Terakurat – Misteri Lokasi Negeri Ophir- Negeri Ophir atau terkadang disebut Ofir merupakan suatu neeri atau wilayah yang dikatakan menyimpan kekayaan berupa emas dan barang berharga lainnya. Konon Negeri Ophir ini merupakan negeri asal dari emas dan perhiasan yang diterima Nabi Sulaiman AS (Raja Salomo/King Solomon) dari Raja Hiram yang berkuasa antara 980-947 SM. Yaitu seorang raja dari kerajaan Fenisia (Phoenician) dari Tirus, sebuah wilayah yang sekarang terletak di selatan Libanon.

Keahlian di bidang maritim yang terkenal dari bangsa Fenisia mengejutkan Raja Solomon, kemudian ia meminta Raja Hiram dari Tirus untuk mengiriminya tukang kayu Fenisia dan Pelaut Veteran untuk bergabung dengan armadanya ke tanah Ophir pada tahun 945 SM.

Hingga saat ini masih belum ada kepastian mengenai lokasi tanah Ophir tersebut. Lokasi Geografis tanah Ophir digambarkan dengan caraya yang persis sama dengan Tanah Punt (The Land of Punt), namun menurut penelitian Tanah Punt berada di Pulau Enggano, di lepas pantai Bengkulu.

Kedua negara tersebut Punt dan Ophir, berada jauh ke tenggara, dimana kapal mulai berlayar dari pelabuhan di Laut Merah menuju ke timur dan pelayaran berlangsung selama tiga tahun dalam kedua misi tersebut.

Barang-barang yang dibawa oleh orang Mesir dari Ophir kurang lebih sama seperti yang dibawa dari Punt dan pelabuhan lainnya. Raja Solomon menerima kargi emas, perak, kayu algum, batu mulia, mutiara, gading, kera dan burung merak setiap tiga tahun.

Misteri Lokasi Negeri Ophir ini masih merupakan kontroversi dan masih menjadi misteri di kalangan para ilmuan dunia hingga saat ini.

Sejauh ini, para ahli arkeolog, teolog, sejarawan dan para peneliti lainnya memiliki beberapa teori tentang dimana letak, lokasi, posisi serta keberadaan Negeri Ophir yang kaya emas ini.

Misteri Lokasi Negeri Ophir yang Kaya Emas

Lokasi misteriusnya negeri Ophir hingga saat ini masih menjadi kontroversi. Terdapat beberapa kemungkinan lokasi di seluruh dunia misalnya di beberapa wilayah di Afrika, India, Sri Lanka dan Filipina serta di beberapa belahan dunia lainnya.

Baca juga  Kisah Seram Rumah Sakit Tua di Berbagai Negara!

Benua Afrika

Di Afrika, kemungkinan Negeri Ophir terletak di daerah yang disebut sebagai Great Zimbabwe di Zimbabwe. Selain itu, ada yang meyakini Ophir terletak di Sofala Mozambique. Namun ada juga beberapa teori yang menyebutkan bawa wilayah Ophir berada di Gurun Danakil (Ethiopia, Eritrea) antara Adulis dan Djibouti.

Selain itu, ada juga yang menduga bahwa wilayah Ophir berada di Carthaginians Afrika bagian utara yang sekarang adalah Tunisia. Ada juga yang menduga berada di Laut Merah dan kini sudah tengelam dan masih ada lagi beberapa lokasi di Afrika.

India dan Sri Lanka

Negeri Ophir juga di teorikan terletak di India, tepatnya di wilayah India Selatan dan juga di Utara Sri Lanka. Di india, Ophir di teorikan di beberapa tempat seperti di Tamilakkam, Tarshish, Mantai dan Kudiramalai.

Selain itu, di sepanjang pantai Kerala Kernataka termasuk Poovar dan Beypore. Di dalam tradisi Yahudi, Ophir kerap kali dikaitkan dengan sebuah tempat di India yang dinamai untuk salah satu nama putra Joktan. Ahli leksikristus abad ke-10, David ben Abraham al-Fasi, mengidentifikasi Ophir dengan Serendip, nama Persia tua untuk Sri Lanka.

Malaka (Malaysia)

Tepatnya diantara negara bagian Malaka dan Johor terdapat gunung tinggi di kawasan tersebut yang bernama Gunung Ledang, namun terkadang disebut juga sebagai Gunung Ophir.

Pada masa kini, gunung yang memiliki ketinggian 1276-meter tersebut telah menjadi salah satu tempat pendakian yang populer. Namun, para arkeolog serta peneliti dibidangnya melemahkan lokasi ini sebagai Negeri Ophir yang disebut. Karena hanya nama sebutan saja dan penamaan tersebut termasuk baru serta tak ada bukti pendukung lainnya.

Australia

Seorang penulis topik sejarah alternatif bernama Davit Hatcher Childress, berpendapat bahwa Negeri Ophir berada di benua Australia.

Ia menyatakan bahwa muatan emas, perak serta batu mulia diperoleh dari tambang di bagian barat laut benua tersebut. Namun begitu besarnya Australia sebagai sebah benua, bahkan bagian barat benua tersebut ia tidak dapat memastikan di Australia barat laut mana letak Negeri Ophir berada.

Baca juga  Angkernya Jalur Gumitir, Penghubung Jember Banyuwangi

Filipina

Negeri Ophir juga diteorikan terletak di wilayah Filipina namun hal ini lebih dipercaya peneliti karena sempat tertulis di dalam sebuah buku kuno. Dalam sebuah buku yang ditemukan di Spanyol yang berjudul “Colección General de Documentos Relativos a las Islas Filipinas” atau “Koleksi Umum Dokumen Terkait Kepulauan Filipina” (General Collection of Philippine Islands related Documents), nama wilayah Ophir disebutkan.

Penulis menyebutkan bagaimana menemukan Wilayah Ophir, Menurut bagian “Dokumen No. 98”, tertanggal 1519-1522. Negeri Ophir dapat ditemukan dengan bepergian ke tanjugn Harapan di ujung selatan Afrika, ke India, ke Burma, ke Sumatra, ke Maluku, ke Kalimantan, ke Sulu, ke Cina, lalu akhirnya ke Ophir.

Dalam buku tersebut, Ophir berada di lepas lautan dekat China dari banyak pulau dimana orang-orang Maluku, China dan Lequinos bertemu untuk berdagang.

Dari catatan Jes Tirol mengaskan bahwa kelompok pulau ini para penduduknya bukanlah orang Jepang dan juga bukan orang-orang dari Maluku atau Taiwan. Karena pulai ini tidak terdiri dari banyak pulau.

Sedangkan dari Catatan Spanyol juga menyebutkan adanya “Lequios”, yaitu pria kulit putih yang berjanggut besar, mungkin keturunan Fenisia (Phoenician), yang kapal-kapalnya selalu sarat dengan emas dan perak, berada di kepulauan itu untuk mengumpulkan emas dan perak.

Selain beberapa tempat di atas, masih ada tempat lainnya yang diduga sebagai negeri Ophir. Asmsi lain ini berbeda-beda secar luas, bahkan hingga lokasi bertema Atlantis.

Negeri Ophir Berada di Sumatera?

Di Pulau Sumatera, tepatnya di wilayah yang saat ini menjadi provinsi Sumatera Barat, terdapat sebuah gunung yang dahulunya bernama Gunung Ophir.

Oleh karenaya, para ahli berpendapat bahwa negeri Ophir terletak di Sumatera, tetapi ada juga yang berpendapat berbeda. Lebih tepatnya berada di Pegunungan Barisan, di Wilayah Sumatera Barat terdapat gunung yang bernama Gunung Talakmau atau Talamau.

Baca juga  Misteri Putri Duyung dan Asal Usulnya Dari Berbagai Negara
Misteri Lokasi Negeri Ophir

Hal yang menjadikannya menarik adalah gunung ini pada masa sebelumnya bernama Gunung Ophir. Mengenai darimana asal-usulnya nama Ophir yang diberikan pada gunung tersebut, hingga kini belum di dapat data sejarah pastinya.

Gunung Talamau atau disebut juga Gunung Opir merupakan gunung yang letaknya berada di garis khatulistiwa dan sekaligus di Wilayah Sumatera Barat. Gunung ini tepatnya terletak di Kabupaten Pasaman Barat, berdampingan dengan Gunung Paaman yang berada di sisi Barat Daya.

Perlu diketahui juga bahwa Pulau Sumatera dahulu kala dalam bahasa Sansekerta disebut juga sebagai pulau Swarnadwīpa, Swarnadwīpa jika diartikan memiliki arti “Pulau Emas” seperti yang tertera pada prasasti Nalanda pada tahun 860 Masehi.

Selain Swarnadwīpa, pulau Sumatera juga dikenal sebagai Swarnabhūmi, Swarnabhūmi memiliki arti “Tanah Emas”. Jadi sangat jelas dalam bukti sejarah tersebut bahwa kedua nama Sumatera pada masa lalu terkait dengan kandungan alam yang kaya emas.

Jadi dimana pastinya letak Negeri Ophir yang diberkati tuhan tersebut masih belum bisa dipastikan, apalagi untuk dipecahkan oleh banyak ahli sejarah dan juga para ahli yang terkait bidangya.

Hingga saat ini, lokasi yang dipercaya kaya emas tersebut masih merupakan sebuah misteri besar bagi ilmuan dunia.

Mungkinkah negeri yang dimaksud tersebut sejatinya adalah pulau Sumatera?

Bisa benar juga bisa tidak. Tapi yang pasti, bukti-bukti barang berharga, hasil alam dan binatang yang dibawa untuk Nabi Sulaiman AS semuanya ada di pulau Sumatera.

Pustaka:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here