Terakurat.com – Misteri candi prambanan – Salah satu peninggalan budaya dari Indonesia yang cukup dikenal dunia adalah Candi. Ada dua candi yang paling sering dibicarakan yakni Borobudur dan Prambanan. Jarak yang berdekatan seolah-olah keduanya memiliki keterkaitan. Padahal Borobudur adalah candi Budha sementara Prambanan adalah Candi Hindu.

Candi Prambanan letaknya berada di kabupat en Sleman, D.I Yogyakarta. Prambanan termasuk kedalam situs warisan dunia UNESCO. Slein itu Prambanan adalah candi hindu terbesar di Indonesia dan dianggap sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara. Di balik keangguhannya, ada beberapa misteri yang hingga saat ini masih belum terjawab. Simak ulasannya berikut ini.

Asal Usul Nama Candi Prambanan

Berdasarkan Prasasti Siwagrha nama Asli Candi Prambanan adalah Siwagrha. Jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia, memiliki arti rumah Siwa. Candi satu ini merupakan sebuah persembahan untun Trimurti atau tida dewa utama Hindu, yaitu Brahma, Wishnu dan Siwa.

Diberinama Siwagrha karena candi ini mengutamakan dewa Siwa, hal ini terbukti dengan garbagriha atau ruang utama candi yang terdiri dari arca dewa Siwa.

Nama prambanan sendiri diambil dari nama desa tempat candi berada. Konon katanya berasal dari kata Para Brahman atau Brahman Agung yaitu realitas abadi tertinggi dan teragung.

Ada juga yang berpendapat bahwa Prambanan berasal dari kata mban yang di dalam bahasa jawa berarti menanggung atau memilkul tugas. Jika dikaitkan dengan agama Hindu, makna menganggung atau memilkul tugas merupakan rujukan pada dewa Hindu yang berada di dunia untuk mengemban tugas menata dan menjalanankan keselarasan Jagat.

Legenda Pembuatan

Berbicara mengenai Candi Prambanan akan mengingatkan kita pada cerita rakyat yang melibatkan Roro Jongrang dan Bandung Bondowoso. Cerita tersebut berawal dari Prabu Baka yang memerintah kerajaan Pengging. Kerajaan tersebut sudah hidup makmur bersama rakyatnya sampai menarik perhatian Bandung Bondowoso untuk merebut kekayaanya.

Baca juga  Misteri Alas Roban yang Dapat Membuatmu Seketika Percaya Hantu

Bandung Bondowoso dikenal sebagai raja yang kejam dan gemar berperang. Sehingga berbagai cara yang ditempuhnya untuk merebut kekayaan Kerajaan Pengging adalah dengan berperang. Dia meyiapkan pasukan untuk menyerbu kejaraan Penggiang. Dengan kemampuannya dibantu dengan pasukan yang ulung, Bandung berhasil membunuh Prabu Baka.

Ketika membantai keluarga kerajaan, Bandung melihat seorang perempuan yang memikat hatinya. Wanita tersebut adalah Roro Jongrang yang tak lain adalah anak dari Prabu Baka. Bandung Bondowoso kemudian mengatakan akan membunuh Roro Jongrang, kecuali ia mau menjadi istrinya.

Roro Jongrang yang tak ingin dinikahi oleh Bandung Bondowoso tersebut mencari cara agar dapat bertahan hidup. Akhirnya ia memberi syarat, Bandung bondowoso harus membangun 1000 candi dalam satu malam. Jika ia berhasil maka Roro Jongrang bersedia untuk menjadi Istri dari Bandung Boondowoso.

Untuk mengabulkan permintaan Roro Jongrang yang hampir mustahil, bandung bondowoso meminta bantuan Jin. Roro jongrang yang melihat kecurangan itu lalu mencari cara untuk menggagal kannya. Lalu ia menyuruh pelayan kerajaan untuk menumbuk padi dengan lumpang sehingga membuat langit menjadi cerah dan berwarnya oranye persis seperti siang hari.

Roro Jongrang lalu memerintahkan Bandung Bondowoso untuk menghitung jumlah candi yang telah ia buat. Ternyata jumlahnya adalah 999 candi. Bandung Bondowoso lalu tidak terima dan murka, lalu mengutuk Roro Jongrang menjadi salah satu candi yang menggenapkan jumlah candi menjadi 1000. Oleh karena itulah ada yang menyebut Candi Prambanan sebagai Candi Roro Jongrang.

Jika berdasarkan Prasasti Siwargha, Candi Prambanan dibangun sekitar 850 Masehi oleh Rakai Pikatan sebagai tandingan candi Borobudur untuk agama Budha dan Candi Sewu yang letaknya tidak jauh dari Prambanan. Pembangunan tersebut dilakukan secara berkelanjutan yang disempurnakan dan siperluas oleh Balitung Maha sambu. pada masa Kerajaan Medan Mataram.

Baca juga  Kisah Mistery Sekolah Berhantu!

Misteri Candi Prambanan

Misteri Candi Prambanan

Pada bangunan peninggalan jaman dahulu selalu menyisakan sebuah misteri. Misteri yang hingga saat ini belum dapat di pecahkan oleh ilmu pengetahuan dan tak masuk akal kemudian berkembang menjadi kepercayaan tentu yang erat kaitannya dengan Mitos. Sehingga tak heran saja jika banya orang yang datang ke tempat atau peninggalan jaman dahulu dengan niat mendapatkan sesuatu.

Didalam candi Prambanan terdapat Arca Dewi Durga yang letaknya berada di salah satu ruangan di Candi Utama. Di dalam ajaran Hindu, Dewi Durga adalah Isteri dari dewa Siwa. Terdapat keanehan pada arca Dewi durga ini, yaitu terdapat cahaya misterius yang muncul di bagian wajah arca yang hanya akan terjadi ketika bulan purnama pada malam hari.

Misteri Candi Prambanan seperti ini kerap kali menyertai sebuah tempat bersejarah. Kamu pasti juga akan menemukan mitos serupa dengan mudah di tempat bersejarah lain.

Baca juga : Misteri Taured, Negara Misterius Penjelajah Waktu

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here