3 Hal Menarik Pulau Berhala

Terakurat – Pulau Berhala Sumatera Utara, Apa Menariknya? – Pernahkah kamu mendengar sebuah pulau bernama Pulau Berhala?

Pulau tersebut merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang berada di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Berdagai, Provinsi Sumatera Utara.

Karena lokasinya tersebut, terkadang pulau ini disebut juga sebagai pulau terluar di Selat Malaka.

Meskipun pulau ini menjadi salah satu pulau yang paling luar, ternyata aktivitas di pulau ini sangat menarik.

Ada banyak hal yang bisa kamu temui ketika mengunjungi pulau ini.

Jangan salah, pulau ini kini menjadi salah satu pulau destinasi wisata baru yang namanya semakin naik di lingkungan para pecinta perjalanan.

pulau berhala

Nah, setidaknya ada 3 hal menarik yang akan mendorongmu untuk mengunjunginya.

Pulau Berhala: Pulau kecil yang kaya

Hal menarik pertama yang disuguhkan untuk kamu adalah bahwa pulau ini merupakan pulau kecil, namun kaya akan keragaman hayati.

Bayangkan, luasnya hanyalah 2,5 km2. Jika kamu mengunjunginya, kamu bisa melakukan snorkeling hanya dengan jarak 200 meter dari bibir pantai.

pulau berhala

Dengan senorkeling, kamu akan menyaksikan biota laut yang beragam dan kaya akan species unik.

Untuk snorkeling sendiri, biasanya wisatawan telah mengenal keanekaragamn terumbu karang yang ada dalam kondisi terbaiknya.

Namun sebenarnya, perairan disekitar pulau ini memiliki lebih dari 22 jenis spesies ikan yang unik dan sulit ditemukan di perairan lain.

Dengan semua keindahan biota lautnya, kamu akan merasa terpuaskan ketika berlama-lama snorkeling.

Persinggahan penyu

Bagi kamu yang menyukai konservasi laut, ada kabar bagus untuk kamu. Ternyata, Pulau Berhala merupakan pulau tempat persinggahan penyu.

Artinya, jika kamu berkunjung kesini maka kamu mempunyai kesempatan untuk menyaksikan penyu singgah dan bertelur meskipun dalam bulan-bulan tertentu saja.

Baca juga  Berniat Untuk Menggapai Kawah Ratu di Gunung Salak? Siapkan Nyalimu Dulu!

Dijaga oleh TNI

Sebagai salah satu pulau terluar, maka pemerintah NKRI menempatkan TNI yang handal untuki menjaga pulau ini.

Beruntungnya, para petugas penjaga stabilitas keamanan di pulau kecil ini sangat ramah dan terbuka kepada para wisatawan.

Bahkan karena minimnya fasilitas, traveler yang menginap di pulau ini bisa menginap di tenda TNI. Sangat mengagumkan, bukan?

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi Pulau Berhala,

Jangan lupa bahwa kamu harus mempunyai izin untuk masuk terlebih dahulu melalui Pos Marinir yang ada di pelabuhan Kecamatan Tanjung Beringin.

Baca juga artikel Food Junction

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here