Tempat Wisata di Purwakarta Terfavorit

Tempat Wisata di Purwakarta Terfavorit

Sahabat Travelers, ternyata Purwakarta juga punya tempat wisata seru yang gak kalah dengan tempat wisata di kota – kota lain. Simak ulasan tempat wisata di Purwakarta yang asik di bawah ini.

Kabupaten Purwakarta berjarak kurang lebih sekitar 80 km dari timur Jakarta, untuk berpergian dan berpariwisata, sahabat travelers bisa mengajak keluarga atau teman untuk berpiknik ria.

Berikut adalah tempat wisata di Purwakarta yang menjadi andalan para wisatawan.

Waduk Jatiluhur

purwakartakab.go.id

Letak Waduk Jatiluhur ternyata tidak jauh dari pusat kota Purwakarta, hanya berkisar jarak 9 km dari pusat kota. Dan tempat wisata di Purwakarta yang paling tekenal salah satunya adalah waduk JatiLuhur.

Bendungan ini sudah dibangun sejak tahun 1957. Disini sahabat Travelers bisa menikmati pemandangan alam sekitar dikelilingi oleh bukit dan pepohonan yang menyuguhkan kesejukan dan ketenangan.

Tempat wisata di Purwakarta, Jatiluhur merupakan sebuah muara dari sungai Citarum yang memiliki luas 8,3 ribu hektar. Di sini Sahabat Travelers bisa melakukan berbagai macam kegiatan, termasuk kegiatan olahraga air.

Olah raga air yang ditawarkan cukup beragam, diantaranya adalah selancar angin, perahu layar, ski air dan dayung. Di sekitar bendungan juga terdapat penyewaan bungalow untuk bersantai-santai ria, dan juga ada fasilitas kolam renang.

Waduk Cirata

www.nativeindonesia.com

Purwakarta juga punya bendungan yang lainnya, bernama Waduk Cirata.

Tempat wisata di Purwakarta yang terletak ke arah Cikalong Wetan ini bisa dituju dengan mengakses jalan raya biasa, keluar tol Ciganea dan menuju arah padalarang Bandung, dan apabila dari arah Cianjur bisa lewat arah Cikalong Kulon.

Bendungan Cirata ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, salah satunya sebagai fungsi ganda mengikat waduk sebagai PLTA dan sebagai tempat wisata yang indah.

Waduk Cirata memiliki genangan air yang tersebar di tiga kabupaten yakni, Cianjur, Bandung dan Purwakarta.

Wisata Alam Air Panas Ciracas

wisatarekreasi.com

Sumber Air Panas Ciracas yang terletak di Desa Ciracas ini hanya berjarak 8 Km dari situ Wanayasa. Tempat wisata di Purwakarta yang satu ini konon memiliki beberapa kegunaan bagi kesehatan.

Contohnya untuk penyembuhan penyakit kulit, pegal – pegal sampai rematik.

Sumber Air Panas Ciracas memiliki 12 titik sumber air panas. Tempat wisata di Purwakarta ini juga menawarkan pemandangan sekitar yang indah karena letaknya yang dikelilingi oleh perkebunan teh.

Apabila sahabat travelers sedang menempuh perjalanan menuju arah Bandung jangan lupa mampir ke pemandian air panas Ciracas.

Gunung Lembu

http://katalogwisata.com

Gunung lembu merupakan tempat wisata di Purwakarta yang instagramable banget nih sahabat travelers. Gunung Lembu terletak di Kampung Panyindang Kecamatan Sukatani Purwakarta, Jawa Barat.

Gunung Lembu persis berada di atas Waduk Jatiluhur Purwakarta.

Untuk dapat mendaki gunung Lembu ini hanya membutuhkan waktu kisaran 2 sampai 4 Jam pendakian, dan di dalam tempat wisata ini juga terdapat banyak fasilitas umum lainnya, ada warung makan, mushola serta beberapa pos pendakian.

Biasanya para wisatawan yang datang berkunjung dari Jakarta memilih untuk tidak menginap.

Namun jika ingin menginap, di Puncak Gunung Lembu sudah tersedia penyewaan tendanya juga, atau sahabat travelers bisa membawa perlengkapan berkemah sendiri dari rumah.

Terakurat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *