terakurat.comsnmptn-2020– LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi telah resmi membuka tahapan pendaftaran SNMPTN 2020 pada hari ini. SNMPTN adalah jalur seleksi masuk kampus negeri yang dilaksanakan berdasarkan nilai akademik dan prestasi siswa selama menjalankan pendidikan di SMA/SMK/MA atau sederajat. LTMPT bertugas melakukan pengelolaan dan pengolahan data untuk keperluan pelaksanaan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

m.malangpostonline.com

Oleh karena itu, pendaftaran SNMPTN 2020 harus melalui LTMPT. Adapun pendaftaran SNMPTN 2020 yang harus dilakukan lewat laman portal.ltmpt.ac.id sudah dibuka mulai Senin, 2 Desember 2019, pukul 15.00 WIB. Pendaftaran yang dimulai hari ini adalah tahap registrasi akun calon peserta SNMPTN 2020.

Tahap tersebut dibuka hingga 7 Januari 2020. Registrasi akun di portal LTMPT untuk pendaftaran SNMPTN 2020 tersebut hanya bisa dilakukan oleh siswa yang akan lulusan pada 2020. Selain itu, sekolah juga harus melakukan registrasi akun LTMPT.

SNMPTN 2020, Wajib Memiliki Akun di LTMPT.

m.detik.com

Setiap sekolah dan siswa diharuskan mempunyai akun di LTMPT untuk bisa mengikuti seleksi di jalur SNMPTN 2020. Proses ini adalah bagian dari kebijakan baru dalam penerimaan mahasiswa PTN pada tahun 2020 yang disebut Single Sign On (SSO).

Kebijakan ini berlaku pula di UTBK dan SBMPTN. Setelah tahap registrasi akun, sebagaimana pengumuman LTMPT, proses pendaftaran SNMPTN 2020 dilanjutkan dengan pengisian data di PDSS dan pemeringkatan oleh sekolah. Tahap ke-2 tersebut dijadwalkan berlangsung pada 13 Januari sampai 6 Februari 2020.

Setelah sekolah melakukan proses finalisasi pengisian PDSS, LTMPT akan mengumumkan siswa yang eligible (layak) untuk mendaftar sebagai peserta SNMPTN 2020. Tahap selanjutnya adalah pendaftaran SNMPTN 2020, yang dibuka pada tanggal 11 sampai 15 Februari 2020.

Baca juga  Speaker Bluetooth Terbaik.

Adapun pengumuman hasil SNMPTN 2020 direncanakan berlangsung pada 4 April 2020. Cara Cek NISN dan NPSN untuk Registrasi Akun LTMPT Sebagaimana dijelaskan di atas, pendaftaran SNMPTN 2020 harus diawali dengan registrasi akun pada portal LTMPT.

Registrasi akun itu dilakukan oleh sekolah dan siswa yang akan lulus pada 2020. Proses registrasi akun itu bisa dimulai dengan mengakses laman portal.ltmpt.ac.id. Kemudian, laman itu akan memunculkan informasi sebagaimana di bawah ini: “Masukkan kombinasi email dan password yang telah terdaftar untuk masuk ke portal LTMPT.

Jika belum memiliki akun LTMPT, silahkan melakukan registrasi akun LTMPT. Daftar di sini.” Proses registrasi akun bisa dilakukan dengan mengklik tautan di tulisan, Daftar di sini. Lalu, akan tampil dua pilihan, yakni registrasi akun LTMPT untuk sekolah dan siswa.

m.cnnindonesia.com

Untuk melakukan pembuatan akun sekolah di portal LTMPT, pendaftar harus memasukkan nomor NPSN dan kode registrasi Dapodik/EMIS. Sementara bagi siswa, proses registrasi akun LTMPT dapat dilakukan dengan memasukkan nomor NISN dan NPSN, serta tanggal lahir.

Mengecek NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

  1. Akses laman nisn.data.kemdikbud.go.id
  2. Klik menu Data Siswa (kiri layar)
  3. Klik menu Pencarian Berdasarkan Nama
  4. Isi dengan informasi yang benar pada kolom Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu Sedangkan NPSN adalah Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

Guna mengecek NPSN, bisa dilakukan lewat cara sebagai berikut:

  1. Buka laman referensi.data.kemdikbud.go.id.
  2. Klik menu Data Master Pendidikan.
  3. Kemudian, klik submenu Pendidikan Dasar & Menengah (Kategori Satuan Pendidikan NPSN).
  4. Selanjutnya, Klik nama provinsi.
  5. Klik nama kabupaten.
  6. Lalu, Klik nama kecamatan.
  7. Data NPSN tercantum pada tabel sesuai nama sekolah 8. Angka NPSN juga bisa diklik untuk mengetahui alamat detail sekolah.
Baca juga  5 Merk KulkasTerbaik Tahun 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here