Sakit Perut Sebelah Kiri? Apa Penyebab Perut Sebelah Kiri Sakit?

sakit perut sebelah kiri - perut sebelah kiri sakit - sakit perut sebelah kiri bawah

Sakit Perut Sebelah Kiri? Apa Penyebab Perut Sebelah Kiri Sakit?

Sebenarnya, penyebab sakit perut sebelah kiri sangatlah beragam. Biasanya, penyebab perut sebelah kiri sakit apakah di bagian atas dan sakit perut sebelah kiri bawah akan berbeda.

Bahkan sakit perut di sebelah kiri pada wanita bisa menjadi tanda akan adanya suatu penyakit serius. Mengapa faktor terjadinya sakit perut bisa bervariasi?

Karena perut terdiri dari beberapa bagian anatomi serta beberapa organ penting terletak di sekitar perut. Faktor-faktor terjadinya sakit perut akan dijelaskan dalam dua bagian perut yang berbeda.

Sakit perut sebelah kiri atas

Faktor yang mempengaruhi sakit perut bagian atas dan bawah memanglah berbeda.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai faktor-faktor yang dapat memicu terjadinya sakit perut bagian kiri atas.

Faktor pertama yang akan dibahas adalah faktor dari segi penyakit.

Penyakit yang mungkin bisa menyebabkan sakit perut sebelah kiri atas adalah infeksi ginjal, batu ginjal, robeknya usus besar, peradangan lambung atau gastritis, diverticulitis, peradangan pancreas serta serangan jantung.

Kanker juga mungkin menyebabkan perut sebelah kiri sakit, namun tidak bisa spesifik jenis kankernya.

Faktor lain penyebab sakit perut di sebelah kiri yang bukan tergolong jenis penyakit adalah cedera luar seperti hantaman atau tendangan.

Sakit perut sebelah kiri bawah

Penyebab sakit perut sebelah kiri bawah juga bermacam-macam. Beberapa penyakit yang menyebabkan sakit perut sebelah kiri atas di paragraf sebelumnya, bisa saja membuat hal yang sama di bagian bawah.

Kanker, diverticulitis, usus besar yang robek serta infeksi batu ginjal bisa mempengaruhi sakit perut sebelah kiri atas maupun sakit perut sebelah kiri bawah.

Beberapa faktor lainnya adalah radang usus buntu dan penyakit Crohn.

Khusus pada wanita, sakit perut di sebelah kiri bawah bisa disebabkan oleh beberapa hal lainnya.

Baca juga  5 Obat Kanker Kulit Bahan Alami Untuk Penanganan Awal

Beberapa faktor yang mungkin terjadi adalah adanya kista ovarium, rasa sakit karena ovulasi sedang terjadi, endometriosis, infeksi pada tuba fallopi maupun ovarium serta adanya masalah terhadap leher rahim.

Faktor-faktor tersebut memberikan rasa sakit yang berbeda. Ada yang tidak begitu sakit, namun ada pula yang benar-benar menyiksa.

Beberapa recovery juga mungkin akan berlangsung dalam waktu yang mungkin cukup lama.

Jika terjadi sakit perut sebelah kiri yang berkepanjangan, maka segera periksalah ke dokter karena kemungkinan bisa disebabkan oleh penyakit yang serius.

Baca juga artikel Penyebab Mimisan dan cara mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *