terakurat.commanisan-kolang-kaling– Kolang-kaling adalah makanan yang berbentuk lonjong pipih, dan teksturnya kenyal. Terbuat dari biji pohon aren yang brgetah. Biasanya kolang kaling digunakan untuk manisan, canpuran es, atau kolak.

Manfaat Kolang Kaling.

Kolang-kaling mengandung kadar air yang cukup tinggi mencapai 93,8% setiap 100 gr. Buah licin ini mengandung protein, karbohidrat, vitamin, zinc, kalsium, potasium, zat besi, antioksidan, dan antiinflamasi. Kalsium yang terkandung di dalam kolang kaling bagus untuk memperkuat tulang. Kolang kaling juga bisa mengobati masalah pencernaan. Kandungan serat kasar yang terdapat dalam buah ini dapat membantu melancarkan pencernaan. Membantu buang air besar menjadi teratur hingga masalah wasir.

Kandungan karbohidrat yang ada pada kolang kaling bisa memberikan rasa kenyang bagi orang yang mengonsumsinya, selain itu juga bisa menghentikan nafsu makan hingga mengakibatkan konsumsi makanan jadi menurun, sangat cocok dikonsumsi sebagai makanan diet. Kolang-kaling juga bermanfaat untuk mengobati nyeri sendi dan mengandung kalsium yang sama dengan tulang sapi. Kandungan mineral seperti protasium, iron, kalsium mampu menyegarkan tubuh dan memperlancar proses metabolisme dalam tubuh.

Cara Memilih Kolang Kaling.

Kolang kaling tidak selalu kenyal, beberapa ada juga yang keras. Oleh sebab itu memilih kolang kaling saat membelinya di pasar merupakan hal yang penting. Berikut ini cara memilih kolang kaling yang baik untuk dikonsumsi:

  • Pilihlah yang memiliki aroma asam dan khas.
  • Memiliki warna yang bening dan sedikit kusam.
  • Kenyal namun hancur saat ditekan.
  • Pilihlah kolang kaling yang muda, karena kolang kaling tua teksturnya akan lebih keras saat dimakan.

Mengolah Kolang Kaling Sebelum Dimasak.

Cuci kolang-kaling di bawah air mengalir hingga benar-benar bersih dari kotoran dan lendir sebelum dimasak. Kamu juga dapat merendam kolang-kaling dengan air bersih berkali-kali hingga lendir benar-benar hilang.

Baca juga  Rekomendasi Aplikasi Catatan Harian untuk Laptop dan Komputer

Untuk menghilangkan rasa dan aroma asam kolang-kaling, kamu dapat memanfaatkan air bekas cucian beras untuk membilasnya. Selain dapat mengurangi asam pada kolang-kaling, air cucian beras juga akan membantu mengangkat lendir yang mungkin masih tersisa.

Rebus kolang-kaling bersama dedaunan aromatik seperti daun pandan atau daun jeruk juga dapat mengurangi aroma asam buah aren ini. Tak hanya menghilangkan rasa asam, dedaunan aromatik ini juga dapat membuat olahan kolang-kaling menjadi lebih lezat dan harum. Kamu juga dapat menambahkan aneka rempah seperti kayu manis dan cengkeh, sesuai selera.

Rebus kolang-kaling dengan air gula agar cita rasanya lebih lezat dan pastinya legit. Tak hanya sebagai pemanis, gula juga berfungsi sebagai pengawet alami yang membuat kolang-kaling tetap berkualitas bagus meski disimpan berhari-hari.

Resep Manisan Kolang Kaling.

Bahan-bahan:

  • 1/2 kg kolang kaling
  • 1 kaleng fanta
  • 100 gram gula pasir
  • 2 helai daun pandan ( potong jadi 4 bagian, lalu ikat simpul )
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 sendok teh garam
  • 100 ml air putih
  • pewarna merah secukupnya ( boleh skip )
  • air untuk merebus di dalam panci

Cara Membuat:

Didihkan air secukupya, rebus kolang kaling sebentar sambil diaduk-aduk. Jika sudah mendidih, buang air rebusannya.

Tuangkan fanta, tambahkan 50 ml air agar kolang kaling terendam semua, masukan gula pasir, daun pandan, daun jeruk, garam pewarna makanan warna merah.

Masak sampai airnya mengering atau kesat. Matikan kompornya. Diamkan sebentar, lalu masukkan ke dalam kulkas agar manisan terasa lebih segar saat dimakan.

Demikianlah resep manisan kolang kaling yang bisa kamu buat sendiri dirumah untuk sajian lebaran kali ini. Di jakarta, setiap lebaran, manisan kolang kaling ini selalu ada di meja, biasanya berwarna merah dan hijau. Manisan ini dihidangkan pada sebuah wadah besar dan tumpukan mangkuk kecil bersama sendok mungilnya. Jika rindu kerumah nenek atau keluarga yang menyajikan kolang kaling jangan sedih ya, kamu juga bisa buat sendiri kok dirumah sambil video call mereka yang jauh disana. Mungkin lebaran kali ini akan sedikit berbeda, tapi harus tetap selalu bersyukur ya guys.

Baca juga  Film Action Yang Akan Tayang Tahun 2020!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here