Terakurat – Negara Terkecil di Dunia – Negara-negara terkecil di dunia merupakan negara yang memiliki jumlah luas wilayah yang paling sedikit dalam batas-batas remi negara. Jika membicarakan tentang negara terkecil di dunia, kamu pastinya akan teringat Vatikan atau Monaco. Namun selain kedua negara tersebut masih ada lagi negara-negara yang ukurannya kecil dan jarang terekpos. Jika kamu belum tahu maka simak ulasan mengenai negara terkecil di dunia berikut ini.

Negara Tekecil di Dunia

Negara kecil yang satu ini hanya memiliki luas 0,44 km2. Kota Vatikan mendapatkan gelar sebagai kota terkecil yang sudah pasti di dunia. Kota ini berfungsi sebagai pusat spiritual gereja Katolik Roma dan rumah Paus. Secara resmi disebut dengan Tahta Suci, Kota Vatiakan berada di dalam area tembok ibukota Italia Roma.

Kota Vatikan berdiri resmi pada tahun 1929 setelah perjanjuan Lateran dengan Italia. Nama Vatikan sendiri diambil dari sebuah Gunung, yakni gunung Vatican. Jenis pemerintahan negara Vatikan ini adalah Gerejawi dan kepala negaranya tentu saja Paus.

Kota Vatikan tidak menjadi anggota PBB atas pilihannya sendiri. Jumlah populasi Vatikan sekitar 1000 warga dan tidak satupun dari mereka merupakan penduduk asli permanen. Namun kebanyakan dari mereka pulang pergi ke negara Vatikan ini untuk bekerja.

Pengunjung diperbolehkan untuk masuk ke kota Vatikan tanpa harus memiliki Paspor dan beberapa tempat seperti Lapangan Santo Petrus dapat dicapai dengan mudah, cukup dengan melewati garis yang memisahkan kota tersebut dengan kota Roma.

Monako

Monako merupakan salah satu negara yang terletak di sepanjang Pantai Riviera Prancis yang sangat cantik. Negara ini merupakan tujuan bagi mereka yang ingin menghabiskan banyak uang. Pasalnya Monako penuh dengan pesta, perjudian, pusat belanja dan sebagai tempat untuk bersantai. Terletak di dekat kota Prancis dan diposisikan sepanjang Laut Mediterania, Monako merupakan negara terkecil kedua di seluruh dunia. Luasnya hanyalah 2.02  km2, sulit dipercaya mengingat kegiatan wisatanya yang hampir tidak pernah berhenti kermaiannya.

Baca juga  Deretan Fakta Unik April Mop, Hari Iseng Sedunia!

Nauru

Dahulunya Nauru dikenal sebagai Pleasant Island dengan luas 21 km2. Negara ini dikelingi oleh terumbu karang yang mengelilingi dataran tengahnya. Command Ridge merupakan titik tertinggi di dataran tinggi, 233 kaki di atas permukaan laut. Pulau Banaba di kiribati merupakan tentangga dekat Nauru.

Orang Mikronesia dan Polinesia merupakan orang pertama yang mendiami pulau Nauru. Pada tahun 1888 Jerman menganeksasi negara tersebut. Deposit Fosfat Nauru yang mencakup wilayah pulau yang seketika luas, saat itu pada tahun 1900 mulai ditambang di bawa asosiasi Jerman-Inggris.

Sebagian besar pendapatan Nauru berasal dari ekspor Fosfat. Dana besar lainnya didapatkan dari penjualan lisensi penangkapan ikan. Tingkat pengangguran di Nauru hingga saat ini mencapai 90%, tertinggi di dunia. Bahkan lebih dari 95% masyarakatnya menderita obesitas dan sekitar 40% nya lagi menderita diabetes.

Tuvalu

Tuvalu merupakan negara kecil di Oceania yang terdiri dari sembilan pulau. Enam pulau diantaranya memiliki laguna yang terbuka ke lautan, sementara dua pulau lainnya memiliki wilayah daratan non-panai yang signifikan dan satu pulau lagi tidak memiliki laguna.

Tak satupun pulau di negara Tuvalu yang memiliki sungai kecil ataupun besar dan kemana pulau-pulau ini merupakan atol karang, tidak ada air tanah yang dapat diminum. Karena semuanya air yang digunakan penduduk Tuvalu berasal dari sistem tangkapan dan disimpan di fasilitas penyimpanan. Negara Tuvalu memiliki luas 26 km2 dengan populasi sekitar 11.342 dan 96% diantaranya merupakan orang Polinesia. Ibukota terkecil ini adalah Funafuti yang merupakan kota terbesar Tuvalu. Bahasa resmi dari negara ini adalah Bahasa Tuvalu dan Bahasa Inggris.

Republik San Marino

Republik san Marino letaknya dekat dengan Italia, tepatnya di Eropa Selatan. Negara ini memiliki populasi 33.562 jiwa dan Italia merupakan bahasa dominan serta Kota San Marino adalah Ibu Kotanya. San Marino terletak di sisi timur lau Pegunungan Apennine dan berada di pantai dekat Rimini.

Baca juga  Kelebihan Sepeda Brompton yang Membuat Harganya Fantastis!

Nama republik yang luasnya 62 km2 ini diambil dari nama seorang tukang batu yang dipercaya telah memainkan peran besar dalam pembangunan tembok kota Ramini. Sesuah tembok Ramini dihancurkan oleh perompak dari Liburnia yaitu Saint Marinus.

Menurut legenda, Marinus juga merupakan salah satu pendiri komunitas monastik di Monte Titano pada 301. AD San Marino percaya bahwa negaranya adalah republik konstitusional tertua serta negara berdaulat tertua yang pernah ada.

Liechtenstein

Negara ini merupakan sebuah negara yang berbahasa Jerman. Liechtenstein merupakan satu-satunya negara didunia yang sepenuhnya terletak di pegunungan Alpen. Tepatnya berada di antara Swiss dan Austria, Liechtenstein merupakan negara terkaya di dunia berdasarkan PDB per kapita dan luasnya 160 km2.

Tingkat pengangguran di negara ini termasuk kedalam terendah yaitu 1,5%. Untuk masuk ke negara ini terbilang cukup rumit, pasalnya negara ini tidak memiliki bandara di dalam perbatasannya. Jika ingin berkunjung negara ini, pengunjung garus melalui Bandara Zurich Swiss agar dapat sampai ke negara Alpen yang masih diperintah oleh seorang pangeran.

Kepulauan Marshall

Negara terkecil ini merupakan negara yang pulaunya dapat ditemukan di Samudra Pasifik, hanya sekitar setengah jalan Negara Baian Hawaii di AS dan benua Australia. Negara yang satu ini dianggap sebagai bagian dari Mikronesia.

Pulau-pulaunya dikelilingi oleh daerah yang memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa dan meliputi lebih dari 800 spesies ikan dan 160 terumbu karang. Daerah kepulauan Marshall juha menjadi rumah bagi beberapa kapal karam. Kepulauan Marshall ini memiliki luas 181 km2.

Kepulauan marshall juga dekat dengan garis khatulistiwa dan Garis Tunggal Internasional. Negara kecil ini memiliki populasi sekitar 77.917 jiwa dan memperoleh kemerdekaan pada tahun 1986.

Baca juga  Langkah Telkomsel Demi Mendukung Ekosistem Game di Indonesia

Saint Kitts dan Nevis

Dua pulau yang terletak di Karibia ini merupakan beberapa pulau pertama yang ditempati oleh orang Eropa. Kedua pulau tersebut memiliki luas dengan total 261 km2, yang menjadikan Saint Kitts dan Nevis termasuk kedalam negara terkecil di dunia. Ekominya bergantung kepada sektor pariwisata, industri manufaktur kecil dan pertanian.

Pulau-pulau ini juga memiliki spot menyelam yang fantastis karena kehidupan launya yang melimpah. Negara ini juga merupakan eksportir gula utama selama berabad-abad. Dengan luas 104 mil persegi, sedikit lebih kecil daripada kota Fresno, California, Saint Kitts dan Nevis merupakan negara kepulauan Karibia denan jumlah penduduk 53.821 jiwa dan pada tahun 1983 memperoleh kemerdekaannya dari inggris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here