Apa itu Sociopreneur, Mengenal Pengertian Sociopreneur – Sociopreneur adalah kegiatan yang mengelola dan mengalokasikan dana untuk kegiatan sosial tanpa melupakan bagaimana dana yang diperlukan untuk melakukan kegiatan sosial itu bisa terkumpul.

Orientasi bisnis para sociopreneur adalah tentu saja merupakan orientasi bisnis yang berbasis sosial. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat menengah.

Tantangan yang Anda hadapi dalam melakukan kegiatan ini adalah memastikan bahwa bisnis sebagai sumber pendapatan untuk melakukan kegiatan sosial bisa berkelanjutan.

Para sociopreneur harus memastikan bahwa bisnis yang mereka lakukan menghasilkan produk yang unggul, marketable dan berkesinambungan.

Contoh Kegiatan Sociopreneur

Untuk membantu anak jalanan atau pengamen lampu merah, Anda bisa mengajarkan anak-anak tersebut cara membuat kerajinan tangan seperti souvenir, lampu hias, gantungan kunci dan lain sebagainya.

Kegiatan ini bisa menambah pengetahuan mereka sekaligus membantu meningkatkan pendapatan mereka.

Tips Menjadi Sociopreneur

Indonesia masih mengalami masalah yang sama dari tahun ke tahun. Ya, kemiskinan seperti banyaknya pengangguran menjadi  penyebab timbulnya masalah sosial.

Sociopreneur dinilai mempu menyelesaikan masalah kemiskinan dan menciptakan lapangan pekerjaan. Lalu bagaimana cara menjadi seorang sociopreneur?

Komitmen

Cobalah berkomitment untuk menciptakan keadaan lingkungan sekitar menjadi lebih positif. Hal ini akan mendorong Anda untuk berinovasi melakukan perubahan sosial.

Manfaat

Berbisnis dengan mendahulukan manfaat. Berbisnis tidak hanya berfikir untuk mendapatkan laba keuntungan semata. Jika bisnis Anda hanya mementingkan laba keuntungan semata tanpa memikirkan aspek sosial, maka Anda akan di cap kapitalis. Esensi dalam berbisnis adalah memberi manfaat kepada pasar. Sebab dunia bisnis akan selalu berkaitan dengan aspek sosial.

Pola Pikir

Mindset atau pola pikir. Pola pikir merupakan faktor utama dalam berbisnis. Bagaimana cara Anda menjalankan bisnis ditentukan oleh mindset. Poin pentingnya adalah visi-misi pelaku sociopreneur bisa memberi manfaat bagi sebayak-banyaknya orang.

Baca juga  Tanda-tanda Si Dia Naksir Kamu!

Pemecahan Masalah

Identifikasi pada akar permasalahan. Identifikasi pada akar permasalahan akan membantu Anda dalam membuat perubahan yang sistematis. Ciptakanlah solusi berdasarkan masalah-masalah yang Anda identifikasi.

Keunggulan Kompetitif

Lupakan cara menjual produk dengan memamerkan alasan kemanusiaan. Alasan kemanusian untuk belas kasih sebagai tagline dalam menjual produk hanya akan membuat pembeli bosan dalam membeli produk Anda.

Anda harus menemukan keunggulan kompetitif produk yang Anda jual. Hal ini penting untuk diingat agar produk bisnis Anda bisa tetap bertahan menghasilkan profit.

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here