Penginapan Unik di Kalimantan.

Penginapan adalah daftar utama jika kita pergi berwisata ke luar kota. Lelah diperjalanan tentu membuat kita langsung memburu tempat untuk beristirahat. Berikut ini beberapa penginapan unik yang bisa kamu coba.

1. Guest House Kota Air.

Konsep keunikan ini yang sepertinya diperhatikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Untuk mengakomodasi dan menarik lebih banyak wisatawan agar datang berkunjung ke daerah tersebut, pemerintah setempat membuat sebuah penginapan unik berkonsep guest house yang dinamakan Kota Air.

Guest house ini berada di Jalan Jenderal Sudirman No. 10A, Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah. Penginapan ini sengaja dinamakan Kota Air karena sesuai dengan julukan dari Kuala Kapuas sebagai Kota Air. Kuala Kapuas sendiri dijuluki demikian karena terletak di tepi sebuah sungai besar di Pulau Kalimantan, yaitu Sungai Kapuas, yang panjanhnya sekitar 610 km dan bermuara di Laut Jawa.

Penginapan ini setara dengan hotel bintang tiga, terdapat empat buah bungalow. Agar bisa mencapai penginapan ini, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 60 km jika datang dari arah Kota Banjarmasin. Sedangkan, jika datang dari Bandara Syamsuddin Noor, harus melintasi jarak sekitar 85 km. Beberapa fasilitas yang disediakan di penginapan ini, diantaranya meliputi air panas dan dingin, shower book, TV 14 inci atau 21 inci, kamar mandi pribadi, telepon, AC. Selain itu, disediakan juga restoran berkonsep kafe terapung yang bentuknya menyerupai kapal. Para pengunjung juga bisa menyewa bungalow yang terdiri dari tiga kamar. Satu kamar berada di lantai atas dan dua kamar lainnya berada di lantai bawah.

Berikut tarif kamar per malam di Guest House Kota Air (sudah termasuk PPN dan sarapan).

Tipe Kamar Tarif per Malam :

  • Presidential Suite Rp. 660.000,-
  • Junior Suite Rp. 440.000,-
  • Bungalow Rp. 1.540.000,-

Nah, jika kamu ingin menginap di tempat yang unik ini, Guest House Kota Air dapat dijadikan salah satu referensi menarik. Untuk reservasi kamar, kamu bisa menghubungi nomor telepon (0513) 22713 atau email di alamat guesthousekotaair@yahoo.co.id.

Baca juga  Mesin Pembuat Coffee Terbaik.

2. Maratua Paradise Resort, Kalimantan Timur.

Penginapan ini berada di kepulauan Derawan, Berau, Kalimantan Timur. Maratua Paradise Resort dikenal sebagai surganya Indonesia. Orang-orang juga menyebut kepualauan ini mirip dengan Maldives. Wah jadi penasaran kan ingin datang berkunjung.

Maratua Paradise Resort merupakan sebuah resort yang private dan nyaman di Pulau Maratua. Resort ini memiliki dua jenis ruangan, yaitu tipe villa di tepi pantai dan tipe villa air yang sangat eksotis dengan aula utama dan paviliun yang menjadi persinggahan para penyu.

Resort ini mempunyai 10 villa di pinggir pantai dan 10 villa di atas air, yang bangunannya dibuat menggunakan bahan ramah lingkungan yaitu terbuat dari kayu. Ruangannya sendiri didesain sederhana namun menyimpan fasilitas yang sangat mewah.

Maratua sendiri adalah kawasan atol yang mempunyai keanekaragaman hayati terbanyak keenam di dunia setelah Raja Ampat dan Kepulauan Solomon. Sehingga selain dapat merasakan nuansa romantis tidur di atas lautan, pengujung juga bisa menyelam di bawah laut yang beraneka ragam penghuninya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Maratua Paradise Resort, kamu bisa membuka website dibawah ini.

Telephon: +6088 224918 Fax: +6088 223918 Email: reservation@ajwtravel.com

3. Samboja Lodge.

Salah satu hal penting dalam berlibur adalah penginapan, seperti halnya saat Anda mengunjungi Samboja di Tanah Borneo. Wilayah yang terkenal dengan hutan yang masih luas dan jumlah orang utan yang masih cukup banyak ini, tak heran jika Samboja mampu menyuguhkan penginapan unik yang dapat memberikan Anda sensasi tidur di dalam hutan.

Samboja Lodge berada di area kawasan konservasi Samboja Lestari, kawasan ini adalah lokasi penangkaran orangutan yang dikelola oleh Borneo Orangutan Survival (BOS). Samboja Lodge menyajikan kamar yang di design khas Suku Dayak, Posisinya langsung menghadap ke hutan Borneo.

Baca juga  Mp3 Player Terbaik.

Tidak hanya merasakan sensasi menginap di tengah hutan Borneo, Anda juga bisa melakukan kegiatan lainnya seperti trekking hutan yang akan dipandu oleh pihak pengelola, dan lebih uniknya lagi adalah kamu dapat melihat langsung penghuni hutan seperti orangutan dan beruang madu. Walaupun dibuat dengan menggunakan kayu, sebagian besar kayu yang digunakan untuk membuat penginapan ini berasal dari sisa penebangan liar di kawasan hutan.

Meskipun berada di sekitar hutan, penginapan ini cukup ramah lingkungan dan ramah untuk fauna yang berada di dalam hutan konservasi. Tak perlu khawatir masalah listrik, meskipun kawasan ini masih sulit dijangkau aliran listrik, tapi pihak pengelola sudah menyediakan genset untuk sumber energi listrik di penginapan Samboja Lodge.

4. Fisheries Eco Villa.

Fisheries Eco Villa merupakan sebuah resort di Pulau Derawan. Resort ini memiliki pemandangan yang sangat cantik dan tenang. Bisa dibilang, resort ini cocok untuk tempat melihat sunset dan sunrise. Fisheries Eco Villa juga menyediakan suite bad dan suite double bad yang harga per malamnya kurang dari Rp 800 ribu.

Setiap kamar disediakan teras pribadi yang dilengkapi dengan meja, kursi, hingga hammock. Selain nyaman untuk bersantai, di sini para pengunjung dapat menjelajahi pemandangan bawah laut Derawan bersama Fisheries Eco Villa dan menemukan hiu serta ikan-ikan kecil khas Derawan. Pengunjung dapat merasakan spot menarik dan romantis.

Untuk informasi dan pemesanan kamu bisa mengunjungi website fisheries-ecovilla.com.

Untuk pemesanan bisa telepon ke +628128292399

5. Nabucco Island Resort.

Nabucco Island Resort merupakan sebuah resort yang berada di Atol Maratua. Resort ini berada di kawasan private yang sering menjadi tempat para pasangan pengantin baru menghabiskan masa bulan madu. Bahkan beberapa bangunan resort memiliki jarak yang agak sedikit berjauhan satu sama lainnya, agar para tamu tidak merasa terganggu dengan kehadiran tamu lain. Fasilitas kamar sangat lengkap dan mewah. Cocok untuk kamu yang ingin bulan madu dengan nyaman.

Baca juga  Fakta Menarik Film Cinta Itu Buta.

Email: nabucco@extradivers.org

Telepon: +62 (0) 812 540 6636

6. Derawan Dive Lodge.

Resort ini dibangun dengan konsep Minahasa, menyerupai gaya Tasik Divers dari tanah Minahasa, Manado. Resort ini terdiri dari 2 cottage dengan pemandangan ke arah laut, 6 resort ke arah pantai dan 2 kamar keluarga.

Semua kamar dilengkapi dengan AC, shower air panas dan dingin, dan tempat tidur bergaya minimalis. Selain fasilitas kamar yang sangat lengkap, pengunjung juga bisa menikmati ikan segar yang dihidangkan langsung oleh para staff. Resort ini juga memiliki akses langsung ke pantai sehingga mudah untuk menemukan spot cantik yang bisa menjadi background pengunjung.

Lokasi: RT III Kecamatan Pulau Derawan, Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Telepon: 0821-8926-2599

7. Derawan Dive Resort.

Derawan Dive Resort mempunyai dua puluh tujuh cottage bergaya tradisional Kalimantan. Setiap kamar masing-masing dilengkapi dengan AC, TV, dapur, ruangan kerja dan kamar mandi yang dilengkapi dengan air hangat. Selain itu, terdapat juga sebuah restoran terapung yang mampu menampung 75 tamu dengan sistem makan “all you can eat” BBQ, masakan Cina, masakan Eropa, masakan Jepang hingga masakan lokal.

Untuk harganya Derawan Dive Resort membanderol dengan harga mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta tergantung fasilitas yang dipesan oleh pengunjung.

Jika kamu ingin memesan kamar resort ini bisa klik website divederawan.com. Lokasi: Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur 77381 Telepon: (0542) 7072615.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: