Terakurat.com – Oleh-oleh Khas Pontianak – Pontianak merupakan salah satu destinasi wisata favorit. Tentunya hal ini membuatnya berkembang akan industri oleh-oleh khas Pontianak. Jika kamu sedang berkunjung ke kota Pontianak, tak akan lengkap jika tidak memboyong buah tangan khas yang unik dan menarik. Nah, berikut ini rekomendasi oleh-oleh khas Pontianak terbaik.

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Pontianak

Coklat lidah buaya

Kota Pontianak terkenal akan olahan lidah buayana. Berbagai macam olahan mulai dari coklat lidah buaya, dodol lidah buaya hingga the lidah buaya bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh. Selain lezat, oleh-oleh khas pontianak ini juga kaya akan vitamin yang berkhasiat untuk tubuh.

Blingke

Blingke adalah kue khas pontianak yang bentuknya menyerupai kelopak bunga. Oleh-oleh Pontianak yang terbuat dari bahan dasar tepung beras ini memiliki cita rasa yang manis dan tekstur yang lembut serta hadir dalam berbagai varian rasa.

Mi Talas

Oleh-oleh khas Pontianak selanjutnya adalah Stik Talas. Makanan ringan ini sangat digemari karena kerenyahannya dan juga terdapat berbagai pilihan rasa yang bisa membuat ketagihan. Mulai dari rasa BBQ, balado dan keju tersedia sesuai dengan selera.

Pisang Srikaya

Pisang Srikaya merupakan salah satu jajanan tradisional khas pontianak yang kerap juga dibawa pulang sebagai salah satu oleh-oleh dari Pontianak.

Jika dilihat secara sekilas, jajanan ini memiliki tekstur lebih renyah dan rasa yang lebih gurih. Sehingga sangat cocok apabila disantap bersama segelas kopi hangat di sore hari.

Kerupuk amplang

Kerupuk amplang atau sering juga disebut sebagai kuku macan merupakan jajanan yang berbahan dasar ikan tenggiri dan tepung sagu. Kerupuk amplang ini memiliki citarasa yang gurih dan sudah terkenal sejak dulu.

Baca juga  Daftar Makanan Tradisional Indonesia Beserta Asalnya

Harganya yang terjangkau membuatnya menjadi salah satu buah tangan khas Pontianak yang digemari.

Pernak pernik etnik Dayak

Jika kamu berkunjung ke kota Pontianak, pastinya kamu akan menemukan banyak sekali pernak pernik khas Suku Dayak yang memang mendiami daratan Kalimantan. Beragam aksesoris serta hiasan etnik ini tentunya sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Kamu dapa memilih gelang, kalung etnik hingga dompet sebagai oleh-oleh yang tentunya tak hanya unik tetapi juga fungsional.

Kacang Piinatsu

Jika tak mau repot membawa oleh-oleh saat singgah di pontianak, kacang piinatsu bisa kamu jadikan pilihan. Ukurannya yang kecil serta harga yang terjangkau, kacang yang renyah ini juga kerap kali dijadikan sebagai oleh-oleh karena dapat dengan mudah ditemui.

Manisan kandis salju

manisan kandis salju adalah manisan khas Pontianak yang bercitarasa manis. Berbahan dasar dari buah-buahan yang didapat dari hutan dan rawa, oleh-oleh khas pontianak yang satu ini dipercaya mampu menurunkan kolestrol dalam tubuh.

Juhi bakar

Juhi merupakan nama lain dari sotong, berbahan dasar dari daging sotong yang digiling dan kemudian di bakar. Kuliner yang satu ini sering dijadikan pilihan oleh-oleh pada saat berkunjung ke kota Pontianak. Proses pembuatan panganan yang satu ini membuatnya memiliki daya tahan tubuh yang baik meski tanpa bahan pengawet. Jika kamu tertarik mencari oleh-oleh unik dari kota Pontianak, maka juhi bakar bisa kamu jadikan sebagai pilihan.

Sirup Sengkit

Selain makanan, Kota Pontianak juga memiliki minuman yang khas yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh, yaitu sirup sengkit yang terbuat dari jeruk nipis. Sirup Sengkit ini diolah dengan metode alami, citarasa dari sirup ini sangat khas dan berbeda dengan sirup pada umumnya.

Baca juga  Amal Ibadah di Bulan Suci Ramadhan yang Harus Kamu Tahu

Lempok Durian

Selain olahan lidah buaya, di pontianak kamu juga bisa menemukan berbagai olahan dari buah durian yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Mulai dari lempok durian yang menyerupai dodol, kue brownis durian, hingga gula durian yang tersohor.

Kopi Sepok

Pontianak yang dikenal juga sebagai kota seribu warung kopi juga memiliki kopi khas yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh, yaitu kopi sendok yang merupakan brand lokal Pontianak. Buat kamu pecinta kopi, kopi sepok harus masuk ke dalam daftar oleh-oleh wajib dari pontianak.

Nah, itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas pontianak. apakah kamu sudah menemukan oleh-oleh khas pontianak yang paling pas untuk dibawa pulang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here