Terakurat.com – Apakah kamu pernah mendengar Sir Nicolas flamel? Mungkin namanya sudah Tak asing lagi terdengar menjadi sebuah cerita, Legenda, hingga bagian dari sejarah. Alkemis terkenal asal Prancis ini kerap kali disebut dan dikaitkan dalam novel film Layar lebar. Istri yang ia bawa hingga kini masih menjadi perbincangan khalayak umum.

Sosoknya bahkan muncul semua film Harry Potter, di mana ia menggambarkan sebagai sosok pembuat batu bertuah atau Philosopher Stone. Kemudian Ia juga muncul di dalam film terbaru fantastic Beasts sebagai tokoh penyihir yang berasal dari Perancis. Seperti yang kita tahu JK Rowling adalah orang dibalik semua ini.

Tak hanya imajinasi rolling Semata, Nicolas flamel juga pernah dunia nyata. Hal ini membuat publik bertanya-tanya seperti apa sebenarnya sosok flamel dalam dunia nyata. Nah buat kamu yang penasaran maka simak berikut ini misteri Nicolas flamel.

Sejarah Nicolas flamel

Mendapat reputasi berabad-abad setelah kematian nya, Nicolas flamel adalah seorang penulis dan manuskrip naskah Prancis. Meninggal di Paris pada 22 Maret 1418 Iya mempelajari rahasia alkimia dari percakapan Yahudi menurut teks-teks yang dianggap berasal dari hampir 200 tahun setelah kematiannya.

Kisah legendaris nya ini muncul pertama kali di abad ke-17, tak sedikit cerita tentang darinya yang mengklaim telah berhasil membuat “batu bertuah atau batu filsuf” yang diketahui dapat mengubah logam dasar menjadi emas. Flamel juga mengembangkan reputasinya sebagai seorang alkemis yang telah mencapai Keabadian melalui “Elixir of Life” .

Menikah dengan Parenelle pada tahun 1368 yang membawa kekayaan Dua Suami sebelumnya, flamel serta istri yang diketahui sebagai pasangan Dermawan yang berkontribusi banyak kepada gereja-gereja. Nicolas flamel hidup Sampai usia 80-an, lalu ia mendesain batu Nissan miliknya sendiri tahun 1410. Ukiran gambar-gambar Kristus, Santo Petrus, dan Santo Paulus banyak menghiasi batu nisan miliknya. Batu nisan miliknya ini kini terpelihara di Musee de Cluny di Paris.

Baca juga  Raden Mas Said 'Pangeran Samber Nyawa'

Karya yang dianggap dari Nicolas flamel

Karya-karya yang dianggap berasal dari Nicolas flamel ini memanglah menyimpan cerita tersendiri, apa saja karyanya tersebut?. Le livre des figur hiéroglyphiquest kitab tokoh hieroglif yang pertama kali diterbitkan di Trois traictez de la filsie naturelle, Paris,Veuve Guillemot.

Kemudian ada rangkuman filsafat yang diterbitkan pertama kali di Dela transformation Metallique, Paris, Guilkaune Guillard 1561. Lalu ada juga kita penyucian “Le Livre des laveures” yang merupakan manuskrip bnf MS. Francais 19978, dan “Le Breviaire de Flamel” manuskrip MS Francais 14765.

Penemuan Alchemist

Alkemi/Alkimia termasik protosains yang menggabungkan unsur kimia, fisika, antropologi, seni, semitonika, metalurgi, kedokteran, mistisme dan agama. Berkembang pada abad pertengahan yang merupakan bentuk awal dari ilmu kimia, dimana tujuan ilmu ini adalah sebagai transmutasu metal menjadi emas dan panacea universal.

Panacea berasal dari nama dewi penyembuhan Yunani yang berarti ramuan/obat yang diharapkan dapat mengobati segala jenis penyakit dan ramuan yang dapat memberikan kehidupan abadi. Nicolas flamel disebutkan juga sebagai orang achemist yang berhasil mencapai tujuan tersebut.

Kitab tokoh hierologif dimana pertama ia mengklaim telah dapat membuat batu bertuah yang mengubah logam dasar menjadi emas. Lalu yang kedua bahwa ia dan isterinya telah mencapai keabadian melalui “Elixir of Life”.

Karya-karyanya tersebut pada abad ke-17 dijadikan sebagai dasar tentang catatan legendaris kehidupan flamel terutama karya “Livre des figur hiéroglyphiques” yang membuatnya dikenal berabad-abad setelah kematiannya. Nicolas flamel dianggap telah mencapai keabadian hidup dengan ramuan tersebut.

Nicolas flamel yang begitu menarik dapat merebut perhatian masyarakat banyak pula orang yang mengenal dan mengenang kisah serta misteri flamel. Seringkali membuat kejadian ajaib juga hal irasional lainnya Legenda dianggap sebagai antara fakta dan fiksi. Dikarenakan cerita dari kejadiannya belum dapat dipastikan kebenarannya atau kenyataannya. Sejarah, legenda, dan misteri memang hubungan erat dengan masyarakat, juga hanya berkaitan dengan mitos.

Baca juga  Penampakan UFO Di Berbagai Negara!

Bentuknya bisa dari dalam sebuah cerita, karya seni, karya sastra, kepercayaan yang dikaitkan dengan perilaku sosial dan budaya masyarakat. Percaya atau tidak itu adalah misteri yang flanel tinggalkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here