan karena kegiatan baru juga merupakan salah satu upaya dalam meninggalkan zona nyaman.

3. Bekerja lebih giat dan lebih lama

Dengan bekerja lebih giat dan lama tentunya akan mempengaruhi kinerja dan performamu di lingkungan kerja.

Semangat dalam diri adalah suatu hal yang sangat penting yang harus kamu punya dalam meningkatkan kinerja mu.

Hal ini juga sebuah proses dalam tahapan meninggalkan zona nyamanmu dan apabila kamu bekerja lebih giat lagi tentunya peluang meraih kesuksesan sangat besar.

4. Menerima Resiko dan terus berjuang menghadapinya

Keputusan apapun yang telah kamu ambil saat kamu bertekad untuk meninggalkan zona nyaman mu dan pilihan yang sedang kamu jalani mempunyai resikonya masing – masing dan teruslah berjuang untuk menggapai mimpi mu karena tidak ada pencapaian tanpa pengorbanan.

5. Bersabar dan bertawakal

Terkadang dalam proses meninggalkan zona nyaman juga terdapat banyak hambatan dan kendala yang harus di lalui, mungkin kamu merasa bosan atau merasa salah dengan pilihan mu dan bisa jadi kamu malah pesimis dan putus asa.

Bersabarlah dalam tahapan meninggalkan zona nyaman, karena semua hal tetap melalui  sebuah proses dan berserah dirilah pada sang pencipta.

Setelah kamu berusaha untuk memperbaiki diri dan meninggalkan zona nyaman jangan lupa berdoa.

Baca juga Tak Ada Yang Sempurna

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *