Waspada Penyakit Supir Karena Terlalu Lama Mengemudi

penyakit supir

Pola Kebiasaan Terlalu lama Mengemudi di Masyarakat

Penyakit supir karena terlalu lama mengemudi yang umumnya yang terjadi pada manusia modern saat ini adalah terlalu banyak menghabiskan waktu di jalan karena mobilitas dan jam kerja yang tinggi,

Apalagi pada masyarakat perkotaan yang mempunyai kesibukan yang sangat padat.

Dan tersebarnya fenomena kendaraan / taxi online yang juga mengakibatkan banyak orang yang berprofesi sebagai pengemudi (supir).

Dan ternyata mengemudi terlalu lama akan berdampak buruk bagi kesehatan anda.

Apa saja kah penyakit supir akibat dampak buruk terlalu lama mengemudi ? simak ulasan di bawah ini :

Dampak Buruk atau penyakit supir Akibat Terlalu lama mengemudi

1. Menambah bobot tubuh anda

penyakit supir

Dikutip dari Thesun, Rabu (15/6/2016) Dalam sebuah penilitian yang di lakukan oleh para ilmuwan dari Australian Catholic University’s Institute for Health and Ageing di Sydney, New South Wales,

Terlalu lama mengemudi atau mengemudi lebih dari satu jam per hari dapat menambah bobot tubuh 2,3 kg lebih berat dari mereka yang hanya menghabiskan kurang dari 15 menit di dalam mobil setiap harinya.

Penelitian ini mempelajari perilaku lebih dari 2.800 orang pengemudi dewasa dengan memeriksa Indeks Massa tubuh dan lingkar pinggangnya,

Sangat di khawatirkan karena terlalu lama mengemudi dan meningkatkan jumlah glukosa yang ada pada tubuh dan menjadi akar dari masalah penyakit diabetes serta jantung.

2. Merusak Kualitas Sperma

penyakit supir

Dalam banyak studi kasus yang menemukan bahwa kebanyakan dari pengemudi taksi mempunyai kualitas sperma yang kurang baik dibandingkan dengan pria yang tidak berprofesi sebagai pengemudi taksi.

Terlalu lama mengemudi ternyata menjadi indikasi dari penurunan kualitas sperma,

Secara ilmiah diterangkan bahwa kelenjar yang memproduksi sperma dalam testis yang di simpan di luar tubuh dalam kantong khusus, tidak seperti ovarium yag disimpan di dalam tubuh.

Baca juga  5 Obat Kanker Kulit Bahan Alami Untuk Penanganan Awal

Hal ini berpengaruh dalam posisi mengendarai mobil yang bisa meningkatkan suhu testis hingga 2 derajat Celsius,

Dan apabila kenaikan suhu yang hanya 1 derajat Celsius saja bisa mengurangi jumlah dan pergerakan sperma, dilansir dari (buku fakta! 101 Mitos Kesehatan) dari Nutrifood Research Center.

Jadi, testis manusia bisa berfungsi dengan baik apabila berada di tempat yang paling dingin dari seluruh tubuh,

Karena apabila dilihat dari anatomi tubuh pria dirancang untuk menciptakan jarak antara testis dan suhu inti tubuh,

Sehingga posisi dalam mengemudi juga merupakan salah satu faktor yang mengakibatkan dampak pada kesehatan tubuh anda akibat terlalu lama mengemudi.

3. Meningkatkan Resiko Kanker prostat

penyakit supir

Kenapa terlalu lama mengemudi bisa menyebabkan kanker prostat?

Hal ini dikarenakan oleh kenaikan kadar glukosa dalam tubuh ketika anda terlalu lama mengemudi tentunya dalam posisi duduk akan menambah lingkar pinggang.

Seperti yang di ungkapkan oleh Dr Aurora Perez – Cornago, dari The Nuffield Department of Population Health, menyatakan bahwa.

“Dipastikan pria yag memiliki perut besar (lemak tubuh) meningkatkan resiko kanker Prostat dan kematian”, tuturnya.

Sedangakan para ilmuwan dari Oxford University juga menjelaskan hal yang sama mengenai pria yang memiliki perut besar beresiko tinggi menderita kanker Prostat,

dan tingkat kematian akibat penyakit ini juga semakin tinggi.

4. Penurunan kecerdasan dan Daya Kerja Otak

penyakit supir

Terlalu lama mengemudi juga berdampak buruk dengan kinerja otak anda seperti penelitian yang di keluarkan oleh University of Leicester,

Penelitian ini dilakukan selama lima tahun kepada 500.000 orang dengan rentang usia 37 – 73 tahun.

Terlalu lama mengemudi bagi orang yang memiliki waktu mengemudi sekitar 2 – 3 jam sehari cenderung memiliki daya kerja otak yang lebih rendah.

Baca juga  Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Mata Ikan

Dan terus menurun lebih cepat dibandingkan mereka yang jarang atau tidak pernah menyetir sama sekali.

Fakta ini memang sangat mengejutkan bagi sebagian orang, karena yang terjadi ketika anda mengemudi otak anda akan lebih pasif.

Dan sebaiknya anda harus mengurangi kebiasaan terlalu lama mengemudi karena banyak dampak buruk atau penyakit supir yang bisa terjadi dalam kesehatan diri anda.

Baca juga artikel Manfaat Jeruk Nipis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *