Terakurat.com – Perbedaan Kualitas   – Pada saat sedang belanja Online, mungkin kamu sering melihat produk-produk yang dijual diberi keterangan tambahan. Misalnya OEM, KW, KW super atau premium, dan original. Biasanya istilah seperti ini banyak digunakan pada produk-produk seperti komputer, otomotif, dan gadget.

Pada dasarnya perbedaan tersebut adalah merujuk pada kualitas dari barang yang dijual. Diberi keterangan demikian karena penjual produk tersebut ingin menyampaikan informasi kepada para calon pembeli akan status barang yang mereka tawarkan.

Nah, buat kamu yang masih bingung, yuk ketahui perbedaan barang OEM, KW, KW super dan Original berikut ini.

Perbedaan Kualitas OEM , KW, KW Super dan Original

OEM

OEM adalah singkatan dari Original Equipment Manufacturer merupakan sebuah barang atau produk yang di produksi dari perusahaan yang kemudian dibeli, diolah dan dijual kembali oleh perusahaan yang menggunakan nama atau brand mereka sendiri.

Pada umumnya, perangkat keras dan lunak OEM dikirim dan didistribusikan perusahaan manufaktur besar yang memproduksi asli brand mereka sendiri. Biasanya hal seperti ini dilakukan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

Namun masalahnya, banyak yang salah kaprah dengan mengartikan OEM merupakan produk palsu. Dengan begitu membeli produk jenis ini sangatlah beresiko.

KW

Berbeda dengan OEM, KW sebenarnya merupakan singkatan dari Kwalitas atau Kualitas. Barang KW biasanya memiliki tingkatan kualitas, mulai dari 1, 2 dan seterusnya. Produk KW fokus pada bentuk yang dibuat agar mirip dengan aslinya, namun kualitasnya tentu jauh dibandingkan barang aslinya.

Jika diperhatikan secara sekilas, produk KW masih jelas terlihat meskipun belum diteliti dengan cara dipegang atau diraba. Karena fisiknya kerap kali kurang rapi dan kadang tidak proposional bentuknya.

Baca juga  Syarat dan Cara Urus SIKM Jakarta Dengan Cara yang Mudah

Untuk soal harga produk KW biasnya ditawarkan sangat rendah, jauh lebih murah dari produk originalnya. Misalnya ada suatu produk asli seharga 2 juta. Produksi KW nya hanyalah di bandril sekitar 200 ribu – 500 ribu.

KW Super atau Premium

Produk berstatus KW Super atau premium ini merupakan bentuk imitasi dari produk aslinya. KW Super biasanya menggunakan bahan dengan versi yang lebih murah. Misalnya antara tas kulit original dengan yang KW Super.

Jika Tas Kulit asli bahan kulitnya tebal, kualitas resleting tas nya juga bagus dan tak mudah rusak. Jika KW Super biasanya membuat kemiripan seperti Originalnya, namun dengan kualitas yang berbeda dengan aslinya.

Meski demikian, kadang banyak juga produk KW yang dibuat sangat mirip sekali dengan barang aslinya. Baik itu dari segi bentuknya maupun dari bahan yang mirip-mirip.

Jika kamu ingin membelii barang, jangan ragu karena bentuk dan kualitas bahan yang mirip kamu dapat membandingkannya soal harga. Biasanya barang KW di banderol sekitar setengah harga lebih murah dari prodik originalnya. Jadi jangan tergiur karena harga murah.

Original

Produk berstandar original adalah barang resmi dari pihak pembuatnya. Barang originl memiliki standar tingkat tinggu dan kualitasnya juga tidak akan mengecewakan pembeli.

Akan tetapi tentu dengan harga yang lebih tinggi karena kualitas barang serta prestise tersendiri untuk penggunanya. Namun, meski harganya terbilang mahal, untuk soal ketahanan produk original begitu kokoh.

Sehingga produk asli biasanya dapat kamu gunakan dalam jangka waktu yang lama. Sebagai perbandingan misalya kamu membeli sepatu dengan harga 2 juta, kamu dapat menggunakannya hingga 4 tahun bahkan lebih.

Sementara jika kamu membeli produk sepatu KW dengan harga 500 ribu, barang ini paling lama dapat bertahan selama 1 tahun.

Baca juga  Rekomendasi Pembersih Wajah Pria Terbaik, Wajah Cerah dan Hindari Jerawat

Jika kamu ragu karena bentuk dan kualitas bahan yang mirip, kamu dapat membandingkannya soal harga. Biasanya barang KW dibanderol setengah harga lebih murah dari produk originalnya. Jadi jangan tergiur hanya karena harganya murah.

Sebagai pembeli harap selalu hati-hati pasalnya sekarang ini banyak sekali barang-barang bermerek yang memiliki bentuk mirip dengan originalnya. Dan tentunya segi kualitas kurang menjamin dan lebih mudah rusak serta sangatlah jauh perbedaannya.

Apakah kamu sudah paham mengenai perbedaan barang oem, KW, Premium dan original? Jika kamu sudah menguasai  ilmu dasar dalam berbelanja seperti diatas, kamu tak perlu lagi tertipu pada saat hendak membeli barang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here