Terakurat.com – Hewan Berkantung – Bila berbicara mengenai hewan khas Australia, kamu pasti akan mengingat Kangguru dan Koala. Apakah kamu tahu bahwa masih ada binatang yang tidak dapat ditemukan dinegara lain? Kecuali di kebun binatang yang hanya ada di wilayah Australia.Quokaa adalah hewan berkantung khas negara Australia selain Kangguru dan Koala. Quokka hidup disalah satu pulau kecil yang indah, yaitu pulau Rottnest Island.

quokka hewan berkantung yang selalu tersenyum

Rottnest island adalah sebuah pulau kecil yang memiliki pemandangan lautnya yang sangat indah. Di pulau Rottnest Island ini kalian dapat melihat lautan biru cerah yang dihiasi dengan batuan putih dan dipulau inilah habitat Quokka.

Quokka adalah hewan yang bergenus Setonix. Jika dilihat secara detail, hewan yang satu ini mirip seperti kelinci dengan kulit gelap dan mirip juga seperti musang.

Menariknya Quokka ini dapat berdiri dengan dua kaki layaknya kangguru. Quokka pertama kali ditemukan oleh Williem de Vlamingh, ia mengira bahwa itu adalah tikus besar. Maka dari itu, habitat Quokka ini di berinama Rottnest Island, Rott dalam bahasa jerman disebut tikus.

Williwm de Vlamigh adalah orang eropa yang mengembara untuk mencari pulau-pulau yang tersembunyi. Kata “Quokka’ sendiri diambil dari bahasa Australia, yaitu bahasa Nyugar.

Sama halnya seperti kangguru, Quokka sering kali berjalan atau melompat dengan dua kaki dibelakangnya dan memiliki kantung di perutnya, yang berfungsi sebagai kantung untuk menyimpan anak-anaknya.

Hal lain yang membuat hewan yang satu ini menjadi unik adalah binatang ini tidak pernah berhenti tersenyum. Para wisatawan yang berkunjung ke pulau Rottnest Island selalu menyempatkan untuk berfoto selfie bersama binatang lucu yang satu ini.

Bagaimana tidak, Quokka selalu tersenyum ketika difoto dan seolah-olah mereka juga menunjukan keceriaan yang sama seperti para wisatawan yang mengajak berfoto.

Baca juga  Game Seru Buat Ngabuburit Nunggu Waktu Buka Puasa Tiba

Hal yang unik lainnya adalah Quokk atidak pernah keberatam untuk selalu memandang kamera. Terlihat dari foto-foto yang diabadikan dari kamera para wisatawan yang mengunjungi pulau Rottnest ini.

Quokka jarang membelakangi kamera karena mereka akan mendekati kamera dan menjadi objek yang paling menonjol dari foto yang kalian abadikan.

Yang harus kalian ketahui ketika berkunjung kesini adalah, Quokka tidak boleh dipegang terlebih dipelihara karena, Quokka termasuk binatang yang cocok hidup di alam bebas. Meski mereka termasuk hewan yang lucu dan menggemaskan ternyata mereka juga termasuk kedalam binatang yang cukup Agresif, jika kalian hanya mendekatinya saja itu tak masalah.

Di Rottnest islan ada undang-undang Australia yang melarang memelihara Quokka, bahkan didalam penangkarannya jika kalian ketahuan memegang Quokka kalian harus siap-siap dikenakan denda 300 dollar!

Kenapa demikian? karena Quokka merupakan hewan yang sensitif terhadap bau, sentuhan sampai makanan. Hanya orang-orang dipenangkarannya saja yang diizinkan untuk memegang Quokka.

Tak ada penjelasan secara ilmiah yang pasti kenapa Quokka dapat tersenyum selamanya, yang menjadikannya unik adalah dia mempunyau tekstur mulut yang selalu tersenyum.

Nah, itulah fakta-fakta unik Quokka, Hewan berkantung yang selalu tersenyum.

Baca juga : Fakta-Fakta Tentang Sugar Glider, Hewan Berkantung Asli Papua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here