terakurat.commadakaripura– Gunung bromo, Keindahan matahari terbitnya sanggup membuat semua orang terpana. Keindahannya memang sudah dikenal dan diakui oleh banyak wisatawan mancanegara. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya turis mancanegara yang datang untuk menikmati kawasan ini.

Air terjun madakaripura adalah sebuah air terjun yang memiliki pesona magis begitu kuat. Pesona ini membuat siapa saja merasa penasaran dan ingin mengunjungi tempat wisata ini.

Sejarah, Mitos, Dan Misteri.

Nama Madakaripura berasal dari 3 nama yaitu ‘Mada’ diambil dari nama gajah. ‘Kari’ memiliki makna peninggalan. Dan ‘pura’ bermakna sembahyang atau semedi. Jadi, Madakaripura memiliki arti gajah yang meninggal di saat semedi.

Menurut cerita dari warga sekitar, patih gajah mada telah menghabiskan sisa hidupnya di air terjun ini. Hal tersebut dilakukan untuk merenungi perbuatan yang telah dilakukannya. Hingga akhirnya ia meninggal dunia.

Perlu diketahui, Mahapatih gajahmada pergi ke tempat ini saat, beliau dicopot sebagai mahapatih. Pencopotan jabatan tersebut dikarenakan, Mahapatih gajahmada sudah membantai ratusan orang yang berada di Kerajaan Sunda Galuh.

Cerita mahapatih gajahmada tersebut juga diperkuat dengan adanya arca Gajahmada yang berada di kawasan ini. Persis berada di area parkir kawasan ini.

Air terjun ini bisa dibilang merupakan air terjun abadi. Air ini tidak akan pernah kering dan debitnya pun statis tidak bertambah ataupun berkurang saat musim penghujan atau pun musim kemarau.

Konon katanya, berkunjung kesini harus berhati-hati. Karena, jika kamu mempunyai niat yang tidak baik. Maka, niat yang tidak baik tersebut akan mendatangkan malapetaka. Begitupun sebaliknya. Niat yang baik akan mendapatkan kebaikan juga dari hati yang bersih.

Mitos selanjutnya adalah kamu harus pulang sebelum jam 2 siang. Warga sekitar juga percaya jika, lebih dari jam 2 siang. Hujan akan terjadi secara tiba-tiba. Hujan tersebut membuat debit air naik. Akan berbahaya jika masih berada di kawasan ini. Dan katanya air terjun ini bisa biki jadi awet muda lho! yah namanya juga mitos …

Baca juga  Inilah Daya Tarik Objek Wisata Gua Jatijajar

Pesona Air Terjun Madakaripura.

Air terjun ini memiliki ketinggian lebih kurang 1.000 mdpl. Suasana di sekitar air terjun ini juga begitu sejuk dan teduh. Setiap orang yang datang pasti akan terhipnotis dengan nuansa yang berbeda dari air terjun yang lainnya.

yang membuatnya unik, air terjun ini berbentuk gua dengan ketinggian lebih kurang 200 meter. Dan memiliki luas lebih kurang 25 meter. Air terjunnya pun melingkar.

Disekitar air terjun terdapat juga sebuah pemandangan hijau yang mempesona. Pemandangan hijau ini disebabkan oleh banyaknya air yang turun dari atas ke bawah. Tempat ini juga pantas dinobatkan sebagai wisata yang instagramable.

Tidak hanya itu, suara air terjun ini ternyata dipercaya bisa membuat wisatawan relaksasi. Karena mampu menimbulkan efek yang cukup dramatis bagi gelombang otak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here