Terakurat.com – Misteri palung mariana – Jika kamu sering menonton sebuah film yang berhubungan dengan mahluk legendaris dengan tampilan yang tidak familiar pasti membuat kamu menjadi penasaran bukan.

Misteri di dasar laut bukanlah suatu hal yang baru untuk dijadikan bahan pembicaraan dunia. Sama halnya seperti tata surya, Misteri bawah laut juga memili hal yang selalu menarik untuk diperbincangkan. Nah, apakah kamu sering atau pernah mendengar tentang Palung mariana? atau seringkali disebut sebagai Mariana Trench.

Mariana Trench merupakan sebuah jurang yang berada di dasar laut, Tepatnya di timur pulau mariana barat di samudra pasifik. Mariana trench sendiri merupakan sebuah istilah bagi sebuah perairan yang paling dalam di bumi.

Palung mariana membentang sepanjang 2550 km, lebar 63 meter dan memiliki kedalaman hingga 11 km. Palung mariana menyimpan banyak misteri yang hingga saat ini belum terpecahkan. Nah, berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang Palung Mariana yang patut kamu ketahui.

Palung Mariana Lebih Tinggi dari Gunung Everest

Palung mariana kerap kali dijadikan sebuah objek penelitian oleh para ilmuan. Selain itu, para ilmuan kerap membandingkan seberapa dalam Palung Mariana dan Puncak Everest digunakan sebagai pembanding yang tepat.

Sebagai gunung tertinggi didunia, Everest dijadikan objek untuk mengukur palung mariana. Ketinggian puncak everes dibuat terbalik ke dasar laut, Jika di perhitungkan maka Palung mariana lebih dalam dibandingkan Puncak Everest.

Palung Mariana Memiliki Tekanan yang Sangat Tinggi

Palung mariana dapat dikatakan memiliki kedalaman hingga 11 km dan tekanan tertingginya mencapai 8 ton per inchi persegi. Jika di ilustrasikan, tekanan ini layaknya 50 unit persawat jet terbesar atau sekitar 1.600 gajah afrika yang di tumpuk di atas tubuh kamu.

Baca juga  Idol K-Pop Pernah Alami Kejadian Seram!

Palung Mariana Berusia 180 Juta Tahun

Berdasarkan sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh para ilmuan, Palung mariana sudah terbentuk sejak 180 juta tahun yang lalu. Palung mariana terbentuk karena adanya tumbukan antara dua lempeng.

Kedua lempeng tersebut sendiri berasal dari lempengan tektonik Pasifik dan juga lempengan Filipina. Nah, dampak lempengan inilah yang akhirnya menyebabkan lapisan yang jatuh ke dalam lapisan mantel bumi.

Ikan Seadevil

misteri palung mariana

Apakah kamu pernah mendengar nama hewan yang satu ini? ikan sea debil merupakan hewan unik yang pertama terdeteksi masuk kedalam palung mariana. Ikan ini memiliki semacam lampu penerangan di kepalanya yang digunakan untuk menarik mangsa yang hendak mendekatiknya. Lampu yang dimiliki ikan ini menjadi kelebihan tersendiri.

Hiu Megalodon

Meski sempat dinyatakan punah, kemungkinan bahwa hiu purba yang panjangnya bisa mencapai puluha meter ini dan bobot hingga ratusan ton tersebut ternyata diyakini masih bayak keberadaannya.

Dengan ramainya perbincangan tersebut, banyak peneliti yang akhirnya tertantang untuk membuktikan keberadaan hiu purba tersebut. Namun, tentu saja penelitian ini tidaklah sembarangan, karena sangat berbagaya dan beresiko kematian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here