Senar merupakan salah satu elemen penting yang memengaruhi kualitas suara gitar akustik. Ada banyak ragam guitar string yang dijual merek-merek terkenal, seperti Martin, D’Addario, Elixir, dan sebagainya.

Selain itu, material senar yang beragam. Pilihlah guitar string yang sesuai dengan style permainan dan suara yang ingin dihasilkan supaya Anda bisa smooth memetik gitar.

Berikut ini beberapa senar gitar yang bisa menjadi pilihan untuk anda :

1. D’Addario.

blibli.com

Senar gitar buatan Amerika ini banyak sekali tipe-nya, untuk senar gitar akustik saja ada sekitar 8 tipe yaitu 80/20 Bronze, EXP 80/20 Bronze, Phosphor Bronze, EXP Phosphor Bronze, Flat Tops, Gypsy Jazz, Silk & Steel, Acoustic Singles.

Senar D’Addario tipe EJ10 ideal untuk pemain gitar pemula, karena kelebihan dari senar gitar ini adalah mudah lentur dan cocok untuk pemain yang lebih memilih nada yang lembut sesuai dengan modelnya yaitu Extra Light Gauge.

2. Elixir.

rdmusicstore.com

Elixir menawarkan 3 tipe senar gitar akustik terbaik mereka yaitu; Acoustic Phosphor Bronze with NANOWEB Coating, Acoustic 80/20 Bronze with NANOWEB Coating, dan Acoustic 80/20 Bronze with POLYWEB Coating.

Elixir bisa dikatakan yang terbaik untuk gitar akustik. Dengan teknologi Phospor Bronze ditambah Nanoweb coating, maupun Polyweb coating, membuat senar awet anti karat hingga 6-12 bulan.

3. Martin & Co.

ginomusica.it

Martin & Co memiliki 3 jenis senar gitar akustik terbaru yang mereka tawarkan yaitu; 80/20 Bronze, 92/8 Phosphor Bronze, dan Bass 92/8 Phosphor Bronze.

Ketiga senar gitar akustik tersebut dibuat dengan kawat inti baja berkualitas, dibalut dan bungkus dengan kawat perunggu berkualitas tertinggi dari Martin Strings.

4. Orphee RA-37H.

bukalapak.com

Timbre yang dalam dan kuat, cocok untuk skill yang mumpuni. Senar gitar akustik dari Orphee yang recomended adalah RA-37H.

Baca juga  Microwave Oven Terbaik.

Ciri khas senar ini adalah bagian luarnya terbuat dari material phosphor copper yang antioksidasi sehingga Anda tidak perlu harus berganti senar terlalu sering.

Dengan demikian, senar akan terus menghasilkan suara yang konsisten. Selain dari lapisan material antioksidasinya, senar ini juga memiliki karakter timbre (perubahan warna suara) yang dalam dan kuat. Untuk dapat membunyikan timbre, skill bermain gitar sangat dibutuhkan.

Oleh karena itu, produk ini lebih direkomendasikan untuk senior guitar players.

5. Ernie Ball Earthwood 80/20 Bronze.

bukalapak.com

Senar gitar akustik dari Ernie Ball yang satu ini direkomendasikan bagi pemula yang baru menggunakan alat musik gitar dan belum memutuskan akan menggeluti style permainan atau genre musik tertentu.

Dengan ketebalan extra light yang dimilikinya, senar ini menghasilkan suara yang renyah dan jari Anda juga tidak akan mudah terasa sakit saat menekan senar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here